Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy F12 & Galaxy F02s Rilis di India, Bawa Layar 90Hz di Rp2 Jutaan

0 5.758

Kalau di Indonesia ada Galaxy A-series dan Galaxy M-series, maka skemanya sedikit berbeda di India. Di sana, nama lini perangkatnya dibuat berbeda, yaitu Galaxy F series yang rilis mulai tahun lalu. Kini portofolionya bertambah dengan kehadiran Galaxy F12 & Galaxy F02s.

Dan sesuai dugaan atas kemiripan namanya, Samsung Galaxy F12 sejatinya adalah Galaxy M12. Sementara varian satunya adalah Galaxy M02s, di mana di Indonesia telah hadir versi identiknya yaitu Samsung Galaxy A02s. Samsung memang selalu tancap gas sejak akhir tahun 2020 hingga sekarang, dalam hal rilis banyak lini smartphone kelas menengah ke bawah.

Umumnya, perbedaan dari tiap seri adalah metode penjualannya. Galaxy A series sedikit lebih mahal karena bisa didapatkan baik secara daring dan luring. Sementara Galaxy M series (atau Galaxy F series di India) hanya dijual daring, memotong jalur penjualan toko, sehingga bisa didapatkan oleh konsumen dengan harga yang lebih murah

Tentunya di antara kedua seri, Samsung Galaxy F12 hadir sebagai penawaran yang paling menarik. Bisa dibilang, ini adalah jawaban dari Xiaomi untuk bersaing dengan smartphone kelas entri dari kompetitor seperti Xiaomi Redmi 9T dan realme C25, membawa keunggulan tersendiri selain kapasitas baterainya yang sangat besar.

Baca juga: Samsung Galaxy A Series Jadi Smartphone Resmi Kompetisi Mobile Legends Indonesia

Spesifikasi Samsung Galaxy F12

Samsung Galaxy F12

Samsung Galaxy F12 memang punya desain layar yang tergolong jadul, menggunakan poni Infinity-V display untuk menyematkan kamera depannya. Namun panel yang diusung cukup spesial—selain berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+, refresh rate-nya sudah mencapai 90Hz. Cukup mengejutkan untuk sebuah smartphone murah Samsung di tahun 2021.

Dirancang untuk penuhi kebutuhan konsumennya yaitu Gen Z dan millennial, Samsung berikan setup empat kamera menarik di bodi belakang Galaxy F12. Sensor utamanya gunakan Samsung GM2 48MP yang mendukung teknologi ISOCELL Plus. Dipasangkan dengan sensor ultra wide-angle 5MP, macro 2MP dan depth sensor 2MP. Tergolong lengkap di kelasnya, ditambah kamera 8MP di depan.

Ditenagai chipset rancangan sendiri, cip Exynos 850 octa-core 8nm tentu bakal cocok bersama dengan baterai 6,000 mAh di Galaxy F12, yang juga sudah mendukung fast charging 15W. Cocok untuk konsumsi media hiburan, karena sudah kantongi sertifikasi Widevine L1 untuk dukungan streaming video kualitas HD.

Samsung Galaxy F02s Punya Baterai 5,000 mAh

Samsung Galaxy F02s

Menjadi opsi yang lebih murah, Samsung Galaxy F02s hadir dengan dimensi layar yang sama, hanya saja tak disertai dengan refresh rate tinggi untuk efek transisi lebih halus saat mengakses konten di layar. Di sektor kamera, disematkan tiga sensor kamera utama tanpa sensor ultra wide-angle, dengan sensor utama beresolusi 13MP.

Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450, konsumen diberikan pilihan kapasitas RAM 3/4GB serta penyimpanan internal 32/64GB, tentunya masih bisa ditambah dengan kartu microSD. Kapasitas baterainya pun tak kalah besar di 5,000 mAh, dan juga masih didukung dengan fast charging 15W.

Karena perbedaan spesifikasi hardware, Samsung Galaxy F02s masih menjalankan Android 10 dengan tampilan antarmuka versi lebih sederhana, yaitu One UI 2.5 core. Sementara Galaxy F12 sudah jalankan Android 11, lewat One UI 3.1 yang setara dengan Galaxy F12.

Harga Samsung Galaxy F12 & F02s

Kedua smartphone terjangkau Samsung ini bakal dijual secara daring di India, lewat beberapa jalur seperti situs daring resmi Samsung India dan toko ritel kenamaan, Flipkart. Untuk Galaxy F02s, penjualan pertamanya bakal diadakan 9 April mendatang, menyusul Galaxy F12 di 12 April.

Samsung Galaxy F12 hadir dalam varian RAM 4GB dan opsi penyimpanan internal lega 64/128GB, masing-masing dibanderol INR10,999 & INR 11,999 (Rp2,1 jutaan & Rp2,3 jutaan). Sementara Galaxy F02s lebih murah di INR8,999 (Rp1,7 jutaan) untuk memori 3/32GB & INR9,999 (Rp1,9 jutaan) untuk 4/64GB.

Tinggalkan komen