Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi 11 Meluncur dengan Snapdragon 888, Tanpa Charger

3 5.578

Setelah tampilan desain dan bocoran spesifikasinya tersebar, kini sudah tiba saatnya untuk Xiaomi secara resmi perkenalkan flagshipnya untuk tahun 2021. Pada malam kemarin (28/12), pabrikan elektronik tersebut akhirnya mengumumkan Xiaomi Mi 11 secara resmi kepada publik, langsung dari Mainland, China. Jadi smartphone pertama dengan Snapdragon 888.

Dalam rilis yang ada di situs resminya, Xiaomi ingin jadikan Mi 11 sebagai “performance leader” di 2021, unggulkan chipset kencang, layar terbaik dari Xiaomi, serta setup kamera dan audio yang mumpuni. Xiaomi juga bakal mengedepankan desainnya yang tipis dan ringan. Plus, harganya yang tetap terjangkau dibanding flagship lainnya.

Desainnya sendiri sudah sesuai dengan foto-foto yang beredar sebelumnya. Memiliki sudut lengkung di bagian depan dan belakang, smartphone flagship Xiaomi satu ini memiliki ketebalan hanya sekitar 8mm saja, dengan bobot kurang dari 200 gram. Meski hanya ada satu varian Mi 11, opsi material back cover-nya ada dua; anti-glare frosted glass dan vegan leather.
Baca juga: Xiaomi Berhasil Capai Nilai Perusahaan USD 100 Miliar

Spesifikasi Unggulan Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11

Di bagian depan, Xiaomi akhirnya mengejar ketertinggalan dari flagship lainnya yang dijual dengan harga jauh lebih mahal. Miliki dimensi panel 6,81 inci AMOLED, bezelnya sangat tipis dengan layar lengkung dan lapisan Gorilla Glass Victus. Resolusinya meningkat hingga 1440p, mendukung refresh rate 120Hz dan bisa menyala sangat terang sampai 1,500 nits.

Yang tak kalah hebat, touch sampling rate-nya juga sangat tinggi di 480Hz, berikan responsivitas prima yang bakal terasa bermanfaat untuk bermain gim. Dan untuk akurasi warna, layar Xiaomi Mi 11 sudah mendapat nilai A+ dari lembaga pengulas layar profesional, DisplayMate. Layar depannya juga sematkan kamera punch-hole 20MP f/2.4.

Kamera Xiaomi Mi 11

Sementara di belakang, setupnya tergolong sangat sederhana, berbeda dari generasi sebelumnya yang sampai punya lima sensor kamera. Sensor utamanya beresolusi 108MP, dengan dimensi fisik besar di 1/1,33 inci dan dukungan OIS. Memiliki bukaan f/1.85, 7P lens dan teknologi quad-bayer pixel binning.

Dua sensor kamera lainnya adalah ultra wide-angle 13MP f/2.4 dan 5MP telemacro f/2.4, serupa dengan yang ada di Poco F2 Pro. Bisa merekam video sampai resolusi 8K, Xiaomi bakal berikan teknologi baru di mana pengguna bisa manfaatkan mode malam tak hanya saat ambil foto, namun juga di pengambilan videonya.

Urusan performa, chipset Snapdragon 888 ditemani dengan pilihan RAM 8/12GB LPDDR5 dan penyimpanan internal 128/256GB UFS 3.1, tanpa slot kartu memori eksternal. Disematkan juga teknologi pendingin khusus di dalamnya, plus menjalankan MIUI 12.5 yang diklaim lebih efisiensi memori serta daya.

Hadir Dalam Dua Versi Paket Penjualan

Xiaomi Mi 11

Yang ditunggu-tunggu adalah keputusan Xiaomi untuk menjual Mi 11 tanpa charger. Apakah rumor kemarin benar? Jawabannya adalah iya, namun juga tidak perlu khawatir. Xiaomi Mi 11 di Mainland China sendiri bakal dijual dalam dua versi; standar tanpa charger, dan versi bundle dengan tambahan GaN charger 55W dalam kotak terpisah.

Keduanya dijual dengan harga yang sama. Harapannya, konsumen yang memang masih atau sudah punya charger sendiri, bisa membeli varian standar sebagai salah satu metode selamatkan lingkungan. Ya, Xiaomi Mi 11 mendukung pengisian daya 55W lewat kabel dan 50W nirkabel. Kapasitas baterainya sendiri 4,600 mAh, bisa terisi penuh dalam 53 menit.

Unggulkan kualitas audio, stereo speaker pada Xiaomi Mi 11 didukung oleh Harman Kardon. Dukungan Hi-Res Audio hadir baik lewat port USB-C hingga secara nirkabel dengan konektivitas Bluetooth. Jack audio 3,5mm memang absen, namun sensor lain seperti NFC hingga IR blaster masih tersedia.

Yang tak kalah spesial adalah sensor sidik jari di bawah layarnya. Mengusung teknologi terbaru dari Goddix, sensor ini dikabarkan juga bisa mendeteksi denyut jantung penggunanya. Xiaomi sendiri tak jelaskan bagaimana sistem kerja lebih lanjut, begitupun waktu yang dibutuhkan hingga smartphone bisa tampilkan informasi denyut jantung penggunanya.

Harga Xiaomi Mi 11 Mulai Rp8 Jutaan

Lei Jun, Xiaomi Mi 11
Lei Jun, co-founder & CEO Xiaomi saat perkenalkan Mi 11 (28/12).

Di negara asalnya, Xiaomi Mi 11 varian termurah (8/128GB) dibanderol seharga RMB3,999 (Rp8,6 jutaan). Sementara opsi tertinggi (12/156GB) di RMB4,699 (10,1 jutaan). Harga tersebut tergolong sangat murah, tidak melampaui harga jual Mi 10 sebelumnya. Harga varian kaca dan kulitnya dibuat sama, berikan konsumen total lima opsi warna berbeda.

Smartphone ini sudah mulai tersedia secara pre-order. Belum ada informasi mengenai ketersediaannya secara global, maupun varian lain dengan spesifikasi kamera yang lebih gahar. Semoga turut hadir di Tanah Air ya.