Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tertarik dengan LG G6? Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Wajib Kamu Ketahui

Berbanding terbalik dengan kompetitornya yang sama-sama asal Korea Selatan, nasib LG Electronics di kancah industri smartphone bernasib kurang baik. Samsung merajai pangsa pasar smartphone dunia dan Indonesia. Sebaliknya, pamor LG Electronics semakin melempem. Berdasarkan data dari IDC sampai akhir tahun 2016, LG tidak masuk dalam jajaran produsen smartphone 5 besar dunia. Di tingkat Indonesia juga masih kalah dengan brand lokal Advan dan Smartfren. Namun perusahaan ini terlihat masih optimis. Mereka berharap banyak pada smartphone terbarunya LG G6. Pemasaran perdana smartphone LG G6 di Indonesia baru saja dimulai.

LG Electronics mengadakan sistem opsi pesan awal (pre order) LG G6 di Indonesia yang dibuka sepanjang sepuluh hari sejak 21 April 2017 nanti. Pada masa tersebut, LG menawarkan cashback Rp 500,000 dari harganya yang dipatok IDR 9.999.000. Di samping itu, peminat bakal mendapat paket penawaran istimewa dari kolaborasi perusahaan dengan mitra bisnis lintas industri dalam pemasaran LG G6 di Indonesia dengan keseluruhan penawaran bernilai sekitar IDR 4.800.000.

Nah, apakah Anda tertarik dengan smartphone ini? Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya mengetahui seluk beluk LG G6. Agar tidak menyesal di kemudian hari karena ada yang tidak sesuai ekspektasi. Baca selengkapnya artikel di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan LG G6 di Indonesia

LG-G6

+ Desain

LG telah belajar kesalahan dari LG G5 yang banyak dikritik karena mencoba sistem modular, namun mengorbankan desain sehingga konsep ini tidak diteruskan lagi. LG telah melakukan banyak pekerjaan untuk membuat desain yang menarik bagi banyak pengguna dan ini berhasil. 

LG G6 di Indonesia memiliki desain unik berbasis metal yang dibalut kaca pada bagian belakangnya. Kaca belakang dilapisi Gorilla Glass 5 yang tangguh dan tahan gores. Ponsel ini bentang layarnya 5.7inch yang cukup besar, namun ternyata sangat nyaman digenggam dengan pengoperasian satu tangan. Karena menggunakan aspek rasio 18:9 dan body 5,12″ dengan bezel yang tipis. Layar mencakup sebagian besar bagian depan dan tidak ada tombol home fisik di bawah layar. Sangat tipis dan tidak ada benjolan kamera di bagian belakang yang membuatnya terkesan lebih elegan.

+ Layar HDR FullVision Rasio 18:9

Layar LG G6 memiliki sebutan FullVision yang memiliki aspek rasio 18:9 yang tak hanya lebar, namun juga menyimpan manfaat lebih. Di antaranya dapat terbagi menjadi dua bujur sangkar sama besar yang membuatnya ideal untuk kebutuhan multitasking dengan dua window. Layar yang terbagi dua ini pun dirancang memberikan kenyamanan saat memotret dalam format 1:1 yang ideal bagi aktivitas sosial media. Layar FullVision ini memberi kepuasan visual optimal yang memiliki kompatibilitas luas dalam memainkan konten HDR melalui dukungan dua format HDR yaitu HDR 10 dan Dolby Vision.

+ Dual Camera

LG G6 mengikuti tren fotografi smartphone dengan fokus pengembangan pada kamera wide angle. Agar lebih “kekinian”, terdapat Dual camera di bagian belakang seperti yang sudah diadopsi sejak LG G5. Kamera ini memiliki bidang tangkap hingga 125 derajat yang dibuat dengan meminimalisir distorsi dan menawarkan perpindahan lebih halus dari lensa standar ke lensa bersudut tangkap lebar. 

Related Posts
1 daripada 198

Hanya saja, berbeda dengan G5 yang memiliki resolusi 16 MP, G6 justru seperti melakukan down grade menjadi 13 MP. Tapi bagi yang percaya bahwa ukuran pixel bukanlah hal mutlak, down grade resolusi ini tak perlu diributkan. karena tangkapan kamera dari G6 tetap jawara di kelasnya.

+ Tahan Air, Debu, & Banting!

Meniru jika itu memang baik, tak masalah. Seperti dilakukan LG G6 yang meniru flagship Samsung Galaxy S7 (sekarang sudah Galaxy S8), iPhone 7 dan Sony Xperia Z. LG G6 di Indonesia bodinya sudah tersertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu. Anda bisa mengajaknya berenang hingga kedalaman 1 meter selama 30 meter. Bisa dibilang ini adalah lompatan terbesar smartphone flagship ini dibandingkan pendahulunya yang kebanyakan mengusung material plastik.

Selain itu, smartphone LG G6 pun telah lulus standar militer Amerika Serikat dengan mengantongi sertifikat MIL-STD 810G. Serial uji yang dilakukan lembaga pengujian dan sertifikasi independen Maryland Electrical Testing (MET) Laboratories ini menyebut LG G6 lulus dalam 14 pengujian. Termasuk di dalamnya ketahanan temperatur rendah dan tinggi, kelembaban, getaran, radiasi matahari, tekanan rendah, pasir, debu, perubahan drastis temperatur dan hujan.

– Spesifikasi “Tahun Lalu”

Ketika beberapa smartphone flagship terbaru sudah ditenagai chipset Snapdragon 835 yang menjamin kinerja super kencang, LG justru mengambil keputusan yang bisa dibilang kurang kekinian, yakni Snapdragon 821. Prosesor ini memang pernah menjadi yang terbaik, tetapi itu tahun lalu. Sekarang sudah berganti tahun di mana Qualcomm memiliki yang lebih hebat lagi yaitu Snapdragon 835.

Tentu saja, LG berdalih bahwa penggunaan chipset tersebut masih tetap stabil dalam penggunaan sehari-hari karena menyesuikan seluruh aspek hardware dan software yang dibawa. Walaupun lagi-lagi, dengan harga yang terlalu tinggi, konsumen tentu berharap spesifikasi yang tertinggi dan terbaru.

– Kamera Selfie 5MP

Anda tak bisa hidup tanpa selfie? Ada smartphone lain yang lebih bagus dari ini. Memang, LG telah membenamkan lensa wide angle 100 derajat pada kamera depan yang memberikan peluang lebih besar bagi pengguna untuk berkreasi dengan selfie. Namun ada kompetitor yang lensa depannya mencapai 120 derajat. Sehingga bidang tangkapannya jauh lebih lebar lagi untuk group selfie.

– Tidak Mendukung Google Daydream VR

Dalam banyak ulasan, LG G6 dipuji sebagai smartphone yang hebat. Namun, jika Anda peduli dengan smartphone yang mendukung teknologi masa depan, LG G6 mungkin tidak terlalu memenuhi. Karena ponsel ini tidak mendukung Google Daydream VR (Virtual Reality).

 

This post is also available in: enEnglish (English)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More