Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Redmi K30S Diluncurkan, Gunakan Layar 144Hz dan Snapdragon 865

0 10.728

Kembali merilis smartphone dengan salah satu chipset terkencang, Xiaomi lewat sub-brand Redmi merilis produk dengan spesifikasi flagship. Cukup menarik ketika biasanya lini Redmi hadir untuk penuhi kelas mid-range maupun low-end, kali ini hadir bersaing dengan affordable flagship, alias flagship murah lainnya.

Dari foto atas, Gizmo friends mungkin sudah familiar dengan desainnya. Ya, Redmi K30S yang baru saja diluncurkan ini, mengusung desain yang sama persis dengan Xiaomi Mi 10T, yang rilis pada 1 Oktober lalu. Rilis di negara asalnya, mungkin beberapa masyarakat di sana lebih familiar atau memilih brand Redmi sendiri, daripada perusahaan induknya.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Teknologi Wireless Charging 80W, Penuh dalam 19 Menit

Spesifikasi Xiaomi Redmi K30S

Xiaomi Redmi K30S

Dari segi tampilan, bisa dibilang kalau Redmi K30S ini punya desain yang paling mewah dari seri Redmi lainnya. Begitu pula spesifikasi layarnya, yang sudah memiliki refresh rate hingga 144Hz. Wajar, Poco X3 NFC yang rilis resmi di harga Rp3 jutaan saja, bisa hadir dengan refresh rate 10Hz.

Dimensi panelnya sendiri 6,67 inci, cukup luas dan dengan resolusi full HD+. Meski masih berjenis IPS LCD, sudah mendukung standar konten HDR10+, MEMC dan bisa menyala cukup terang hingga 650 nits. Otomatis, sensor sidik jari dipindahkan ke sisi kanan. Alias menyatu dengan tombol power, cukup ringkas dan banyak digunakan di smartphone lainnya.

Di bagian depan, terdapat kamera punch-hole kecil yang beresolusi 20MP. Sementara di belakang, ada setup tiga kamera dengan LED flash. Ya, jumlahnya hanya tiga, alias yang satu hanyalah hiasan saja supaya terlihat seimbamg. Sensor utamanya beresolusi 64MP f/1.89, gunakan Sony IMX682. Sementara sensor ultra wide-angle punya resolusi cukup tinggi di 13MP. Dan yang terakhir, 5MP untuk kamera makro.

Kamera utamanya sanggup merekam video slow-motion pada resolusi 1080p, termasuk perekaman video hingga resolusi 8K. Ya, hal tersebut berkat penggunaan salah satu chipset terbaik dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 865. Kapasitas RAM-nya sendiri hanya satu, 8GB LPDDR5. Sementara opsi penyimpanannya terdiri dari 128GB & 256GB, masing-masing sudah gunakan UFS 3.1 untuk performa baca dan tulis data kencang.

Kapasitas baterainya juga cukup besar di 5,000 mAh, dan pengisiannya tak memerlukan waktu lama berkat dukungan fast charging 33 watt. Redmi K30S juga sudah mendukung jaringan 5G SA NSA, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1 sampai NFC untuk metode pembayaran nirkabel ringkas. Yang dipangkas adalah ketersediaan jack audio 3,5mm serta opsi penggunaan kartu microSD.

Harga Xiaomi Redmi K30S

Redmi K30S

Xiaomi Redmi K30S dijual di China dengan harga paling murah 2,599 CNY atau sekitar, dan CNY2,799 untuk varian memori 256GB. Pre-ordernya bakal dibuka empat hari lagi, sementar flash sale dari smartphone ini dimulai 11 November mendatang (Single’s Day, alias shopping holiday di China).

Smartphone ini sebelumnya sudah hadir di India dan untuk pasar Eropa, lewat seri Xiaomi Mi 10T dan juga Mi 10T Pro yang punya sensor utama 108MP. Menurut Gizmo friends, perlukah di antara ketiga seri ini, hadir secara resmi di Indonesia?