Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo iQOO U1 Gunakan Chipset Snapdragon 720G, Harga Rp2 Jutaan

0 7.009

Jika smartphone flagship fotografinya baru diluncurkan secara global kemarin (16/7), sub-brand dari vivo yang diluncurkan lebih khusus untuk gaming serta spesifikasi tinggi, iQOO juga baru merilis dua smartphone baru. Keduanya sama-sama hadir dengan banderol harga yang terjangkau, memiliki desain identik yang nggak kalah menarik dari seri kelas menengah vivo sendiri.

Yang paling terjangkau adalah iQOO U1, punya desain yang tidak kalah kekinian dengan smartphone lainnya. Sebut saja penggunaan kamera punch-hole di sisi depan serta sensor sidik jari yang disematkan dengan tombol power di sisi samping. Spesifikasinya tentu tak kalah menarik, punya kapasitas baterai besar yang mendukung fast charging serta tiga kamera utama.

Baca juga: vivo X50 Series Masuk Indonesia, Flagship Kamera dengan Gimbal OIS

Spesifikasi iQOO U1

iQOO U1

Bisa dibilang, iQOO U1 punya dimensi fisik yang cukup kompak dengan ketebalan 8,46mm dan berat 190 gram. Layar depannya miliki ukuran 6,53 inci, gunakan panel IPS dengan resolusi full HD+ dan rasio bodi ke layar mencapai 90,72%.

Untuk setup kameranya sendiri, iQOO U1 miliki sensor utama 48MP di belakang, ditemani dua kamera lain yang masing-masing beresolusi 2MP untuk potret dan makro. Ya, setupnya memang sangat simpel, bahkan tak dilengkapi kamera ultra wide-angle. Sementara di bagian depan, kamera punch hole-nya beresolusi 8MP.

Yang bisa diunggulkan dari smartphone ini adalah penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 720G, biasa digunakan di smartphone kelas menengah dengan harga jauh lebih mahal. Chipset yang miliki prosesor octa-core hingga 2.3GHz tersebut dipasangkan dengan RAM LPDDR4x dan penyimpanan berjenis UFS 2.1.

Agar nyaman untuk dipakai bermain gim, iQOO U1 miliki baterai yang cukup besar di 4,500 mAh. Pengisian dayanya juga sudah mendukung fast charging 18 watt, sehingga tak perlu menunggu waktu terlalu lama. Smartphone ini menjalankan tampilan antarmuka iQOO UI berbasis Android 10.

Tersedia di China mulai 23 Juli mendatang, iQOO U1 dijual mulai dari 1,198 Yuan atau sekitar Rp2,5 jutaan saja, untuk varian 6GB+64GB. Sementara varian tertinggi, 8GB+128GB dijual 1,598 Yuan (Rp3,3 jutaaan).

Selain iQOO U1, Ada iQOO Z1x Sebagai Smartphone 5G Termurah

iQOO Z1x

Kalau iQOO U1 yang menjadi smartphone termurahnya, sub-brand vivo tersebut telah perkenalkan iQOO Z1x pekan lalu, didebut sebagai smartphone 5G termurah mereka. Desainnya sangat mirip, sedikit berbeda pada lengkungan bodi serta peletakan kamera depannya.

iQOO Z1X ditenagai chipset Snapdragon 765G, sama seperti vivo X50 Pro yang baru saja rilis resmi di Indonesia. Layarnya sedikit lebih besar di 6,57 inci, serta resolusi kamera depan meningkat ke 16MP f/2.0. Baterai besar 5.000 mAh juga sudah mendukung 33W fast charging.

Selain unggul dalam konektivitas, iQOO Z1x juga difokuskan untuk performa gaming terbaik, dengan pipa pendingin dan lembaran grafit sebesar 1.000 meter kubik. Teknologi tersebut diklaim dapat turunkan suhu smartphone hingga 10 derajat celsius. Varian 6GB+64GB dijual hanya 1,598 Yuan, alias Rp3,3 jutaan saja.