Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Update MacOS Big Sur 11.3 Beri Dukungan Kontrol PS5

Apple menghadirkan update baru untuk perangkat laptop/desktop melalui MacOS Big Sur 11.3. Sejak rilis pada bulan November tahun lalu, ini merupakan update mayor setelah dua bulan sebelumnya rilis versi 11.2. Pembaruan diberikan terutama untuk memperbaiki bug pada sistem operasi sebelumnya.

MacOS Big Sur 11.3 telah memberi dukungan untuk kontrol Dual Sense milik Playstation 5 (PS5) dan kontrol Xbox Series X|S. Sehingga pengguna dapat memanfaatkannya ketika bermain game di MacOS. Bahkan fitur penggunaan kontrol tersebut juga memperoleh dukungan garansi apabila mendapati kerusakan saat penggunaannya.

Optimisasi penggunaan aplikasi iOS pada M1 Macs juga jadi fitur tambahan dalam update terbaru. Pengguna dapat melakukan kostumisasi perintah dalam keyboard di iPhone dan iPad. Alternatif dapat diberikan untuk mengatur penggunaan fungsi taps, swipes, dan drags lewat keyboard di perangkat mobile.

Apple juga menaruh fitur “controller emulation” untuk digunakan lewat iPhone dan iPad dalam mengatur tombol fungsi dalam keyboard dan tetikus. Pengaturan semacam ini dapat dilakukan apabila pengguna telah menggunakan perangkat sistem berbasis M1 Mac.

Baca juga: Masuk Indonesia, Lionsgate Play Gandeng Telkomsel dengan Paket Bundling & Carrier Billing

Perubahan Lain pada MacOS Big Sur 11.3

macos
Peramban Safari kedapatan update terbaru MacOS Big Sur 11.3.

Update sistem MacOS juga menyentuh aplikasi peramban Safari. Dengan menempatkan fitur kostumisasi saat memulai peramban tersebut. Termasuk mengatur penempatan tiap seksi dalam Start Page seperti Favorites, Readling List, Siri Suggestions, Privacy Report dan lain sebagainya.

Apple Music pun dapat bagian. Melalui fitur autoplay yang terus memainkan lagu serupa secara otomatis, tiap kali aplikasi mencapaia akhir dari lagu atau playlist. City charts dalam Apple Music pun bertambah mencapai lebih dari 100 kota di seluruh dunia. Sementara untuk Podcasts kini lebih mudah didengarkan, dapat disimpan dan diunduh, serta bantuan dalam pencarian kategori baru.

Tidak ketinggalan tampilan Emoji Baru serupa upadte pada iOS 14.5. Lewat variasi untuk kecupan dan hati pada emoji tiap pasangan. Serta emoji wajah dan hati yang mendapat sentuhan update. Serta Siri yang kini memiliki suara lebih beragam.

Fitur pada Airtag, News, dan Reminders juga termasuk yang mendapat jatah update dari MacOS Big Sur 11.3 ini. Sebagai bagian dari komitmen Apple dalam memberikan sistem operasi nyaman dalam penggunaan sehari-hari.

Tinggalkan komen