Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Microsoft Surface Book 3 & Surface Go 2 Diperkenalkan dengan Prosesor Baru

0 2.243

Microsoft baru saja memperbarui lini perangkat komputer portabel mereka, Surface dengan merilis pembaruan dari laptop 2-in-1 Surface Book serta tablet Surface Go. Keduanya dirilis dalam waktu yang dirasa cukup tepat, dimana semua orang dituntut untuk bekerja di rumah dan dengan tingkat penggunaan komputer lebih tinggi, mencari atau upgrade ke perangkat yang lebih baru.

Microsoft Surface Book 3 hadir dengan berbagai pembaruan internal, masih menggunakan desain 2-in-1 seperti dua seri sebelumnya. Sementara Suface Go 2 punya desain yang sedikit berbeda, layar lebih besar dan prosesor yang lebih bertenaga. Kedua perangkat ini mulai tersedia pada pertengahan bulan hingga akhir Mei 2020.

Dimulai dari perangkat yang mendapatkan sedikit perubahan desain. Surface Go 2 didesain sebagai perangkat portable yang terjangkau. Berbagai organisasi, layanan kesehatan serta sekolah di Jepang telah memilih perangkat Surface Go berkat desainnya yang kompak, fungsi layar sentuh dengan keyboard dan stylus, serta konektivitas 4G LTE built in.

Surface Go 2 Hadir dengan Layar Lebih Besar

Microsoft Surface Book 3

Masih didesain sebagai perangkat yang tipis dan ringan, layar Surface Go generasi kedua kini membesar di 10,5 inci, dengan teknologi PixelSense beresolusi tinggi 1920 x 1280 piksel. Dimensinya sama seperti versi lawas, alias keempat bezel perangkat ini lebih ramping dari sebelumnya.

Microsoft membenamkan teknologi mikrofon ganda, Studio Mics untuk kejernihan suara serta mampu meredam noise saat video meeting, dengan kamera 5MP yang diklaim tetap terang dalam kondisi kurang cahaya. Daya tahan baterainya kini ditingkatkan hingga 10 jam penggunaan, berkat dimensi baterai yang membesar serta konsumsi daya yang lebih hemat.

Varian termurah dari Microsoft Surface Go 2 dengan prosesor Intel Pentium Gold, RAM 4GB serta memori 64GB eMMC dibanderol seharga USD399. Sementara varian baru dengan Intel Core-m3 generasi ke-8 menjanjikan peningkatan performa sampai 64%, dengan RAM 8GB serta penyimpanan SSD 128GB. Varian tersebut dijual seharga USD629. Keyboard cover dijual terpisah seharga USD99, semuanya tersedia mulai 12 Mei mendatang secara global.

Microsoft Surface Book 3 Gunakan Intel Core Generasi ke-10

 

Untuk Surface Book 3, peningkatan ada pada bagian dalam laptop 2-in-1 ini. baik versi 13 maupun 15 inci kini hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-10, hadirkan hingga 50% peningkatan performa dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dengan daya tahan baterai total hingga 17,5 jam.

Desain 2-in-1 pada Microsoft Surface Book 3 masih sama. Bagian layar menyimpan semua bagian krusial termasuk baterai, sementara bagian keyboard-nya memiliki baterai tambahan serta GPU dedicated. Layar tersebut beresolusi tinggi dengan tingkat kerapatan piksel hingga 267 ppi (13 inci) & 260 ppi (15 inci).

Baca juga: Office 365 Berubah Menjadi Microsoft 365, Bawa Fitur Editor Canggih

Didesain untuk berbagai kalangan seperti pengembang aplikasi, game, desainer dan insinyur, Microsoft Surface Book 3 kini tersedia dengan opsi memori RAM sampai 32GB dengan penyimpanan sampai 2TB NMVe SSD. Varian termurah dengan dimensi layar 13 inci dijual seharga USD1,599. Sementara untuk varian tertinggi 15 inci dengan Intel Core-i7 serta GPU Nvidia Quadro RTX 3000 tersedia seharga USD3,499.