Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

WatchOS 7 Public Beta Hadir ke Apple Watch, Berikut Fitur & Cara Installnya!

0 377

Ekosistem perangkat Apple bisa dibilang cukup lengkap. Tidak hanya smartphone dan komputer, kedua perangkat wearable lainnya juga menjadi yang paling populer di masing-masing kelasnya. Ya, walaupun jenis smartwatch Wear OS Android jauh lebih banyak dengan rentang harga variatif, tetap saja belum bisa mengungguli kepopuleran Apple Watch.

Agara dapat terus memikat pasar, Apple bakal hadirkan watchOS 7, bersamaan dengan versi iOS 14 yang bakal rilis musim gugur ini. Bagi pengguna yang sudah tidak sabar untuk mencoba fitur-fitur barunya, Apple baru saja resmi membuka versi Public Beta dari Apple watchOS 7, dapat diunduh dan dicoba secara gratis.

Ya, pembaruan Public Beta ini memang yang paling terlambat jika dibandingkan dengan iOS 14, iPadOS 14 atau macOS Big Sur, yang versi betanya sudah hadir sejak beberapa pekan lalu. Mungkin karena Apple memerlukan waktu yang lebih lama mengingat ini adalah perangkat wearable. Pembaruan ini tersedia untuk Apple Watch Series 3 sampai yang terbaru.

Baca juga: iOS 14 Public Beta Sudah Tersedia, Ini Cara Update-nya!

Cara Memasang watchOS 7 Public Beta

watchOS 7

Cara mencobanya cukup mudah. Yang pertama, pastikan iPhone Gizmo friends sudah menjalankan iOS 14 Public beta. watchOS 7 Public Beta tidak dapat dipasangkan ke iPhone yang masih menjalankan iOS 13. Jika sudah, cukup lakukan proses sign-in ke situs beta.apple.com, lalu cari watchOS 7.

Jika sudah, cari tombol untuk enroll, lalu unduh profil beta ke iPhone yang sudah menjalankan iOS 14 tadi. Setelah itu, aktifkan profil tersebut di menu Settings – General – Profiles & Device Management. Kalau sudah, watchOS 7 Public Beta bakal diunduh secara otomatis, atau bisa cek secara manual lewat aplikasi Apple Watch – My Watch – General – Software Update.

Sebagai informasi, Apple Watch sendiri telah berhasil menduduki peringkat pertama sebagai smartwatch dengan jumlah penjualan paling banyak 2019 lalu. Tidak hanya itu, bahkan mengalahkan pabrikan jam tangan asal Swiss termasuk Swatch dan TAG Heuer, dengan jumlah sebanyak 31 juta unit (naik 36% dari tahun sebelumnya).

Fitur-fitur Baru watchOS 7

watchOS 7
Apple Watch yang menjalankan watchOS 7 dapat mendeteksi gerakan cuci tangan secara otomatis.

Diperkenalkan sejak Juni lalu, watchOS 7 bakal bawa cukup banyak fitur baru yang membuat fungsi Apple Watch menjadi semakin lengkap. Salah satunya adalah Sleep Mode dengan sleep tracking. Mengingat daya tahan baterainya tidak terlalu lama, Apple Watch akan secara otomatis mengingatkan pengguna untuk mengisi daya terlebih dahulu sebelum digunakan sembari tidur.

Ketika mendeteksi gerakan cuci tangan, perangkat akan secara otomatis memulai timer 20 detik. Aplikasi Apple Health akan mencatat tiap sesi cuci tangan beserta durasi dari masing-masing sesi. Untuk kebutuhan olahraga, terdapat empat jenis olahraga baru yang dapat dideteksi yaitu core training, dance, functional strength training serta pendinginan.

watchOS 7 juga bakal memudahkan sesama pengguna Apple Watch untuk berbagai watch face yang sudah dikustomisasi sesuai selera. Dan juga fitur-fitur lain seperti penerjemah Siri serta petunjuk rute sepeda. Jika memang sudah tidak sabar, bisa langsung mencoba lewat watchOS 7 Public Beta.