Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Aktivitas Seru dengan Gadget Kesayangan Saat Liburan di Penang

Kegiatan berlibur ke luar negeri tak harus menghabiskan biaya mahal. Apalagi sekarang tiket promo pesawat yang murah untuk menekan biaya perjalanan juga semakin banyak. Seandainya bujet terbatas, bisa kok memilih lokasi berlibur yang hemat dan mudah dijangkau. Salah satu yang menarik dan sudah pasti dekat dari Indonesia, adalah liburan di Penang.

Pulau Penang merupakan salah satu negara bagian federasi Malaysia yang terletak di bagian barat semenanjung Malaysia dan beribukota di George Town. Seperti halnya jika ingin terbang ke Kuala Lumpur, Malaysia, tiket pesawat untuk mencapai Penang pun tergolong murah. Setidaknya kamu tidak perlu menghabiskan hingga Rp4 juta hanya untuk memesan tiket saja.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan saat liburan di Penang pun cukup banyak dan bervariasi. Sembari berjalan-jalan menikmati setiap sudut Penang yang memikat, kamu pastinya perlu membawa sejumlah gadget kesayangan. Agar aktivitas traveling pun bisa semakin menyenangkan.

Nah, jika kamu sudah memutuskan untuk berlibur ke pulau Penang, berikut ini 5 inspirasi kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama gadget kesayanganmu.

1. Street Photography sambil menyusuri bangunan tua di George Town

Bila mengunjungi Penang, maka Anda juga mesti mampir ke George Town yang terletak di sisi timur pulau. Ini adalah ibukota Penang yang masih sarat dengan macam-macam bangunan tua. Anda bisa membayangkannya sebagai Kota Tua Jakarta dengan ukuran lebih besar, luas dan punya banyak bangunan tua yang masih terawat.

Ini adalah tempat yang tepat bagi pecinta sejarah. Bangunan-bangunan tua di George Town banyak yang berusia ratusan tahun dan masih kokoh berdiri. Akan tetapi fungsinya memang sudah berubah, ada yang menjadi sekolah, museum, bank dan hotel.

Selain itu, gaya arsitekturnya beragam, mulai dari India, China, hingga kolonial Inggris. George Town sendiri telah ditetapkan sebagai World Heritage Site atau situs warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak 2008 lalu

George Town bukan hanya menarik karena bangunan tuanya. Bila berkunjung ke kota bagian ini, Anda sebaiknya membawa kamera dan siap-siaplah untuk memotret mural atau foto bergaya street photography.

Mural atau dikenal sebagai street painting di George Town adalah buah tangan seniman Ernest Zacharevic. Mural tersebut tidak berkumpul di satu lokasi, melainkan tersebar dengan jarak yang cukup jauh dan memaksa Anda mengelilingi sebagian besar kota. Tak jarang wisatawan berkeliling demi bisa mengabadikan dirinya dalam pose unik di depan mural-mural tersebut.

Untuk membuat konten street photography, kamu bisa memanfaatkan kamera mirrorless yang simple ataupun smartphone yang kualitas gambarnya bagus.

Jika memakai smartphone, sebaiknya yang memiliki kemampuan memotret secara bokeh dan juga monochrom. Dua hal ini sering dipakai untuk street photography.

Ilustrasi street photography saat liburan di Penang (Foto: thewanderingwesterner.com)

2. Joging atau hiking di Penang Hill

Bila Anda menyukai kegiatan di tengah alam atau olahraga, maka Penang Hill dapat menjadi pilihan lain. Penang Hill dikenal juga dengan sebutan Bukit Bendera. Tempat ini memiliki ketinggian lebih dari 700 mdpl, dan merupakan dataran tertinggi di pulau.

Kamu bisa mencapai puncaknya dengan mudah memakai fenicular train dari Railway Lower Station di Ayer Itam menuju Railway Upper Station. Sesampainya di atas, kamu dapat melihat seluruh bagian Pulau Penang dari ketinggian. Selama di sana, kamu bisa joging mengelilingi Penang Hill.

Jogging di Penang (Foto: alexolah.blogspot.com)

Nah, saat joging atau berolahraga lari ini, jangan lupa untuk membawa perangkat fitness tracker yang terpasang di tubuh, atau lebih populer disebut dengan wearable devicesPerangkat yang mendeteksi gerakan olahraga ini bisa berbentuk gelang pintar maupun jam pintar. Jadi sambil jalan-jalan, kamu bisa makin sehat dan terus terpantau kondisi kebugarannya.

Di Penang Hill, kamu juga bisa mengunjungi The Owl Museum,restoran, foodcourt, kafe, masjid, kuil hindu, tempat memasang gembok cinta, hotel, serta persewaan mobil buggy untuk berkeliling Penang Hill.

Berburu kuliner

Di Penang, kamu bisa menemukan banyak sekali makanan enak. Bahkan bisa dibilang Penang adalah surga makanan enak dan merupakan salah satu kota yang memiliki deretan foodstreet terbaik di Asia. Atas alasan itu, kegiatan cicip makanan mesti jadi salah satu agenda wajib saat liburan di Penang.

Selain mencicipi kuliner, tempat ini juga menjadi surga bagi para pencinta food photography dan street photography. Kamu cukup membawa kamera smartphone untuk merekam momen seru di sini. Jangan lupa bawa power bank sebagai antisipasi jika baterai ponsel kamu habis karena seringnya dipakai untuk memotret dan merekam video.

Suasana kuliner jalanan di Penang (Foto: flavorverse.com)

Beberapa di antaranya adalah char kuey teow (semacam kwetiaw goreng), asam laksa, curry mee, nasi lemak pedas, rojak, ais kacang, teochew chendul (es cendol), char koay kak, dan mee sotong. Kemudian Anda juga bisa mencoba nasi kandar, nasi ulam, sup daging Hameed, nasi biryani serta ayam tandoori.

Bermain di pantai

Suasana di Pantai Batu Ferringhi saat liburan di Penang (Foto: malaysia.travel)

Bila kamu sudah melakukan semua kegiatan di atas dan ingin bermain air atau sekadar duduk mendengarkan debur ombak, maka pergilah ke Pantai Batu Ferringhi. Letaknya cukup jauh, tapi masih bisa dijangkau transportasi umum. Kamu cukup naik bus dari George Town ke arah Pantai Baru Ferringhi selama lebih kurang satu jam.

Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang tenang. Sesampainya di sana, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga air seperti banana boat, jet ski, atau parasailing. Kamu juga bisa sekadar duduk-duduk santai di pantai, menikmati senja, atau makan. Biar suasana berlibur di pantai lebih seru, kamu bisa membawa speaker portable yang waterproof.

Mengabadikan Keindahan Penang dari Udara dengan Drone

Jika kamu mempunya pesawat mungil tanpa awak alias drone, maka ini adalah saatnya mengabadikan keindahan pulau tersebut dari udara (aerial). Sekarang ini sudah banyak drone mungil dan ringan yang mudah dibawa bepergian di semua destinasi wisata, namun tetap memiliki kualitas perekaman dan fitur yang handal. Salah satu rekomendasinya adalah drone Dji Mavic series.  Berikut ini adalah contoh video footage yang merekam keindahan Pulau Penang.

Bagaimana menurut kamu, Penang merupakan kota yang menarik untuk dikunjungi, bukan? Kalau begitu jangan lupa siapkan segala keperluan perjalanan Anda, dan tentukan tanggal berangkat. Selamat bersenang-senang!

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More