alexa

Ini Jajaran Film Bertema Teknologi Masa Depan yang Wajib Ditonton

Saat ini akses untuk mendapatkan hiburan semakin mudah. Selain pergi ke bioskop yang peredarannya masih terbatas mengikuti protokol kesehatan, sudah banyak aplikasi SVOD (Streaming Video On Demand) yang bisa dinikmati. Kita bisa menonton berbagai film dan serial, termasuk film bertema teknologi masa depan.

Baca juga: Teknologi Canggih di Film Marvel Ini Telah Terwujud di Dunia Nyata

Bagi pembaca Gizmologi yang gemar dengan berbagai hal seputar teknologi, tentu tak bakal melewatkan hiburan berbau teknologi. Film bertema teknologi masa depan atau biasa disebut bergenre sci-fi seringkali menginsirasi lahirnya berbagai inovasi di industri.

Melalui tampilan imajinasi digital, kita diajak untuk melihat dunia 50 tahun lagi yang kemungkinan penuh dengan teknologi. Banyak orang menganggap mustahil hal itu dapat terjadi di kehidupan nyata, tetapi sebagian ternyata sudah terjadi.

Film Bertema Teknologi Masa Depan

Berikut rangkuman Gizmologi.id, mengenai film bertema teknologi masa depan yang mungkin sebagian telah terwujud di kehidupan nyata.

1 I, Robot (2004)

I, Robot (2004)
Cuplikan film I, Robot (Prime Video)

Berlatar tahun 2035, film ini mengisahkan robot humanoid yang telah membantu manusia dalam kehidupan. Meski perkembangan teknologi saat itu membawa banyak kemudahan, namun polisi masa depan, Del Spooner yang diperankan Will Smith merasa ada kejanggalan dengan semua ini.

Dengan manusia yang terlalu sering mengandalkan robot di aktivitas sehari-hari, membuat ia khawatir jika fenomena ini bisa menjadi ancaman bagi manusia kelak. Walaupun hingga saat ini, belum ada bentuk nyata ancaman dari robot. Film ini cocok menggambarkan keadaan dunia ketika robot mulai menguasai dunia dan sudah tidak dapat dikontrol lagi oleh manusia.

2 A.I Artificial Intelligence (2001)

A.I Artificial Intelligence (2001)
Cuplikan film artificial intelligence (Dazed Digital)

Mungkin dari film inilah, awal mula pengembangan teknologi kecerdasan buatan dimulai. Disutradarai oleh Steven Spielberg, film ini berkisah Film tentang teknologi Artificial Intelligence (AI) yang sedang dalam tahap pengembangan. Pada cerita tersebut, manusia masa depan sudah hidup bersama dengan robot. Jaringan komputer dalam robot pun telah terprogram dengan sangat baik untuk bisa mengerti isi hati manusia.

Dari film ini, membuat beberapa peneliti melakukan penciptaan teknologi seperti halnya yang dibuat oleh Steven Spielberg. Nyatanya, pemakaian teknologi Artificial Intelligence (AI) sudah sangat banyak dipakai dalam berbagai aspek kehidupan.

3 Waralaba film Terminator (1984-2019)

Waralaba film Terminator (1984-2019)
ilustrasi film Terminator (Minews ID)

Sebagian orang mungkin telah mengetahui film ini. Dibintangi aktor ternama Arnold Schwarzenegger, waralaba Terminator sangat cocok Anda tonton. Dengan kumpulan film Terminator yang mempunyai kisahnya masing-masing, tetap tidak menghilangkan tema utamanya yaitu perang antara manusia dengan robot.

Pada film ini, digambarkan betapa sadisnya ketika penggunaan robot malah disalah gunakan untuk membunuh semua umat manusia. Tak hanya itu, di masa depan manusia digambarkan penuh keserakahan. Mereka terus berperang dan menggunakan senjata nuklir untuk menghadapi musuh.

4 Ex Machina (2015)

Ex Machina (2015)
tampilan film Ex-Machina (WWAC)

Seperti film bertema teknologi masa depan lainnya, khususnya terkait Artificial Intelligence, Ex Machina adalah rekomendasi yang tepat untuk mengetahui lebih dalam tentang dunia robot. Bergenre thriller psikologis, film ini mengisahkan sebuah eksperimen aneh dan mengagumkan yang diciptakan oleh seorang progammer dengan melibatkan teknologi kecerdasan buatan pada gadis robot cantik bernama Ava. Singkat cerita, Ava telah mengetahui siasat jahat yang direncanakan oelh sang pencipta dan berniat melarikan diri dari tempat ia dibuat.

Melalui kisah ini, kita dapat menarik kesimpulan pada masa depan antara manusia dan robot susah untuk membedakannya. Adanya teknologi AI, semua robot akan berpenampilan fisik dan mempunyai perasaan layaknya manusia. Melalui kepintaran inilah, dapat berdampak langsung ke kehidupan seseorang karena robot akan jauh melebihi kemampuan manusia di setiap bidangnya.

5 Minority Report (2002)

Minority Report (2002)
Tampilan futurisitis dihadirkan dalam film Minority Report ini (Ten Years Ago)

Film bertema teknologi masa depan yang dibintangi Tom Cruise ini akan mengisahkan polisi yang menggunakan orang-orang dengan kemampuan prekognitif untuk menghentikan kejahatan. Film yang berlatar tahun 2054 akan mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat membantu kita lebih aman, tetapi juga teknologi dapat menjadi bumerang jika tidak digunakan dengan benar.

Teknologi “PreCog” yang ditunjukan dalam film ini mungkin akan meringankan tugas para polisi. Dengan kemampuan memperkirakan suatu kejadian kejahatan, ke depannya dunia hukum akan segera bersentuhan dengan teknologi.

6 Matrix (1999)

Matrix (1999)
Film ini menawarkan sejumlah aksi dengan balutan teknologi (Screen rant)

The Matrix memiliki pengaruh yang signifikan pada budaya pop. Dibintangi aktor terkenal Keanu Reeves, film ini dapat mempengaruhi banyak film, acara, video game, dan novel lainnya untuk membuatnya seperti Matrix.  Dalam setiap adegan, kita akan ditunjukkan dunia kita adalah ilusi dan hanyalah buatan komputer. Melalui pemprograman tersebut, dimaksudkan untuk menjaga umat manusia agar tetap patuh sementara terhadap robot.

Memang ini akan mustahil terjadi, mengingat manusia menciptakan teknologi hanya untuk mempermudah manusia. Pada akhirnya manusia yang dapat menentukan masa depannya sendiri, bergantung kepada robot atau memaksimalkan kekuatannya sendiri.

7 Tron: Legacy (2010)

Tron: Legacy (2010)
ilustrasi film tron: Legacy (D23)

Menjadi lanjutan dari film Tron (1982),  berkisah tentang Kevin Flynn, CEO ENCOM International yang menghilang pada 1989. Dua puluh tahun kemudian, putranya, Sam yang kini memegang saham utama ENCOM, ditangkap karena merilis sistem operasi perusahaan secara gratis. Singkat kisah, Sam terlempar ke sebuah dunia game yang telah diciptakan oleh bapaknya dahulu dan ingin segera kembali ke dunia nyata.

Film bertema teknologi masa depan ini akan membawa kita kepada suasana dunia baru yang canggih, penuh dengan cahaya dan misterius. Melalui film ini, penonton akan bertualang mengelilingi dunia serba teknologi yang tak mungkin didapatkan di film manapun.

8 The Martian (2015)

The Martian (2015)
Misi penjelajahan Mars yang dilakukan oleh seorang astronot (Scientific American)

Film luar angkasa pemenang Golden Globe Awards ini berkisah tentang seorang astronot yang terdampar di Mars setelah ditinggalkan. Setelah itu dia menggunakan semua kecerdasan, kreativitas, dan kecerdasannya untuk bertahan dalam jangka panjang hingga bantuan tiba. Penonton akan merasakan hidup planet Mars yang penuh tantangan.

Tak perlu waktu lama terwujud, beberapa misi peluncuran rover dan robot penjelahan telah mendarat di Mars. Hal ini dilakukan untuk menjajaki kemungkinan manusia tinggal di sana pada tahun 2037. Rencananya beberapa elemen seperti bebatuan dan udara akan diteliti untuk membuat perangkat khusus untuk manusia dapat bertahan hidup di Mars.

9 Wall-E (2008)

Wall-E (2008)
film ini mengajarkan kita untuk mencintai dan merawat bumi (Screen Rant)

Film animasi Disney ini akan membawa kita kepada situasi dunia yang sudah tak layak huni, sehingga membuat manusia harus tinggal dalam sebuah pesawat besar sambil mencari planet layak huni lainnya. Pada akhir kisah, dua robot berhasil menemukan tanda kehidupan dan membuat manusia kembali ke bumi.

Wall-E mengajari kita banyak hal, salah satunya untuk menyayangi bumi dan merawatnya. Dengan drama yang ditampilkan, membuat penonton sadar keserakahan manusia dapat berbuah petaka dan menjadikan bumi planet yang tak layak huni.

Tinggalkan komen