Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

6 Cara Efektif Memaksimalkan Facebook Page untuk Bisnis Anda

Seiring dengan semakin terhubungnya dunia di ranah digital, media sosial seperti Facebook telah membawa peluang bisnis bagi para pengusaha. Jumlah Facebook Page usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pun  terus berkembang. Secara global, terdapat 65 juta Facebook Page bisnis dan terdapat sekitar 93 juta pengguna Facebook aktif di Indonesia.

Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, yang sekaligus menjadi salah satu sarana paling efektif untuk berbagai tujuan bisnis. Penasaran dan ingin mengetahui lebih tentang bagaimana memaksimalkan Facebook Page untuk bisnis? Verisign mengungkapkan enam cara untuk memanfaatkan penggunaan Facebook Page bisnis  secara maksimal demi meningkatkan basis pelanggan.

1. Menggunakan Facebook Page sebagai sarana utama bisnis

Belum memiliki situs web? Tidak apa-apa. Banyak bisnis yang menggunakan Facebook sebagai sarana utama untuk keberadaan online mereka. Tetapi ingat, Anda ingin membangun brand bisnis Anda, bukan brand dari media sosialnya. Solusinya: mendaftarkan nama domain (atau alamat web) dan mengarahkannya ke Facebook Page Anda. Hal ini juga dikenal sebagai web forwarding, Anda dapat membuat aturan agar semua pengunjung nama domain Anda diarahkan ke lokasi web pilihan Anda (ke Facebook Page Anda).

Dengan mengarahkan (situs web Anda ke Facebook Page) akan memberikan alamat web perusahaan yang berkesan dan alamat laman perusahaan yang permanen untuk digunakan dalam pemasaran, praktik ini pun menjadi semakin populer. Dari kuartal keempat 2014 sampai kuartal keempat 2015, praktik mengarahkan pengunjung ke Facebook Page meningkat sebesar 21 persen.

Jika Anda telah memiliki situs web, pastikan untuk menyertakan tombol berbagi secara sosial (social sharing) pada halaman utama dan konten. Dengan begitu orang-orang yang menemukan ketertarikannya pada situs web Anda dapat dengan mudah memberikan tombol suka (like) dan membagikan konten tersebut di saluran media sosial mereka.

Ilustrasi Facebook Page

2. Berbagi konten yang relevan

Facebook Page tidak hanya merupakan tempat untuk mengomunikasikan informasi dasar tentang bisnis Anda ke pelanggan. Anda juga bisa melakukan posting berita dan acara-acara mendatang, mengunggah foto dan video, merayakan pencapaian, atau bahkan membagikan link dari sumber lainnya yang mendukung pesan bisnis Anda. Bahkan lebih baik lagi, sediakan sebuah link kembali pada situs web Anda, jika Anda memilikinya, untuk mendorong lebih banyak trafik ke situs Anda.

Satu tips penting: susun postingan yang relevan dan berharga bagi pengikut Anda. Dengan informasi berlimpah yang didapatkan pengguna Facebook setiap harinya, kualitas menjadi kunci, bukan kuantitas. Ingatlah untuk melakukan posting secara konsisten, bagi beberapa orang mungkin satu hari sekali atau lebih dan bagi yang lainnya, satu kali seminggu. Buatlah suara agar pengikut Anda tahu kapan dan jenis postingan seperti apa yang dapat diharapkan dari bisnis Anda.

3. Terlibat dengan pelanggan

Facebook Page Anda juga merupakan saluran untuk terlibat secara cepat dengan pelanggan, dan terlibat dalam percakapan dua arah. Awasi dan dengarkan komentar pada postingan dan tanggapan pelanggan. Anda tidak perlu merespon setiap pesan, tetapi berinteraksilah dengan mereka ketika diperlukan.

Related Posts
1 daripada 34

Balaslah isu-isu yang sekiranya bisa Anda selesaikan, dan berterima kasihlah jika postingan tersebut merupakan hal yang positif. Dan dengan fitur pesan pada Page (Pages Messaging), pelanggan dapat mengirimkan pesan pribadi kepada Anda. Anda juga dapat mengirimkan kembali atau menyimpan balasan secara otomatis dari pelanggan yang mengirimkan pesan kepada Anda, dan bahkan menandai waktu rata-rata Anda membalas hingga pertanyaan – menjaga pelanggan tetap tahu, senang, dan terlibat.

4. Buat penawaran atau adakan sebuah acara

Facebook Page bisnis memudahkan penggunanya untuk membuat penawaran spesial seperti diskon dan kupon untuk pelanggan. Anda juga bisa mengadakan acara spesial dan mengundang semua pengikut Anda. Ketika orang-orang menerima undangan Anda, acara yang Anda selenggarakan akan ditambahkan ke dalam kalender Facebook mereka sebagai peringatan. Ditambah lagi, Anda bisa melihat siapa yang akan datang ke acara Anda dan siapa yang tertarik, sehingga Anda dapat memperkirakan kehadiran acara Anda dengan seksama. Untuk memulai, cari “Offer, Event +” pada sebelah atas bagian update status Anda.

5. Memasang Iklan

Seiring semakin banyak waktu yang dihabiskan konsumen pada media sosial, Anda mungkin perlu mempertimbangkan pemasangan iklan pada Facebook. Iklan pada Facebook memberikan Anda peluang untuk mempromosikan bisnis Anda ke basis pengguna yang sangat besar hanya dengan $5. Untuk memulai, putuskan apa yang akan menjadi tujuan dari kampanye Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan keberadaan brand, mencari pelanggan baru, atau menjadi pemimpini (di bidang bisnis Anda) ? Hal berikut ini akan memberikan Anda petunjuk mengenai cara terbaik menargetkan pesan Anda berdasarkan:

  • Lokasi
  • Demografik
  • Minat
  • Perilaku
  • Koneksi

Kemudian, putuskan dimana Anda ingin menempatkan iklan Anda (news feed, kolom sebelah kanan, dll.), siapkan dana harian dan mulai telusuri kinerja iklan tersebut. Pastikan untuk mengawasi kampanye Anda dan optimalkan konten yang bekerja dengan baik.

Pilihan lainnya adalah meningkatkan postingan. Fitur ini memperkenankan Anda untuk mempromosikan posting yang sudah ada tidak hanya kepada orang yang menyukai Page Anda, tetapi juga teman dan kerabat mereka. Tetapkan saja dana harian dan target penonton Anda dan Facebook akan melakukan sisanya.

6. Mengukur kinerja

Aturan nomor satu dalam marketing adalah mengetahui dan memahami audiens Anda. Facebook Insights merupakan fitur pada Page Anda yang memberikan gambaran tentang siapa pengikut Anda (usia, jenis kelamin, dan lokasi); seberapa sering mereka berkunjung; seberapa banyak yang memberikan tanda like, atau membagikan konten Anda; dan konten apa saja yang cocok dengan audiens Anda. Bawa dan gunakan informasi ini untuk membuat keputusan marketing yang akan meningkatkan keterlibatan Anda dengan pelanggan kedepannya, dan secara ideal untuk menambahkan nilai bisnis Anda.

Membawa bisnis Anda ke Facebook hanya sebuah langkah awal. Facebok menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu meningkatkan keberadaan dan keterlibatan Anda dengan pelanggan. Melakukan marketing di media sosial bisa jadi hal yang berbeda bagi setiap bisnis kecil,tergantung industri, lokasi dan basis pelanggan Anda. Karena itu, lakukan uji coba dan lihat hasil apa yang diberikan Facebook bagi Anda.

This post is also available in: enEnglish (English)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More