Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Microsoft Rilis Windows 10 May 2020 Update, Begini Cara Mendapatkannya

0 4.760

Microsoft telah merilis Windows 10 sejak 2015 lalu. Semenjak itu, Microsoft memutuskan untuk tak lagi mengganti penamaan sistem operasi mereka kedepannya. Sehingga tiap kali ada pembaruan, namanya masih tetap sama. Sistem operasi ini digunakan di berbagai jenis perangkat, seperti komputer, laptop, tablet sampai smartphone. Meski yang terakhir kurang sukses dan tak terdengar lagi gaungnya.

Kemarin (27/5), Microsoft baru saja resmikan pembaruan major untuk Windows 10, dinamakan “Windows 10 May 2020 Update”. Pembaruan ini sudah mulai diluncurkan dan tersedia untuk seluruh pengguna perangkat Windows 10 di seluruh dunia, tentunya gratis tanpa biaya. Dengan berubahnya rutinitas atau kegiatan masyarakat selama pandemi, Microsoft berfokus untuk meningkatkan produktivitas penggunanya.

Sebelumnya, Windows 10 May 2020 Update telah hadir untuk pengguna yang mendaftarkan akunnya sebagai tester untuk program Release Preview sejak April. Setelah melalui tahap monitoring serta pelaporan bug, akhirnya pembaruan ini dihadirkan ke konsumen.

Baca juga: Microsoft Surface Book 3 & Surface Go 2 Diperkenalkan dengan Prosesor Baru

Cara Mendapatkan Windows 10 May 2020 Update

WIndows 10 May 2020 Update
Tampilan pembaruan Windows 10 May 2020.

Cara untuk mendapatkan pembaruan ini sangat mudah. Kamu hanya perlu akses ke Settings – Update & Security – Windows Update dan menekan tombol “Check for updates”. Nantinya akan muncul notifikasi Feature Update ke Windows 10 versi 2004, nama lain dari Windows 10 May 2020 Update. Pilih Download & install dan proses pemasangan akan berlangsung.

Pembaruan ini akan muncul jika perangkat sudah menjalankan Windows 10 versi 1903 atau 1909. Jika belum muncul, kamu bisa menunggu beberapa hari atau menggunakan bantuan Update Assistant, yang bisa kamu unduh lewat link berikut ini. Durasinya tergantung spesifikasi masing-masing laptop yang kamu gunakan, jadi pastikan memang ada waktu luang lebih ya.

Selain Fitur Baru, Juga Lebih Ramah Untuk Penyandang Difabel

Fitur baru yang hadir lewat Windows 10 May 2020 Update adalah pintasan untuk menyambungkan perangkat lewat Bluetooth. Kalau sebelumnya kamu perlu akses menu Settings, kali ini bisa dilakukan langsung lewat menu notifikasi, sama seperti mengganti jaringan Wi-Fi. Selain itu, tersedia opsi “passwordless sign-in” untuk perangkat yang memiliki hardware mendukung untuk fitur Windows Hello.

Virtual Desktop kini dapat dibuat lebih personal dengan pemberian nama di masing-masing desktop (nggak Cuma “Desktop 1” atau “Desktop 2”. Sementara untuk fitur gaming, Windows 10 May 2020 Update hadirkan dukungan DirectX 12 Ultimate yang dapat tingkatkan detil dan perhalus gerakan tanpa mengurangi framerate (untuk game dan kartu grafis yang mendukung). Ingin lebih ekspresif dengan Kaomoji? Tekan tombol Windows + tombol titik untuk mendapatkan emoji seperti (⌐■_■).

Sering gunakan aplikasi kalkulator? Kini kamu dapat membuat aplikasi ini agar tetap ada di atas aplikasi lainnya, sehingga selalu siaga ketika hendak digunakan. Notepad juga diperbarui dengan fitur find/replace kata, quick text zooming serta penanda khusus tanda asterisk jika sebuah catatan belum tersimpan. Asisten suara Cortana juga dibuat lebih pintar, kini bisa berinteraksi lewat teks seperti Google Assistant.

Microsoft juga terus membuat sistem operasi ini lebih ramah untuk penyandang difabel. Suara narator dibuat lebih responsif dan fungsional, dapat membacakan isi halaman web sampai email yang diakses lewat Outlook atau aplikasi Mail bawaan. Untuk pengendalian menggunakan indera penglihatan (lewat tambahan aksesori), Windows 10 May 2020 Update dilengkapi gestur khusus untuk drag and drop. Ada juga fitur baru untuk membuat kursor teks selalu berada di tengah layar ketika sedang mengaktifkan fitur Windows Magnifier.