Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

10 Alasan TCL 43A8 Sebagai Smart TV Android 43” 4K Pilihan Terbaik

0 12.257

Meningkatnya pendapatan memungkinkan konsumen untuk membeli TV berteknologi canggih yang sesuai dengan standar hidup mereka yang lebih tinggi. Selain itu, konsumen lebih menyukai konten video dan audio berkualitas tinggi serta konektivitas internet. Tren tersebut mengarah pada pengembangan TV Android, yang bisa berdampak positif pada pertumbuhan pasar. Salah satu televisi pintar di segmen ini yang menyita perhatian kami adalah TCL 43″ A8 4K Android TV.

Produk tersebut merupakan salah satu contoh terbaik bagaimana produsen televisi mengembangkan Android TV dengan fitur dan kualitas yang mumpuni, namun dibanderol dengan harga terjangkau. TCL 43A8 4K Android TV dibekali sejumlah fitur cerdas yang membuatnya kompetitif di pasar Smart TV Indonesia. Selain 43″, TCL A8 juga memiliki varian lain dengan ukuran yang berbeda yakni 50 inchi dan 55 inchi.

Meski masih tergolong baru menapaki pasar smart TV di Indonesia, TCL sendiri bukanlah pemain kemarin sore. TCL sudah berusia 39 tahun menjadi produsen TV dan peralatan rumah tanggan dengan jaminan kualitas dan layanan terbaik. Di masa pendemi ini, TCL juga melakukan kontribusinya ke masyarakat Indonesia melalui program berbelanja sambil donasi yang telah berhasil terkumpul sebanyak Rp91.450.000.

Di tataran global, pada tahun 2019, penjualan TV TCL secara tahunan meningkat sebesar 32 juta, naik 11,9% YoY (year-on-year). Menurut data Sigmaintell, TCL berhasil menguasai pangsa pasar 13,0% dalam pengiriman yang membuatnya terus menduduki peringkat kedua di pasar TV global. Sementara itu, menurut IHS, volume penjualan TV  TCL meningkat 16,5% YoY menjadi 20,64 juta, dengan pangsa pasar menempati peringkat ketiga di pasar TV global.

Data tersebut kian menegaskan bahwa TCL adalah produsen Smart TV yang kualitasnya telah diakui dunia. Nah, sekarang mari kita ulas salah satu produk andalannya, TCL 43A8 4K Android TV.

Kelebihan TCL 43A8 4K Android TV

Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh TV andalan dari TCL ini. Untuk mempermudah mengetahuinya, berikut kami rangkum 10 alasan kenapa TCL A8 adalah smart Android TV pilihan terbaik dengan resolusi 4K UHD di ukuran layar 43 Inci.

1. Layar 4K dengan HDR & Micro Dimming 

TCL A8 43″ 4K Android TV mereproduksi semua warna cerah, warna natural dengan detail yang memukau untuk pengalaman menonton yang lebih mendalam melalui 3840 x 2160 pixel (4 kali jumlah piksel pada TV Full HD).

HDR menghasilkan kontras gambar yang lebih luas, meningkatkan detail gambar, dan menghidupan warna-warna cerah. HDR telah menjadi standar peningkatan sinyal pemrograman TV saat ini. Dengan menggunakan algoritma yang unik, backlight panel TV disesuaikan secara otomatis dan redup untuk meningkatkan puncak kecerahan obyek di layar, sehingga menghasilkan rentang kecerahan yang lebih luas.

Micro Dimming menganalisis konten TV di ratusan zona terpisah untuk menyesuaikan kecerahan dan kegelapan. Kualitas gambar meningkat dan memanjakan mata, sehingga kita bisa menikmati pengalaman menonton yang fantastis dengan kontras yang lebih detail.

2. Android TV

Dengan TCL Android TV, lebih banyak film, game, musik, foto, internet, dan aplikasi lainnya yang bisa dinikmati. Televisi ini diperkuat dengan sistem operasi Android 9.0 Pie.

Di sini, kita bisa mengakses Google Play Store yang menyediakan lebih dari 5.000 konten aplikasi untuk film, acara, musik, olahraga, dan video yang sudah siap unduh, layaknya seperti smartphone.

3. AI TV

TCL 43A8 4K Android TV AITCL AI-IN menawarkan solusi AI multi skenario untuk kehidupan rumah.  Karena TCL 43A8 4K Android TV dilengkapi fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang telah disertifikasi Google. Dengan fitur AI ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai konten dengan kontrol suara sederhana. Kita dapat dengan mudah mengontrol TV dan perangkat rumah lainnya hanya dengan perintah suara. TCL menyediakan dua remote kontrol di mana salah satunya, yang berukuran kecil, mendukung pengoperasian dengan kontrol suara.

Cara memberi perintah juga sangat mudah, tinggal memencet tombol Google Assistant di remote, kemudian memberi perintah suara dengan mendekatkan pada remote. Misalnya, putar Youtube, bagaimana cuaca hari ini, update berita Covid-19, dan sebagainya.

4. Dolby Audio

TCL A8 4K Android TV sudah dibekali fitur Dolby Audio untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih. Meningkatkan hiburan dengan suara Dolby Audio yang telah disempurnakan. Memberikan suara jernih dan detail dengan dialog yang mudah didengar, sehingga suara menjadi realistis untuk membuat hiburan menjadi lebih baik.

TV ini juga memiliki fitur Smart Volume yang membuatnya secara otomatis mampu menyesuaikan volume program sekaligus menghilangkan fluktuasi suara mendadak yang biasanya dialami ketika berpindah saluran atau saat tayangan iklan televisi muncul.

5. Chromecast & T-Cast Built-in

Chromecast memungkinkan kita untuk memutar video, game, dan aplikasi dari smartphone ke TV dengan kualitas penuh. Hanya dengan satu ketukan tombol Cast pada layar Android atau iOS, kita dapat menampilkan konten tersebut ke TV layar besar. Asyiknya, ini bukan fitur mirroring yang menampilkan tampilan layar smartphone ke TV apa adanya. Namun berfungsi sebagai pemberi perintah. Sehingga begitu mengaktifkan tombol Cast pada konten yang ingin diputar di TV, kita masih bisa mengoperasikan smartphone seperti biasa. Awalnya, Chromecast adalah perangkat terpisah yang bisa ditancapkan ke TV agar bisa berfungsi. Namun, Chromecast kini telah menjadi fitur built-in di TCL A8 43″ 4K Android TV.

T-Cast adalah fitur terintegrasi eksklusif untuk perangkat TCL. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengoperasikan TV dengan menggunakan smartphone, menampilkan film dan drama terbaru ke layar lebih besar. Mampu menampilkan video dan audio ke perangkat seluler, melakukan screenshot dari program TV dan membagikannya ke media sosial.

PROMO TCL 32A5 VOUCHER RP100.000

6. Netflix Built-in

Bukan hanya Chromecast built-in, tetapi TCL 43″ 4K Android TV sudah Netflix built-in. Ini adalah perangkat yang telah tersertifikasi resmi dari Netflix Bahkan, pada remote control yang disediakan, tersedia tombol khusus Netflix untuk memberi akses cepat ke layanan streaming favorit ini.

Sebagai salah satu platform video on demand streaming terkemuka di dunia, Netflix memiliki sejumlah konten populer yang disukai banyak orang di seluruh dunia. Berkat teknologi AI, Netflix bisa memberikan rekomendasi tayangan yang sesuai dengan preferensi tontonan kita. Baik itu serial original, film, dan dokumenter.

Kalau sudah memakai TCL 43” 4K Android TV, disarankan untuk berlangganan Netflix paket 4K UHD. Agar bisa menikmati sensasi visual yang lebih maksimal dengan dukungan HDR.

7. Desain Elegan dengan Bezel Tipis 

Dari desainnya, TCL A8 4K Android TV tampil artistik dan tipis dengan Super Narrow Bezel yang menggabungkan fungsionalitas dan keindahan penampilan sebuah perangkat smart TV. Bingkai logam yang elegan menampilkan keindahan dan ketenangan yang mewah.

Desain belakang TCL A8 juga dirancang sedemikian rupa, dengan meningkatkan area radiasi panas untuk penggunaan jangka panjang. Bodi yang ramping dengan bezel tipis ini membuat TV terlihat mewah dan elegan, baik dalam kondisi menyala maupun mati. Gambar dan layar menjadi hidup pada TV dengan super narrow bezel, sehingga kita bisa terfokus pada layar yang memberikan pengalaman visual terbaik.

8. Prosesor Kencang

Seperti smartphone saja, TCL A8 43″ 4K Android TV ini telah dibekali dengan prosesor 64 bit 4 core dan penyimpanan 2GB RAM serta storage 16GB. Sehingga memungkinkan kita untuk mengundah berbagai aplikasi favorit dengan mudah. Serta memainkan game apapun yang disukai dengan lancar.

9. Konektivitas Lengkap

TCL A8 4K Android TV juga sudah dilengkapi fitur Wi-Fi (2.4 GHz Dual-band WiFi) untuk menikmati konten digital favorit di jaringan Wi-Fi. Smart TV ini juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth yang membuatnya mudah untuk tersambung dengan perangkat lain seperti sistem audio, keyboard dan mouse untuk menunjang produktivitas.

Tak hanya itu, TV pintar ini juga dilengkapi dengan port USB, HDMI, LAN RJ45, Antenna In, dan digital (optical) audio out. Konektivitasnya sangat lengkap. Untuk port HDMI2.0 sudah mendukung gambar resolusi 4K dengan transmisi kecepatan tinggi, serta 4 audio streams untuk kualitas suara lebih baik.

10. Harga TCL A8 Terjangkau

TCL Mid Year Super Sale LazadaTak bisa dimungkiri, harga menjadi faktor penentu yang sangat penting ketika seseorang memutuskan untuk membeli sesuatu. Nah, TCL menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk perangkat ini, bahkan paling kompetitif di kelasnya.

TCL A8 43” 4K Android TV dipasarkan dengan harga resmi Rp3.999.000. Berdasarkan penelusuran Gizmologi, sangat sulit menemukan sebuah Android TV dengan layar 4K UHD Dolby Audio serta beragam fitur canggih yang dibanderol dengan harga di bawah Rp4 jutaan.

Kabar baiknya, kita bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau lagi pada program khusus. TCL bekerja sama dengan Lazada mengadakan program Mid Year Super Sale pada tanggal 7-9 Juli 2020. Dari harga normal Rp3,999 juta, kita bisa membeli TCL A8 43” 4K Android TV dengan harga di bawah Rp3 juta. Selain itu, juga bisa memenangkan iPad Air 3 64GB jika menjadi pembeli pertama dan 100 review terbaik pertama bisa memenangkan Netflix 1 bulan gratis berlangganan.

Jadi, tunggu apa lagi, yuk beli Smart TV TCL 43A8 4K Android TV sekarang juga.

Cek promo terbaru TCL di
LAZADA.CO.ID

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan TCL

Tinggalkan Balasan