Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Video Viral Tiktok Beli iPhone 12 Pro Tak Dilayani, Ini Tanggapan iBox

0 1.334

Sejak dua hari yang lalu, media sosial diramaikan dengan video viral TikTok. Bukan video dance Papi Pulo oleh Chandrika Chika yang kami maksud. Melainkan video dari Julio yang di profilnya menyebut sebagai eksportir muda yang sudah berbisnis ke lebih dari 15 negara didunia. Lagi-lagi bukan menceritakan bisnisnya, tetapi pengalamannya saat berbelanja iPhone 12 Pro di iBox Senayan City.

Baca juga: Review iPhone 12 Pro: Peningkatan Signifikan?

Di akun TikTok miliknya, Julio mengaku awalnya mendatangi salah satu mal di Jakarta Selatan untuk membeli pakaian. Selanjutnya, mampir ke gerai iBox untuk iseng bertanya-tanya mengenai iPhone 12 Pro. Namun, pegawai toko justru enggan melayaninya karena penampilannya yang dinilai tak meyakinkan.

“Pegawai di sana enggak welcome banget karena gue pakai pakaian kayak gini, pakai kaos dan sandal jepit. Staf di sana kurang ramah banbget, jadi gue tanya bedanya iPhone 11 sama 12 enggak dijawab,” kata pemilik akun @julio.ioio tersebut pada 24 Desember kemarin.

@julio.ioiomelayani bukan karena tampilan seseorang, tapi harus dari hati kita ##spreadhappiness♬ original sound – Gayatri Chandra

Tanggapan dari iBox dan Kronologis Versi Erajaya

Erajaya dan anak usahanya iBox pun segera menanggapi beredarnya video pengalaman Julio tersebut. “Kami selalu menghargai dan menyambut baik masukan pelanggan. Feedback yang konstruktif dan faktual akan membantu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan staf di seluruh jaringan ritel Erajaya Group,” tulis pernyataan resmi yang diterima Gizmologi di Jakarta (26/12).

Setelah kasus ini ditelusuri, termasuk mewawancarai staf yang terlibat dan me-review rekaman CCTV di toko bersangkutan, tim Erajaya menyimpulkan kronologis sebagai berikut:

kronologi erajaya ibox iphone 12 pro

Selanjutnya, pihak Erajaya menyatakan adanya perbedaan antara kronologis kejadian yang disampaikan oleh staf dan juga hasil rekaman CCTV di lokasi toko dengan “Video Keterangan Berbelanja” yang telah beredar.

“Oleh sebab itu untuk dapat mengetahui lebih jauh persepsi kurangnya pelayanan staf iBox, kami telah mengundang pemilik akun TikTok @julio.ioio melalui Direct Message (DM) dan Whatsapp untuk dapat bersilaturahmi, namun hingga saat ini belum mendapatkan tanggapan,” kata spokesperson Erajaya.

Baca: Review EaseUS MobiMover: Aplikasi Backup Data Lengkap dan Mudah untuk iPhone

Klarifikasi Julio

Setelah videonya viral, Julio pun segera melakukan klarifikasi dengan membuat beberapa konten di TikTok. Pada video pertama, ia mengunjungi gerai iBox yang lain yaitu Summarecon Gading Serpong yang menurutnya pelayanannya bagus. Sambil berbelanja aksesori, dia menegaskan bahwa hal itu tak terjadi di semua iBox.

Selanjutnya dia bikin konten kedua untuk mengatakan bahwa video yang dibuatnya tersebut sebagai opini customer. Juga menegaskan bahwa ini bukan untuk marketing atau setingan. Kemudian pada video ketiga, ia menyampaikan maaf kalau pihak iBox merasa dirugikan.

Juli juga membuat kronologis menurut versinya. “Kronologinya pas masuk, gue sama pacar harus panggil mereka dulu untuk bertanya-tanya. Dan jawaban-jawabannya kurang puas. Menurut gue sih ogah-ogahan. Makanya di video tersebut kan opini customer. Toh gue tetap pelanggan setia iBox kok. Bisa jadi ini masukan buat iBox, tapi kalau tersinggung, gue minta maaf,” tutupnya.