Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo Y20 & Y20i Hadir dengan Snapdragon 460

0 43.812

Setelah resmi membawa flagship fotografinya ke Indonesia, vivo baru saja meluncurkan smartphone kelas entri terbarunya, yaitu vivo Y20 & vivo Y20i. Diperkenalkan pertama kali di India, kedua smartphone ini hadir dengan setup tiga kamera belakang, serta desain bagian depan yang masih menyerupai seri vivo Y19.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua seri smartphone menengah kebawah dari vivo ini. Hanya terdapat pada sektor memori RAM serta varian warnanya saja. Selebihnya masih sama, menggunakan salah satu chipset terbaru dari Qualcomm yang pertama kali digunakan pada smartphone OPPO, yaitu Snapdragon 460.

Spesifikasi vivo Y20 & Y20i

vivo Y20

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, vivo Y20 & Y20i sama-sama masih mengusung desain layar waterdrop notch. Dimensi layarnya sendiri cukup besar, mencapai 6,51 inci. Hanya saja resolusinya masih HD+ dan menggunakan panel IPS. Sementara sensor sidik jarinya sudah dipindahkan ke bagian samping, menyatu dengan tombol power. Membuat tampilan belakangnya terlihat lebih clean tanpa gangguan peletakan sensor di tengah.

Untuk mengakomodir kebutuhan fotografi, baik vivo Y20 & Y20i punya total empat kamera. Satu kamera di depan beresolusi 8MP, sementara tiga kamera di bodi belakangnya memiliki sensor utama 13MP, yang ditemani dengan dua sensor 2MP. Masing-masing berfungsi sebagai sensor makro serta depth sensor, untuk kedalaman objek agar dapat menghasilkan efek bokeh natural.

Sementara spesifikasi lainnya bisa dibilang mirip dengan seri Y19. Baterai 5,000 mAh pada vivo Y20 & Y20i dapat diisi secara cepat lewat dukungan 18W fast charging, meski pengisiannya masih berupa microUSB. Kapasitas baterai tersebut diklaim sanggup digunakan untuk ngegim sampai 10 jam & streaming film HD hingga 16 jam. Menjadi smartphone kelas entri, kelengkapan port seperti jack audio 3,5mm tentunya masih tersedia. Sehingga pengguna dapat menikmati musik dengan earphone kabel favorit.

Menjalankan tampilan antarmuka terbaru Funtouch OS 10.5 berbasis Android 10, vivo Y20 & Y20i ditenagai chipset Snapdragon 460. Chipset ini diklaim miliki peningkatan performa mencapai 70% jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, dan sudah menggunakan GPU Adreno 610 yang sama dengan Snapdragon 665, sehingga seharusnya sudah cukup powerful.

Harga vivo Y20 & Y20i

vivo Y20i

Baik vivo Y20 & Y20i hadir dengan memori internal 64GB, yang masih bisa diekspansi lewat slot kartu microSD hingga 256GB. Keduanya mulai tersedia di India mulai 28 Agustus mendatang. vivo Y20 hadir dalam warna Obsidian Black & Dawn White, sementara Y20i menggantikan warna pertama dengan Nebula Blue.

Untuk harganya sendiri, vivo Y20 dijual seharga INR12,990 (Rp2,5 jutaan) dengan RAM 4GB. Sementara vivo Y20i sedikit lebih murah di INR11,490 (Rp2,2 jutaan) dengan RAM 3GB. Belum ada informasi mengenai ketersediaanya di negara selain India. Namun jika dilihat dari histori ketersediaan seri baru vivo, harusnya kedua perangkat ini juga bakal tersedia di Indonesia.