Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

VLC Capai 20 Miliar Unduhan, Bakal Tambah Fitur Serupa IMDb

Bagi Gizmo friends yang gemar menonton film maupun serial televisi non-streaming alias memutar file lokal yang tersimpan di HDD, pasti sudah familiar dengan media player satu ini. Sangat popular untuk perangkat Windows, VLC Media Player sudah memasuki usianya yang ke-20 tahun bulan ini.

Kepopulerannya tentu saja berkat tampilannya yang simpel, kustomisasi tema tingkat tinggi, dan kemampuannya untuk memutar beragam jenis format file video, sehingga pengguna bebas mengunduh format apa saja yang bisa mereka dapatkan di internet. Untuk berikan pengalaman yang lebih baik lagi, versi 4.0 dari pemutar konten ini bakal dihadirkan dalam waktu dekat.

Mencapai 20 tahun ketersediaannya untuk pengguna, VLC kini sudah diunduh lebih dari 3,5 miliar kali. Wajar saja, mengingat untuk mendapatkan video player canggih satu ini cukup mudah, dan tentunya gratis tanpa biaya. Jadi aplikasi pemutar video paling popular, meneruskan tahta Media Player Classic yang kini sudah tidak dikembangkan.

Baca juga: Pengguna Smartphone Huawei Kini Sudah Bisa Nonton Pakai VLC Lagi

Bakal Ubah Tampilan, Terbuka dengan Konten Beriklan

Tampilan VLC 4.0
Bocoran tampilan baru VLC 4.0.

Lantas apa saja yang bakal dibawa pada pembaruan versi 4.0 ini? Tampilan aplikasinya bakal dirancang dari awal, tampil berbeda dari sebelumnya. Sebagai ‘media player’, VLC juga dirancang agar cocok digunakan untuk memutar musik, baik dari komputer maupun smartphone.

Versi terbaru ini juga bakal fokus pada kemampuan untuk memutar video dari internet, memanfaatkan extension untuk menemukan konten dari penyedia pihak ketiga. Selain konten gratis, pengembang aplikasi juga membuka pintu untuk video dengan iklan, demi membiayai proyek ini ke depannya.

Dalam sebuah sesi tanya jawab yang diadakan oleh Protocol, Jean-Baptiste Kempf, pengembang dan presiden dari VideoLAN foundation juga sebutkan bila ke depannya VLC bakal dihadirkan untuk web. Dalam artian, pengguna tak perlu mengunduh dan instal di perangkat komputer, namun langsung dijalankan dalam sebuah peramban.

Memanfaatkan Webassembly dan javaScript, pengguna nantinya bakal bisa memutar video lewat peramban dengan VLC, layaknya konten Flash (yang kini sudah dimatikan kehadirannya). “Masih belum tersedia, namun kami sedang mengarah dekat ke sana,” jelas Kempf.

VLC Sudah Tersedia di Ragam Platform Hingga Smart TV

VLC 4.0
VLC 4.0 di iOS.

Selain itu, VLC juga bakal punya fitur baru yang disebut Moviepedia Project. Fitur ini bakal punya kegunaan yang mirip selayaknya IMDb, di mana pengguna bisa cek rating dan ulasan film atau serial televisi yang sedang mereka tonton. Lengkap dengan kemampuan komunitas untuk mengisi info tersebut, a-la Wikipedia.

20 tahun sejak pertama kali debut, kini mereka sudah berhasil capai 800 ribu hingga 1 juta unduhan per harinya. Jumlah unduhan tersebut merupakan hasil estimasi dari seluruh versi aplikasinya yang tersedia di beragam platform. Tak hanya Windows saja, namun juga untuk Android, iOS, Apple TV, Android TV sampai Chrome OS.

Kempf menambahkan, pihaknya ingin integrasikan konten ke dalam aplikasi, melirik model aplikasi jenis lain seperti Plex. Sembari terus mengembangkan aplikasinya agar dapat mendukung format video baru, seperti codec AV1 & AV2. “Banyak orang yang telah mengembangkan VLC melakukannya di waktu senggang mereka, hanya untuk membuat orang lain bahagia,” tutup Kempf dalam sesi wawancaranya.

Tinggalkan komen