Dukung Tranformasi Digital Indonesia, UiPath Siap Ciptakan 73 Juta Lapangan Kerja di 2025

Jakarta, Gizmologi – Sistem atau alur kerja yang efektif tentu dapat berikan benefit tersendiri terhadap output dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Selain dari adanya situasi pandemi, transformasi digital juga didorong oleh teknologi yang terus berkembang, termasuk dalam proses seperti manufaktur sebuah produk dalam industri.

Untuk itu, solusi otomasi menjadi penting dalam mendorong perkembangan perusahaan ke depannya. Sebagai salah satu penyedia peranti lunak terkemuka global di bidang otomasi untuk perusahaan, UiPath pertegas komitmennya untuk terus dukung kesuksesan transformasi digital Tanah Air. Yakni dengan menghadirkan solusi Robotic Process Automation (RPA).

Baca juga: Kominfo Kebut Transformasi Digital Nasional, Estimasi Rp1.781 Triliun di Tahun 2025

Dalam sebuah sesi virtual yang diadakan Kamis (18/11) lalu, Wen Ming Wong selaku VP UiPath Southeast Asia mengatakan bila RZPA memiliki peran yang semakin signifikan sebagai enabler utama perusahaan. Yakni dalam tingkatkan produktivitas, peran sampai tingkat kepuasan karyawan. Dengan memangkas beban tugas yang jadi rutinitas keseharian mereka di dalam perusahaan.

Proses Otomasi Mampu Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis

UiPath - Wen Ming Wong
Wen Ming Wong, Vice President UiPath Southeast Asia

Dari hasil sebuah survei UiPath, 63% di antaranya sepakat kalau RPA merupakan komponen penting dalam transformasi digital, sementara 57% di antaranya mengatakan RPA bisa pangkas kesalahan-kesalahan dalam proses manual. “Teknologi ini dengan sigap bisa menyelaraskan kebutuhan perusahaan untuk seluruh dunia,” tambah Wen.

Peran automasi proses berbasis robotik atau RPA semakin kritikal sebagai katalisator bagi suksesnya perjalanan transformasi digital di perusahaan-perusahaan, termasuk yang ada di Indonesia. Sekaligus dalam mendukung mereka raih kesuksesan bisnis di era digital saat ini. Dalam buku putih IDC sendiri, disebutkan bila pengadopsian software RPA diharap turut memacu pertumbuhan bisnis pelanggan UiPath secara cepat.

Dari perkiraan sekitar USD7 miliar secara global sepanjang 2021, kontribusi solusi RPA dari UiPath bisa meningkat mencapai USD55 milyar di tahun 2021. Tak lain disebabkan oleh adanya kemunculan lapangan kerja baru, di mana diperkirakan bakal ada setidaknya 73 juta lapangan kerja baru yang akan tercipta akibat pengadopsian UiPath RPA.

Ya, selain berikan otomasi proses-proses manual dalam sebuah pekerjaan, RPA juga mendorong pertumbuhan ekonomi dengan terciptanya lapangan-lapangan kerja baru di pasar yang sedang tumbuh. IDC mengestimasikan setidaknya dua lapangan kerja baru untuk tiap pekerjaan yang berhasil digantikan oleh RPA. Namun rasionya juga bisa berubah, mencari empat pekerjaan baru tiap satu pekerjaan yang terganti, misalnya.

Karyawan Semakin Cerdas, Raih Pendapatan Lebih Tinggi

ilustrasi laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 Flip

Gencarnya transformasi digital membuat perusahaan harus tingkatkan skill karyawannya mengenai RPA, demi optimalkan produktivitas dan inovasi dari terselenggaranya otomasi di perusahaan. Dari riset UiPath, 68% pekerja dengan skill di atas rata-rata kini peroleh gaji lebih tinggi, dan 57% di antaranya mengalami kenaikan jabatan atau peran dalam perusahaannya.

Wen Ming Wong menambahkan, “otomasi optimalkan produktivitas karyawan, sehingga mereka bisa lebih fokus pada tugas-tugas substantial lainnya, seperti hal-hal strategis, mengasah kreativitas, dan makin kolaboratif. Seperti setiap kemunculan teknologi-teknologi baru lainnya, RPA dan AI akan mampu mencetak lapangan-lapangan kerja baru.”

Diprediksikan oleh IDC bila secara global, pengadopsian UiPath dan mitra-mitranya dalam ekosistem bakal turut hasilkan sekitar USD5 miliar di 2021 dan USD16,4 miliar di akhir 2025. Untuk jumlah lapangan kerja sendiri, bakal tercipta sedikitnya 40,000 pekerjaan baru, berikan potensi pendapatan sampai USD52,1 miliar dari 2021 – 2025.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.