Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi 11 Bakal Rilis 28 Desember, Pertama Gunakan Snapdragon 888

1 2.768

Ketika produsen chipset Qualcomm memperkenalkan produk terbarunya, Snapdragon 888, Xiaomi masuk sebagai salah satu yang pertama menggunakan cip tersebut di smartphone flagship-nya nanti. Otomatis, peluncurannya pasti tidak lama lagi, mengingat Samsung juga bakal hadirkan smartphone terbaiknya Januari 2021 mendatang. Untuk itu, tanggal pengenalan Xiaomi Mi 11 diresmikan.

Ya, ternyata tak hanya menjadi salah satu yang pertama, Xiaomi bakal jadi yang pertama untuk rilis sebuah smartphone flagship dengan cip Snapdragon 888. Lewat akun resminya di media sosial Weibo, Xiaomi secara resmi memberikan hari dan tanggal peluncuran yaitu Senin, 28 Desember 2020. Lengkap dengan angka 11, menandakan Xiaomi Mi 11.

Xiaomi memang cukup konsisten untuk hadirkan produk terbaru bagi konsumen, tak hanya smartphone saja, hingga produk aksesori sampai perangkat smart home dan AIoT. Untuk smartphone kelas atasnya sendiri, sudah ada cukup banyak yang hadir. Mulai dari Xiaomi Mi 10, Mi 10 Ultra yang tak hadir resmi di Tanah Air, sampai yang terbaru yaitu Mi 10T series.

Baca juga: Xiaomi Mi 10T & Mi 10T Pro Masuk Indonesia Dibanderol Rp6 Jutaan

Bocoran Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Meski mengusung cip setara flagship 2020, Mi 10T series tak hadir sebagai seri flagship terbaik Xiaomi di tahun 2020. Smartphone tersebut hanya hadir sebagai opsi terjangkau dengan Snapdragon 865. Penerus dari Mi 10 series seyogyanya adalah Xiaomi Mi 11 series nanti, yang bakal meluncur akhir tahun 2020.

Dari rumor yang sudah beredar sebelumnya, Xiaomi Mi 11 adalah penawaran terbaru yang juga bakal hadir dalam dua varian; standar bagi mereka yang inginkan flagship terjangkau, atau varian Pro dengan spesifikasi terbaik. Peningkatan yang dibawa cukup menyeluruh, mulai dari performa, teknologi layar, kamera hingga pengisian dayanya.

Dari desain konsep yang diunggah oleh Ben Geskin di atas, terlihat bila Xiaomi Mi 11 bakal fokus menggunakan tiga sensor kamera belakang saja, alias tak mengejar jumlah sensor seperti beberapa flagship lain. Sensor utamanya bakal punya resolusi 50MP, sementara varian Pro bakal mengusung sensor telephoto 12MP.

Di bagian depannya, Xiaomi Mi 11 series bakal punya desain layar lengkung 3D seperti seri sebelumnya. Bedanya, smartphone ini bakal jadi yang pertama dari Xiaomi dengan resolusi Quad HD+, mendukung refresh rate mencapai 120Hz. Kamera depannya masih mengusung desain single punch hole, dan belum ada bocoran terkait spesifikasinya.

Punya Skor Tertinggi di Geekbench Saat Ini

Xiaomi Mi 11
Smartphone yang diduga Xiaomi Mi 11, tertangkap secara diam-diam. (Sumber: Weibo)

Sementara untuk performanya, dikabarkan bila Xiaomi Mi 11 sudah masuk ke dalam skor ujicoba di Geekbench, dengan kode seri M2011K2C. Smartphone tersebut meraih skor yang cukup tinggi, dengan skor single-core mencapai 1,132 poin dan 3,734 poin untuk multi-core. Serta tertulis keterangan bila Xiaomi Mi 11 gunakan RAM 12GB, dan jalankan Android 11.

Skor tersebut terpaut cukup jauh jika dibandingkan dengan pemimpin skor Geekbench saat ini, yaitu OnePlus 8 series, yang punya skor single-core sekitar 886 poin. Lalu untuk kapasitas baterainya, dirumorkan bila smartphone ini mendukung pengisian daya 50W lewat kabel dan 30W secara nirkabel, untuk mengisi baterai 4,780 mAh.

Foto dari Ben Geskin serta aksesori tempered glass yang juga sempat muncul di internet menepis rumor bila flagship terbaru Xiaomi untuk 2021 nanti bakal gunakan teknologi kamera depan under display. Meski ZTE sudah memulainya dengan Axon 20 5G, masih butuh waktu untuk membuat kualitasnya setara dengan kamera depan punch hole sekarang ini.