Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rilis Dua Fitur Baru, Youtap Permudah Pedagang Jalankan Bisnis

0 299

Pada masa adaptasi kebiasaan baru sekarang ini, UMKM ditantang untuk lebih mudah menyesuaikan keadaan selama pandemi. Salah satunya adalah cara untuk melayani konsumen dengan metode yang lebih simpel dan relevan, seperti mengurangi metode kontak fisik, misalnya. Sebagai perusahaan teknologi digital, Youtap Indonesia kembali mencoba hadirkan solusi baru.

Setelah sebelumnya telah hadirkan Aplikasi Dagang Youtap, kali ini mereka coba berikan solusi komprehensif untuk dapat memudahkan pelaku usaha dalam jalankan usahanya. Yaitu lewat dua inovasi terbarunya, tersedia dalam bentuk portal untuk dagang dan Youtap Print App. Keduanya merupakan jawaban atas hasil survei internal yang diselenggarakan oleh Youtap.

Dari hasil survei untuk gali kebutuhan para pemilik usaha di bulan Mei 2020, Youtap melihat kebutuhan bagi merchant untuk dapat jalankan usaha lebih fleksibel dan praktis. 36% di antaranya menyatakan kebutuhan untuk bisa terbitkan struk belanja gunakan printer yang bisa digunakan di mana saja serta terjangkau.

Baca juga: YouTap: Transaksi Nirsentuh Naik Hingga 4,5 Kali Lipat Selama Pandemi

Portal Dagang Youtap Bisa Diakses dari Beragam Perangkat

Untuk itu, kedua solusi seperti Portal Dagang Youtap serta Youtap Print App hadir, memudahkan pelaku usaha untuk mengetahui informasi bisnis lebih mendalam. “Sebagai teman dagang, kami tidak berhenti berinovasi dan menyempurnakan layanan untuk membantu pelaku usaha terus bangkit dan dapat meningkatkan usahanya di masa yang sulit ini,” kata Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia dalam sebuah rilis (13/11).

Beda dari versi aplikasi, Portal Dagang Youtap fokus pada upaya pengelolaan bisnis yang lebih lengkap. Hadir dengan tampilan yang lebih fresh dan terperinci, tampilkan grafik analisa penjualan, riyawat transaksi lebih detil, serta beberapa menu khusus untuk memantau penjualan. Dapat diakses lewat beragam jenis perangkat seperti mobile, tablet dan PC, agar pedagang bisa jalankan bisnis di mana pun dan kapan pun.

Beberapa di antaranya seperti Ringkasan Penjualan, Kejar Target, Grafik Penjualan, Transaction Page hingga E Voucher untuk pengaturan voucher dalam pemberian promo. Juga terintegrasi dengan fitur transaksi Tanpa Tatap Muka (TTM) yang memanfaatkan kode QR untuk dikirim kepada pembeli untuk lakukan pembayaran.

Youtap Print App Dukung Printer Nirkabel

Ilustrasi Cetak Youtap Print App

Lalu untuk menjawab kebutuhan 36% pedagang berdasarkan hasil survei internal, Youtap Print App diluncurkan untuk dapat mencetak catatan penjuakan akurat, sekaligus beri kenyamanan pelanggan untuk mendapat bukti transaksi yang sah. Fitur ini mendukung Bluetooth Printer untuk mudahkan berdagang di beragam tempat seperti bazar atau pasar, tanpa harus terhubung kabel.

Data penting seperti daftar produk, harga, total harga, store ID hingga jenis transaksi dapat terangkum di dalam struk belanja. Yang nantinya dapat membantu pedagang untuk mendapat catatan performa penjualan bisnis, juga pastikan akurasi stok dengan jumlah penjualan produk yang ada.

Youtap ingin terus berikan kemudahan pedagang agar bisa memantau bisnisnya lewat multi platform. “Ke depan, kami akan terus melakukan pembaruan. Nantinya, merchant juga bisa semakin terbantu dengan kehadiran fitur Outlet Performance agar pedagang yang memiliki toko cabang bisa semakin mudah memantau kinerja tiap cabang,” tambah Herman.