Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Berhasil Capai Nilai Perusahaan USD 100 Miliar

0 1.791

Ketika sebuah brand berhasil untuk hadirkan beragam jenis perangkat untuk konsumen, tentunya akan berdampak positif pada performa penjualannya. Performa tersebut tentu juga menjadi salah satu faktor utama untuk tingkatkan nilai pasar. Xiaomi sebagai perusahaan teknologi yang hadirkan banyak sekali perangkat IoT, baru saja meraih pencapaiannya yang ditargetkan sejak 2018.

Ya, mulai akhir tahun ini, Xiaomi resmi masuk ke dalam klub eksklusif 100 miliar dollar AS. Hal tersebut dikarenakan nilai pasar perusahaannya sudah mencapai 775,6 miliar dollar Hong Kong, yang setara dengan 100 miliar dolas AS. Pencapaian yang sejalan dengan pertumbuhan kinerja keuangan Xiaomi yang terus konsisten.

Sejak awal tahun, diketahui bila harga saham Xiaomi sudah naik hingga lebih dari 180%. Lalu pada penutupan perdagangan di bursa efek Hong Kong 23 Desember lalu, nilai sahamnya naik sebesar 7,59% atau 2,25 poin, menjadi 31,90 dolar Hong Kong. Dengan begitu, Xiaomi berhasil gabung dalam daftar perusahaan “100 Billion Dollar Club”.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 Bakal Rilis 28 Desember, Pertama Gunakan Snapdragon 888

Terus Tumbuh Secara Global Meski di Masa Pandemi

Pertumbuhan nilai IPO Xiaomi 2020
Pertumbuhan nilai IPO Xiaomi sepanjang 2020 (Sumber: Bloomberg)

Pencapaian ini tidak lain karena kinerja yang positif, ditunjukkan dalam laporan keuangan Xiaomi selama ini. Dari laporan keuangan yang dirilis pada kuartal ketiga 2020, performa Xiaomi cukup menggembirakan. Mulai dari total pendapatan yang tumbuh 34,5% year-on-year (YoY) menjadi 72,2 miliar RMB (setara Rp155,9 triliun), plus pengapalan smartphone hingga 46,6 juta unit selama pandemi.

Selain smartphone, jumlah perangkat pintar atau IoT yang terhubung sudah bertumbuh sebesar 35,8% YoY, menjadi 289,5 juta unit. Jumlah yang terhitung sangat banyak untuk global, sangat wajar bila Xiaomi juga berhasil tumbuh menjadi brand smartphone global urutan ketiga pada Q3 2020 (menurut laporan dari Canalys, Counterpoint, IDC dan Gartner).

Xiaomi 100 Billion USD

Sebelumnya, Xiaomi juga berhasil masuk ke dalam daftar 50 perusahaan global yang dianggap punya dampak serta potensi menjanjikan di masa depan versi Fortune Future 50. Bagi Xiaomi, pencapaian ini merupakan pengingat bahwa semua hal bisa diraih berkat dukungan dan kepercayaan dari Mi Fans terhadap visinya, hadirkan inovasi untuk semua.

Tak Lain Berkat Dukungan Dari Mi Fans

Alvin Tse Xiaomi Redmi 9

Di Indonesia sendiri, Xiaomi juga tak henti-hentinya merilis produk baru. Selain produk smartphone seperti Mi 10T series yang mungkinkan masyarakat merasakan smartphone flagship harga terjangkau, beragam AIoT juga dihadirkan untuk penuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari perangkat seperti vacuum cleaner, smartwatch hingga repeater.

Setelah seri Mi 10, Xiaomi juga bakal perkenalkan flagship terbarunya dengan chipset Snapdragon 888, jadi salah satu yang pertama gunakan chipset terbaik dari Qualcomm. Yaitu Xiaomi Mi 11 yang desainnya sudah mulai bermunculan di internet. Kabarnya, Xiaomi juga bakal bawa peningkatan yang signifikan di sektor layarnya, gunakan resolusi yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Xiaomi juga bakal terus berusaha hadirkan produk yang menakjubkan, dengan harga sebenarnya agar semua orang bisa menikmati kualitas hidup lebih baik lewat teknologi terkini. Xiaomi juga akan terus memimpin industri, berkat inovasi yang orisinal dan berusaha menjadi sahabat bagi penggunanya.