Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inovatif! OPPO X 2021 Hadir dengan Konsep Layar Gulung

1 5.935

Setiap tahunnya, OPPO perkenalkan teknologi terbaru pada perangkat smartphone mereka lewat acara khusus bernama OPPO INNO DAY. Nah, pada tahun 2020 ini, ada total tiga teknologi baru yang diperkenalkan dari pabrikan elektronik asal Shenzhen yang satu ini. Di antara ketiganya, ada teknologi layar terbaru untuk smartphone. Perangkat yang masih berupa konsep tersebut dinamakan OPPO X 2021.

Dari tampilannya, perangkat ini Nampak sangat minimalis, dengan fokus utama tentunya pada bagian layar depannya. Bawa pencapaian terbaru dari tim riset dan pengembangan (R&D) OPPO, OPPO X 2021 mengusung desain layar gulung pertama di dunia.

OPPO X 2021 menjadi satu dari tiga perangkat yang diperkenalkan dengan tema “Leap into the Future”, mengedepankan “Teknologi untuk Umat Manusia, Kebaikan untuk Dunia” serta “inovasi yang bijak”. OPPO juga ungkapkan strategi pengembangan teknologi “3 + N + X” untuk pertama kalinya, yang nanti juga akan kami bahas.
Baca juga: Turun Harga! OPPO A92 6GB & Reno4 Pro Cashback Hingga Rp1 Juta

Teknologi Layar Gulung Baru di OPPO X 2021

Definisi “layar gulung” yang digunakan OPPO pada seri X 2021 bukanlah sama seperti konsep menggulung tikar, namun sedikit berbeda. Konsep ini dihadirkan dengan tujuan yang serupa smartphone layar lipat, yaitu berikan format smartphone dan tablet dalam satu perangkat. Alias, punya dua ukuran layar sekaligus, untuk fleksibilitas yang tinggi.

OPPO X 2021 menggunakan layar berjenis continuously variable OLED display, dengan ukuran layar terkecil sebesar 6,7 inci dan ukuran terbesar di 7,4 inci. Dengan bezel yang ramping dan rasio disesuaikan, saat dalam layar terkecil, perangkat diklaim tetap nyaman digunakan hanya dengan satu tangan.

Sementara dimensi layar besar tentunya ditujukan untuk mereka yang ingin konsumsi multimedia dengan lebih memuaskan, atau penggunaan fitur multitasking yang lebih lega. Lalu bagaimana cara OPPO untuk menghadirkan teknologi layar gulung ini? Yaitu dengan membawa tiga penemuan teknologi baru, yang sepenuhnya menjadi hak milik OPPO.

OPPO X 2021

Ketiganya adalah Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate dan laminasi layar berkekuatan tinggi bernama Warp Track. Khusus pada perangkat OPPO X 2021, secara total ada 122 paten yang diajukan, dan 12 di antaranya khusus pada mekanisme layar gulung. Dengan penggunaan dua motor di bawah layar, bagian layar plastiknya tidak memiliki crease atau bekas lengkungan sama sekali, yang umumnya ditemukan di smartphone layar lipat.

Menjadi sebuah perangkat konsep, tentunya OPPO belum berikan kesempatan untuk berikan kesempatan hands-on kecuali di momen tertentu selama acara berlangsung. Namun setidaknya, konsep ini memiliki wujud nyata seperti pada video di atas. Sangat memungkinkan bila bakal diadaptasi pada smartphone barunya di waktu mendatang.

Teknologi OPPO X 2021 Hadir Menjadi Bagian Strategi Baru

OPPO X 2021

Tony Chen, Pendiri dan CEO OPPO, menyampaikan strategi baru mereka yang disebut dengan 3 + N + X. angka “3” di depan mengacu pada tiga teknologi dasar; perangkat keras, perangkat lunak dan teknologi layanan. Sementara huruf “N” mewakili sejumlah kemampuan unggulan OPPO seperti AI, keamanan, privasi, multimedia dan interkonektivitas.

Sementara huruf terakhir, “X” mengacu terhadap teknologi diferensiasi terdepan, serta sumber daya strategis seperti teknologi pengisian daya cepat, yang tingkatkan pengalaman pengguna. “OPPO percaya dalam pengembangan teknologi harus memberikan manfaat bagi pengguna, sementara semua kompleksitasnya adalah bagian kami,” jelas Levin Liu, Wakil Presiden OPPO dan Kepala OPPO Research Institute.

Ini adalah penyelenggaraan acara teknologi kedua untuk OPPO INNO DAY. Ke depannya, OPPO bakal terus berkolaborasi dengan mitra, membangun masa depan teknologi yang lebih manusiawi, dengan manusia sebagai tujuan utama inovasi perusahaan.