Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

WhatsApp Web & Desktop Bakal Kedatangan Fitur Panggilan Video

0 511

Panggilan video kini lebih diminati oleh masyarakat di tahun 2020. Ada beberapa faktor yang sebabkan hal tersebut, seperti smartphone yang makin canggih, akses internet lebih mudah, plus adanya pandemi yang menurunkan intensitas bertemu secara fisik. Permudah panggilan video, dikabarkan bila WhatsApp Web bakal mendukung fitur ini dalam waktu dekat.

Informasi ini datang dari situs WABetaInfo, yang sudah sangat dikenal membocorkan fitur-fitur baru yang bakal hadir di platform messenger paling dikenal satu ini. Bila dibandingkan dengan Telegram, memang fitur aplikasi yang kini menjadi bagian dari Facebook ini masih tertinggal. Terutama dalam hal fitur yang disediakan di perangkat PC.

Bila Telegram Desktop bisa berfungsi meski smartphone sedang offline, WhatsApp Web maupun Desktop haruskan penggunanya untuk tetap online di kedua perangkat. Mungkin atas alasan keamanan, ya. Nah, ke depannya, untuk mengejar ketertinggalan fitur, WhatsApp Web bakal dilengkapi dengan opsi untuk melakukan panggilan telepon maupun video, yang tentu bakal permudah metode komunikasi sehari-hari.

Baca juga: Facebook Rilis Fitur Keranjang Belanja di WhatsApp Business

Tampilan Fitur Panggilan Suara/Video di WhatsApp Web

WhatsApp call di WhatsApp Web
Tombol baru di menu obrolan WhatsApp Web/desktop.

Fitur WhatsApp Calls di Web ini hadir dalam cara yang sedikit berbeda. Kalau biasanya dihadirkan lebih dulu bagi pengguna WhatsApp versi Beta, kedua fitur (panggilan suara & video) ini dikabarkan sudah hadir kepada segelintir pengguna WhatsApp Web secara langsung. Tanpa perlu registrasi ataupun gunakan versi khusus.

Dari tangkapan layar yang diberikan oleh WABetaInfo, terlihat dalam kolom obrolan atau chat WhatsApp Web, bakal hadir dua tombol baru di bagian atas obrolan. Keduanya adalah tombol untuk melakukan panggilan video dan suara, sama seperti yang ada di aplikasi versi mobile. Bedanya, ada tulisan “beta” di masing-masing tombol, beri indikasi kalau keduanya masih dalam masa percobaan.

WhatsApp Call Desktop Web
Tampilan layar saat ada panggilan masuk.

Ketika ada panggilan masuk, bakal muncul notifikasi khusus dengan tombol terima dan tolak layaknya pada smartphone, muncul sebagai pop-up window kecil. Kemudian saat sedang dalam panggilan, juga bakal ada opsi untuk menutup telepon sampai mute mikrofon, dengan durasi panggilan yang juga ditampilkan.

WhatsApp Call Desktop Web
Tampilan layar saat sedang dalam proses panggilan.

WABetaInfo menginformasikan bila fitur panggilan video dan suara di WhatsApp Web maupun Desktop telah direncanakan oleh pihak WhatsApp sebelumnya. Dan kali ini, implementasinya sudah dimulai. Karena masih beta, fitur ini baru tersedia untuk sejumlah orang saja. Namun kabarnya lagi, setiap hari pihak WhatsApp bakal terus menambahkan jumlah akun yang bisa mencoba fitur ini.

Dikabarkan Bakal Segera Hadir Untuk Seluruh Pengguna

WhatsApp sedang memprioritaskan pengembangan WhatsApp Desktop. Dan ada kemungkinan bila semua pengguna WhatsApp Web atau versi aplikasi tersebut nantinya akan bisa nikmati fitur beta ini dalam beberapa pekan mendatang.

Kehadiran fitur panggilan suara dan video di WhatsApp Desktop dan Web nantinya bakal sangat mempermudah komunikasi penggunanya sehari-hari. Terutama bagi mereka yang menggunakan perangkat PC maupun laptop di jam kerja, dan terbiasa berkomunikasi lewat WhatsApp. Sehingga tak perlu melepas fokus dari layar laptop untuk mengangkat panggilan suara dari smartphone. Semoga segera tersedia untuk seluruh penggunanya ya.