alexa

WhatsApp Bisa Transfer Chat iPhone ke Android, Berikut Caranya!

Jakarta, Gizmologi – Akhirnya, sebuah fitur yang sudah dinanti-nanti sejak lama oleh pengguna WhatsApp telah tersedia secara resmi. Mulai saat ini, Gizmo friends yang sedang gunakan iPhone dan ingin memindahkan chat WhatsApp ke Android, sudah bisa melakukannya lewat cara langsung tanpa memerlukan aplikasi di komputer.

Ya, tak seperti Telegram di mana semua data obrolan tersimpan ke dalam cloud server milik Telegram sendiri, WhatsApp gunakan cara berbeda untuk simpan riwayat obrolan atau backup; Android dengan Google Drive, iOS dengan iCloud. Alhasil, pengguna tak bisa memindahkan data antar smartphone lintas platform.

Solusi jaman dulu adalah dengan menggunakan aplikasi berbayar di komputer yang memerlukan biaya sampai ratusan ribu, pun dengan cara yang cukup rumit. Namun jangan khawatir, karena setidaknya pengguna iPhone yang ingin lakukan migrasi ke Android, sudah ada cara resminya.

Baca juga: WhatsApp Gak Wajibkan Lagi Pengguna Ikuti Kebijakan Privasi Baru

Rumor akan hadirnya fitur transfer data WhatsApp antar platform memang telah disampaikan oleh WABetaInfo sejak beberapa bulan lalu. Namun titik terang muncul saat Samsung perkenalkan Galaxy Z Fold 3 & Z Flip 3—disebutkan di mana pengguna dua smartphone tersebut bakal jadi yang pertama merasakan fitur ini.

Hadir Lebih Dulu Khusus Smartphone Samsung

WhatsApp iOS to Android
Tutorial transfer data WhatsApp dari iPhone ke Android yang sempat ditayangkan saat peluncuran Samsung Galaxy Z Fold3 & Z Flip3.

Nah, lepas beberapa pekan setelah acara peluncuran tersebut, kini hampir seluruh pengguna smartphone Android Samsung sudah bisa nikmati fitur transfer data. Namun sebelum membahas cara berpindah, ada beberapa poin yang perlu kamu tahu.

Pertama, saat ini opsi transfer data WhatsApp baru bekerja dari iOS ke Android aja, tidak berlaku sebaliknya. Dalam sebuah artikel resmi, aplikasi milik Facebook Inc. tersebut bakal terus berusaha untuk hadir ke lebih banyak perangkat.

Sebelum lakukan proses pindah, pastikan sudah mengunduh aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1, dan tentunya aplikasi WhatsApp terbaru pada masing-masing smartphone. Plus sebuah kabel USB-C ke Lightning port yang ada di iPhone.

Selain baru tersedia di smartphone Samsung dengan Android 10 ke atas, yang sedikit disayangkan adalah Android tersebut harus dalam keadaan baru reset atau format. Menurut WhatsApp, bagian ini krusial, karena proses hanya akan muncul pada saat menyala pertama kali dari setelah reset.

Proses Perpindahan Data Terjadi Secara Offline

WhatsApp

Bila sudah memenuhi persyaratan di atas, dan oke untuk melakukan proses format di smartphone Android Samsung, cukup sambungkan kedua perangkat dengan kabel USB-C to Lightning, ikuti instruksi dari Smart Switch, plus pindai kode QR yang muncul di layar Android menggunakan kamera iPhone.

Ketuk “mulai” dari layar iPhone, dan tunggu proses perpindahan data sampai selesai. Masuk ke aplikasi WhatsApp di Android, inputkan nomor telepon yang sama, lalu pilih “impor” bila diminta, dan lanjutkan proses seperti layaknya baru restore dari Google Drive.

Dengan kata lain, metode transfer data WhatsApp dari iOS ke Android kali ini bersifat offline, alias pihak resmi tak bisa memantau data apa saja yang berpindah. Pengguna juga tak bisa gabungkan data backup dari iOS dengan yang ada di Android (jika ada).

Yang tidak termasuk dalam transfer data ini adalah riwayat panggilan, sementara chat dan lainnya aman. Semoga dengan hadirnya fitur ini, WhatsApp juga segera implementasikan metode sama untuk Android ke iOS ya.

Tinggalkan komen