Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Siap untuk Mudik? Pastikan Smartphone Kalian Punya 5 Jenis Aplikasi Penting Ini

Memasuki pekan kedua bulan Ramadan tahun ini, atmosfer jelang mudik sudah mulai terasa. Sementara pemerintah mempersiapkan fasilitas dan infrastruktur jalanan langganan pemudik, tak ada salahnya pemudik zaman now mengecek sudahkah ada lima jenis aplikasi smartphone untuk mudik ini di gawai biar mudik tetap asyik.

Sudah jadi cerita lama, pemudik, terutama bagi yang menggunakan moda transportasi darat via mobil atau sepeda motor, dihadapkan dengan macet parah dan antrian panjang di tol mau pun rest area. Pengalaman ini acapkali terjadi, khususnya di jalur Pantai Utara atau Pantura dan jalur Pantai Selatan, ketika puncak arus mudik mau pun balik terjadi.

Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik Ramadan 1439 H ini akan terjadi pada 9 Juni 2018 atau enam hari sebelum Idul Fitri. Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto mengatakan sekitar 8,5 juta pemudik memilih pulang kampung memakai sepeda motor, lalu 3,72 juta lainnya memilih mobil.

Panik bagaimana akan bisa menikmati perjalanan mudik berpuluh-puluh jam dengan sebegitu banyaknya kendaraan di jalanan yang mungkin sama? Tenang dulu, Gizmolovers. Sebagai generasi milenial, andalkan pengetahuan teknologi kalian agar mudik tahun ini tetap menyenangkan. Salah satu caranya dengan mengunduh dulu lima jenis aplikasi smartphone untuk mudik berikut ini.

Daftar Aplikasi Smartphone untuk Mudik

1. Aplikasi Penunjuk Jalan

Jenis aplikasi penting untuk mudik yang terutama adalah aplikasi penunjuk jalan. Tipe aplikasi ini akan sangat berguna jika kalian kira-kira akan bertumpuk pada titik macet yang sama dengan ribuan atau jutaan kendaraan lainnya. Bahkan, jika perlu, pelajari dulu beberapa rute alternatif agar terhindar dari macet akut sebelum berangkat mudik.

Biasanya si aplikasi akan menyediakan pilihan rute yang akan membawa kalian menempuh jalan yang lebih panjang, bahkan nyasar. Tetapi jika itu lebih baik dari menghabiskan waktu berjam-jam tidak bergerak di dalam mobil, kenapa tidak coba dipilih? Kami merekomendasikan aplikasi navigasi paling handal yaitu Google Maps, Waze dan Here Wego (dahulu Nokia Maps).

Selain itu, saat pulang kampungmenggunakan kendaraan pribadi, sudah pasti rest area sangat bermanfaat bagi pemudik untuk berbagai hal, mulai dari istirahat, sholat, mengisi bensin, makan hingga mengistirahatkan kendaraan. Tak heran mempunyai jenis aplikasi penting untuk mudik ini wajib hukumnya bagi setiap pemudik. Selain Google Maps, kalian bisa mencoba mengunduh aplikasi NTMC Mudik, Peta Mudik Metro TV dan Jalur Mudik BRI 2018.

Aplikasi Waze
2. Aplikasi Transportasi

Apakah kamu mau mudik menggunakan transportasi umum? Perjalanan menggunakan kendaraan umum tidak kalah menyenangkan. Yang pasti tidak akan capek dibanding menyetir kendaraan sendiri. Namun pengguna harus memesan tiket terlebih dahulu.

Related Posts
1 daripada 62

Untungnya, sekarang banyak aplikasi yang mendukung kemudahan pengguna untuk memanfaatkan transportasi umum. Jika ingin memesan tiket kereta api, aplikasi KRL Access bisa jadi pilihan. Kemudian jika ingin pesan pesawat bisa menginstall aplikasi Indonesia Flight. Bisa juga menggunakan aplikasi Traveloka dan Tiket.com yang all-in-one.

Selanjutnya, jika di tempat mudik tersedia aplikasi ojek online, maka aktivitas di kampung halaman bisa lebih mudah lagi. Karena bisa bepergian dengan memesan layanan transportasi online Go Jek dan Grab. Di mana dengan aplikasi ini pula, kita bisa memesan makanan, kirim parsel, dan sebagainya.

3. Aplikasi Penginapan/Hotel

Biasanya jika saat puncak arus mudik atau pun balik, kondisi rest area akan sangat penuh sehingga bisa membuat sulit memperoleh tempat untuk rehat sejenak. Jika demikian, ada baiknya kalian membekali diri juga dengan tipe aplikasi penting untuk mudik yang bisa membuat kalian mengetahui penginapan terdekat, tarif dan melakukan reservasi. Beberapa aplikasi yang mungkin sudah kalian punyai untuk jenis ini, misalkan Traveloka, Booking.com atau travel.com.

Nikmati musik di mobil untuk hilangkan kejenuhan saat mudik nanti. Foto oleh stuff.tv
4. Aplikasi Hiburan

Berada di dalam mobil hingga puluhan jam sudah pasti menyebabkan kalian bete. Agar suasana hati di jalanan nggak makin runyam, kalian bisa mengunduh ragam jenis aplikasi penting untuk mudik yang berisikan hiburan, contohnya film atau musik. Beberapa yang bisa dinikmati baik pengguna Android dan iOS secara gratis, yakni Netxlif, Viu, YouTube, JOOX Music hingga Dubsmash bagi kalian yang suka bergaya sambil menirukan penyanyi favorit alias lipsing.

Baca juga: Telkomsel Meluncurkan Aplikasi One Stop Video Portal “MAXstream”

5. Aplikasi Ibadah

Bagi Gizmo lovers yang muslim, jenis aplikasi penting untuk mudik yang tak boleh ketinggalan adalah aplikasi ibadah. Hal ini sebab nanti saat mengemudi kalian akan berpindah-pindah lokasi dengan jadwal adzan yang berbeda dengan selisih hitungan menit. Jika nanti saat mudik masih berpuasa, pastinya kalian tidak mau salah dalam berbuka puasa kan?

Beberapa aplikasi, seperti iMuslim Quran Azan Ramadan, Waktu Solat & Qibla dan Panduan Muslim, dan Muslim Pro, menyediakan berbagai informasi penting bagi muslim. Sebagai contoh, adzan otomatis, mengetahui arah kiblat dengan memilih lokasi terdekat, masjid terdekat hingga fitur Alqur’an digital.

Nah, bagaimana Gizmolovers. Sudah siapkan kalian mudik usai membaca informasi mengenai aplikasi smartphone untuk mudik di atas?

Hati-hati di jalan ya, guys!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More