Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review 1MORE ColorBuds: TWS Penuh Warna, Konektivitas Prima

0 3.748

Dengan banyaknya opsi perangkat earphone true wireless stereo (TWS) yang ada saat ini, banyak di antaranya yang miliki desain serupa. Begitu pula dengan opsi warnanya, yang kalau tidak hitam, ya putih. Tak banyak pilihan untuk konsumen yang ingin mengekspresikan diri dengan lebih “kuat”. Untuk itulah, 1MORE ColorBuds hadir.

1MORE sendiri sudah cukup dikenal akan beragam aksesoris termasuk perangkat wearable-nya. Dan 1MORE ColorBuds adalah salah satu penawaran terbaru mereka yang hadirkan beragam opsi warna. Meski begitu, kualitas audio serta fitur yang dibawa tak dikesampingkan. Cukup berkualitas di kelas harganya.

Kalau Gizmo friends mencari earphone TWS yang nyaman serta punya opsi warna menarik, mungkin ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Namun sebaliknya, bila mencari kualitas audio yang terbaik, masih ada beberapa pilihan lain yang bakal terasa lebih worth it. Berikut ulasan saya tentang earphone TWS 1MORE ColorBuds.

Desain 1MORE ColorBuds

1MORE ColorBuds

Seperti yang sudah saya sebut sebelumnya, 1MORE ColorBuds bisa dibilang sangat unggul di bagian ini. Desainnya simpel, kompak dan hadir dalam beragam opsi warna menarik. Kalau Gizmo friends sedang mencari earphone TWS dengan desain yang bisa mengakomodir tampilan pakaian sehari-hari, yang satu ini mungkin bakal cocok.

Desain earbud-nya tidak menyerupai AirPods, melainkan lebih simpel mendekati Galaxy Buds Plus. Jadi kalau sedang digunakan di telinga, masih terlihat cukup simpel. Sementara bagian touchpad-nya sendiri juga dilengkapi warna seragam dengan warna case-nya. Total ada empat opsi warna yang bisa dipilih; Gold, Pink, Black dan Green seperti yang sedang saya ulas.

Case 1MORE ColorBuds

Kalau permukaan earbud-nya gunakan finishing doff, case-nya dibuat glossy, yang menurut saya sebenarnya agak terlihat murah. Tapi dimensinya relatif kecil dan ringan, total sekitar 40 gram dan masih nyaman untuk dimasukkan ke saku celana. Magnet yang ada di dalamnya cukup kuat, serta mekanisme buka tutup yang sudah cukup presisi.

Di bagian luar, hanya terdapat sebuah lampu indikator untuk tunjukkan baterai serta proses pairing. Sementara di belakang, terdapat port USB-C untuk pengisian daya. Dan ketika dibuka, di antara dua earbud, ada tombol yang bisa dimanfaatkan untuk inisiasi mode pairing. Perlu diapresiasi mengingat tak semua earphone TWS memiliki tombol dengan fungsi khusus ini.

Oh ya, perangkat ini sudah memiliki sertifikasi IPX5 tahan air dan keringat. Jadi bakal tetap aman meski digunakan untuk berolahraga intensif sekalipun.

Fitur

1MORE ColorBuds

Masing-masing earbud pada 1MORE ColorBuds dilengkapi dengan dua mikrofon. Keduanya dikombinasikan untuk bekerja bersamaan, hasilkan fitur yang bernama “cVc Environmental Noise Cancellation”. Nah, fitur ini hadir berbeda dengan active noise cancellation atau ANC ya. Alias hanya mereduksi suara luar secara pasif melalui desainnya saja.

Fitur ENC ditujukan untuk berikan kualitas telefoni yang lebih baik. Namun meski tidak dilengkapi ANC, desain earbud-nya cukup efektif untuk membuat suara luar lebih kedap, supaya bisa fokus mendengarkan musik atau melakukan proses telepon dengan lancar. Dan memang, perangkat ini bisa dibilang cocok untuk kebutuhan tersebut.

Untuk menyambungkan ke perangkat ini, caranya masih cukup tradisional dengan proses pairing perangkat Bluetooth pada umumnya alias belum mendukung protokol Google Fast Pair. 1MORE melengkapi perangkat ini dengan aplikasi khusus, tersedia baik untuk Android dan iOS. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan pembaruan perangkat lunak, cek baterai sampai mengatur gestur earbud.

Dengan wear detection, 1MORE ColorBuds dilengkapi fitur smart playback. Ada tiga opsi yang bisa pengguna atur lewat aplikasi; auto-pause (ketika perangkat dilepas dari telinga), auto-pause & play (otomatis memutar lagu saat dipasangkan ke telinga), atau dimatikan kedua opsinya.

Pengoperasian

Aplikasi 1MORE ColorBuds

Cara untuk menggunakan perangkat ini juga sederhana. Desainnya tak dilengkapi dengan wingtip tertentu. Awalnya saja agak pesimis, namun ternyata bisa cukup presisi. Hanya perlu ditekan, lalu diputar sedikit bagian bawahnya ke depan. Total ada empat ukuran earbud, termasuk yang sudah terpasang sejak awal.

Ada berapa pintasan gestur yang bisa diatur untuk sensor sentuh di masing-masing earbud? Hanya dua, yaitu double-tap dan triple-tap. Kiri dan kanannya bisa dibedakan sesuai kebutuhan, bisa dikustomisasi lewat aplikasi. Pintasan sentuhnya bisa digunakan untuk menerima telepon, atur skip lagu sampai memanggil perintah suara. Sensitivitasnya bukan yang terbaik, tapi cukup mudah untuk membiasakannya.

Mendukung konektivitas Bluetooth 5.0, kualitas sambungan 1MORE ColorBuds tergolong baik. Cukup lancar meski digunakan di area keramaian, sesekali ada jeda namun tergolong jarang untuk perangkat TWS. Sedikit saya sayangkan, perangkat ini belum memiliki kemampuan untuk berpindah secara mudah dari satu perangkat ke yang lainnya.

Sehingga kalau sudah tersambung ke iPhone, koneksinya harus diputus terlebih dahulu bila ingin menyambungkan ke perangkat lainnya seperti smartphone Android atau laptop. Dan juga, yang saya notice, ketika langsung menggunakan bagian kiri earbud saja, kemungkinan untuk tidak tersambung secara langsung lebih tinggi daripada yang kanan. Meski seharusnya di masing-masing earbud punya modul konektivitasnya sendiri.

Baterai

Saya tergolong puas dengan masa pakai baterai yang ditawarkan oleh 1MORE ColorBuds ini. Meski memang, total waktu pemutarannya tidak bisa dibanggakan karena tergolong biasa saja. 1MORE mengklaim durasi waktu 22 jam, baik untuk memutar lagu atau melakukan panggilan telepon. Namun setidaknya, sekali pakai bisa cukup lama sampai 6 jam.

Dan perkiraan waktu tersebut sesuai dengan pengalaman saya menggunakan perangkat ini dalam waktu sekitar dua minggu terakhir. Jadi kalau lagi dipakai terus sewaktu sedang seharian work from home, tak perlu sering-sering meletakannya kembali ke case untuk isi daya agar bisa digunakan terus di jam kerja.

Untuk proses pengisian dayanya, 1MORE ColorBuds dilengkapi teknologi fast charging. Mengisi daya mulai kosong hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Mengingat kapasitas baterainya tergolong besar; 55 mAh di masing-masing earbud, dan 410 mAh di pada case-nya. Pengisian 15 menit pertama diklaim sudah bisa digunakan untuk dengarkan lagu sampai 2 jam.

Kualitas Audio

1MORE ColorBuds

1MORE bekerja sama dengan sound engineer yang sudah memenangkan penghargaan di Grammy Awards, yaitu Luca Bignardi untuk meningkatkan output suara dari 1MORE Colorbuds. Dari situs resminya sendiri, tak disebutkan ukuran fisik driver yang ada di tiap earbud-nya. Namun sudah mendukung codec aptX atau AAC untuk pengantaran audio nirkabel berkualitas tinggi.

Dipasarkan sebagai earphone TWS yang memiliki suara balanced, dari percobaan saya dengan tiga smartphone (iPhone XR, Galaxy M51 & Pixel 3), keluaran suaranya cenderung flat. Dentuman bass-nya sedikit melimpah namun tidak spesial, sementara bagian treble dan vokal juga kurang dominan. Jadi bakal kurang cocok untuk mereka yang incar clarity terbaik. Sisi positifnya, bakal cocok untuk mereka yang punya genre musik sangat lebar.

Mungkin masih menjadi perdebatan bagi penggemar kualitas audio, apakah burn-in atau teknik “memanaskan” perangkat dari awal perlu dilakukan atau tidak. Bila kamu termasuk yang memercayai hal itu, 1MORE sediakan fitur khusus “smart burn-in” di dalam aplikasinya, yang bakal putar suara sampai 12 jam otomatis. Dan saya merasa proses ini berikan efek positif, bukan sekadar plasebo saja.

Kesimpulan

1MORE ColorBuds

Perangkat ini hadir sebagai alternatif yang menarik secara literal, berkat desainnya yang stylish serta hadir dalam beragam opsi warna menarik. Kalau Gizmo friends mencari earphone TWS yang unggul di desain (baik earbud-nya yang simpel dan case yang kompak), daya tahan baterai prima dan fleksibilitas gestur lewat aplikasinya.

Plus konektivitas yang reliabel dan kualitas untuk panggilan suara. Sementara untuk mereka yang mencari TWS dengan dentuman bass paling manteb, atau akustik yang bersih, masih belum cocok. Kalau sekadar mendengarkan musik lewat Spotify secara kasual, 1MORE ColorBuds oke-oke saja untuk hadir sebagai pilihan terbaik.

Review 1MORE ColorBuds
8.3 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design9
Audio Quality8
Features8
Battery8
Pros
- Desain kompak
- Banyak pilihan warna
- Konektivitas stabil
- Nyaman di telinga
Cons
- Kualitas audio tergolong standar
- Belum dilengkapi ANC
Summary
Earphone TWS yang satu ini cocok untuk Gizmo friends yang mencari opsi dengan desain bagus, berwarna, serta nyaman digunakan.
Review Pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Spesifikasi 1MORE ColorBuds

Speaker: Dynamic driver per earbud
Mic: 4 microphones (2 per earbud)
Warna: Midnight Black, Twilight Gold, Spearmint Green, Sakura Pink
Berat: 4,1 gram (earbud), 32,1 gram (case)
Charging port: USB-C
Baterai: 55 mAh (per earbud), 410 mAh (charging case)
Waktu Charge : 85 menit (lewat kabel)
Music playback: 6 jam
Total playback: 22 jam
Konektivitas: Bluetooth 5.0, mendukung codec AAC & aptX
Daya tahan: IPX4 tahan cipratan air dan keringat
Fitur: touch gesture, 1MORE Music App (Android & iOS)
Harga resmi: Rp1,099 juta
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.