Review ASUS Zenfone Live L1: Selamat Datang Smartphone Full View untuk Semua

0 2.642

Setahun yang lalu,  tren live streaming / broadcasting sedang marak dengan hadirnya sejumlah aplikasi seperti Bigo Live, Live.me, hingga fitur tambahan di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Tren ini diantisipasi ASUS dengan merilis Zenfone Live. Kini, produsen asal Taiwan tersebut merilis generasi baru ASUS ZenFone Live L1 namun dengan konsep yang berbeda.

Live streaming bukan lagi menjadi fitur yang ditonjolkan karena semua smartphone pun telah memiliki kemampuan itu. ASUS  memamerkan perangkat ini untuk segmen value yang memiliki keunggulan utama pada desain layar rasio 18:9 kekinian. “Kini generasi baru ASUS ZenFone Live L1 hadir dengan desain dan penampilan baru, yang telah disesuaikan dengan ciri serta identitas kaum muda yang penuh semangat dan bergelora,” kata Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia.

ASUS ZenFone Live L1 hadir di pasar smartphone terjangkau pada rentang harga 1 jutaan. Sehingga cocok bagi para pengguna muda seperti mahasiswa dan pelajar, yang mengidamkan perangkat canggih namun tetap ramah di kantong. Nah, daripada penasaran, yuk simak review ASUS Zenfone Live L1 selengkapnya.

Desain

Smartphone entry level ini tidak seperti kebanyakan perangkat di kelasnya yang tampil ala kadarnya. Sebaliknya, Zenfone Live L1 menyuguhkan desain yang apik, trendi dan kekinian lewat penggunaan FullView Display untuk menawarkan pengalaman mengakses dunia digital yang lebih asik dan menyenangkan.

Dengan berbagai varian warna yang memikat,perangkat ini sangat cocok untuk segementasi yang ditujunya. Smartphone ini punya bodi yang tipis dengan ketebalan hanya 7,95mm. Selain itu, bobotnya juga ringan hanya 120 gram.

ASUS mengemas ZenFone Live L1 dengan bentuk punggung yang agak melengkung sehingga lebih compact ketika digenggam oleh tangan. Lengkungan ini pun membuat pengguna tidak akan merasa sakit ketika menggenggam dengan kuat perangkat.

Dari sisi tata letak, ASUS menempatkan tombol power berada di sebelah kanan bersamaan dengan tombol volume. Sementara audio jack terletak di bagian atas perangkat. Di sisi kiri ada akses ke SIM tray. Di dalamnya  bisa memasukan dua buah kartu SIM atau memilih salah satunya dan menambahkan micro USB (hybrid) sebagai opsi ekspansi ruang penyimpanan data yang dapat menampung hingga kapasitas 2TB.

Sebagai informasi, perangkat telah mendukung konektivitas 4G LTE pada kedua SIM-nya. Seluruh operator jaringan telekomunikasi termasuk Bolt dan Smartfren, dapat berjalan pada smartphone ini. Adapun pada bagian bawah  akan menemukan akan grill speaker bersama dengan port charger. ASUS Zenfone Live mengadopsi tiga buah on screen button pada perangkat ini.

Layar

ASUS ZenFone Live L1 mengusung konsep The Real FullView Design dimana layar dengan aspek ratio 18:9 masih menjadi andalan. Tampilan layar makin ciamik berkat resolusi layar HD+ 1440×720 piksel yang cukup bagus di kelasnya.

Smartphone ini juga memiliki screen to body ratio alias rasio lebar layar dengan bodi sebesar 82 persen. Ini dapat diartikan bahwa perangkat memiliki bezel yang tipis dan akan nyaman untuk digunakan bermultimedia.

Keuntungan layar Full View adalah ukuran layar besar di body yang lebih ramping. ASUS ZenFone Live L1 memiliki bentang layar 5,5 inci dengan ukuran tubuh seperti pada ponsel 5 inci sehingga lebih nyaman digenggam maupun digunakan.

Kamera ASUS Zenfone Live L1

Asus Zenfone Live L1 dilengkapi dengan kamera beresolus 13MP dibagian belakang serta 5MP pada bagian depan untuk merekam berbagai momen. PixelMaster menjadi bagian tak terpisahkan dari seluruh jajaran ASUS Zenfone, tak terkecuali di Zenfone Live.

Kamera belakang 13 megapiksel dan 5 megapiksel di depan dikombinasikan dengan apik oleh ASUS menggunakan PixelMasternya. ASUS memberikan ukuran pixel size sebesar 1.4um untuk mengisi keseluruhan sensor pada smartphone ini.

Ada lagi dukungan lampu LED baik di belakang maupun di depan untuk selfie. Anda pun bisa mendapatkan angle yang cukup luas ketika ber selfie yakni 82 derajat.

Dari sisi modus pemotretan, Zenfone Live menyediakan banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari Auto, HDR Pro, Beautification, Potrait Mode, Panorama dan Time Lapse. Adapun untuk kamera depan, moduse pemotretan yang tersedia adalah Beautification, dan Potrait Mode.

Panorama Mode
Modus ini merupakan mode yang paling sempurna untuk memotret pemandangan. Panorama memungkinkan pengguna menggeser kamera dari satu sisi sudut pandang sampai ke sisi lain. Di saat yang sama, kamera akan mengambil gambar dalam beberapa frame dan menjahitnya menjadi satu untuk menghasilkan foto panorama yang berukuran lebar.

 

Yang menarik, saat pengguna akan mengambil foto panorama, ia tak hanya bisa digunakan untuk mengambil frame ke kiri dan kanan. Pengguna juga bisa mengarahkan kamera ke atas atau ke bawah untuk mendapatkan foto panorama dengan angle yang vertikal.

HDR Pro
Pada mode ini, Zenfone Livesecara cepat mengambil beberapa foto dari sebuah skenario. Ia kemudian akan menganalisa setiap pixel dan secara otomatis mampu memperterang daerah yang gelap, dan meredupkan area lain dari foto yang terlalu silau hingga 400 persen, demi menghasilkan gambar yang direproduksi dengan baik.

Saat mencoba fitur HDR di Zenfone Max, kami berhasil mendapatkan detail obyek di bayangan matahari yang tepat mengarah ke kamera. Berikut ini perbandingan antara foto dengan fitur HDR aktif dan tidak.

Beautification
Fitur ini sangat menarik karena tren memptret foto selfie sedang digandrungi oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia, termasuk juga pengguna di Indonesia.

Mode Beautification tersebut akan meningkatkan hasil foto wajah secara langsung dengan berbagai efek make-up termasuk pelembut dan pencerah warna kulit, blush dan koreksi warna, memodifikasi bentuk mata, sampai meniruskan bentuk pipi.

Time Lapse 
Fitur lain yang sangat impresif dari kontrol manual ZenFone 5Q adalah kemampuan untuk mengambil video time-lapse berdurasi panjang. Dalam modus ini, smartphone akan secara otomatis mengambil frame pada interval yang sudah ditentukan, yang kemudian dikompilasikan ke dalam video stop-motion.

Apa yang membuat ZenFone Live L1 menarik adalah kemampuannya untuk menghemat daya lewat modus “power saving” saat sedang mengambil video time lapse. Seperti diketahui, merekam video time-lapse bisa mengonsumsi banyak energy baterai yang tersedia.

Pada mode ini, ASUS akan menurunkan tingkat kecerahan layar dan menempatkan smartphone pada airplane mode di mana jaringan radio dimatikan karena secara teoritis, saat merekam video time lapse, pengguna tidak akan mengangkat panggilan telepon ataupun menjawab SMS dan messenger lainnya.

Multimedia

Ponsel ini juga dirancang untuk memberikan pengalaman multimedia yang cukup baik di kelasnya. Keunggulan adalah dari sisi audionya. Secara keseluruhan, ASUS memberikan beberapa teknologi penting pada smartphone ini untuk membuat keluaran suara yang mampu diperdengarkannya menjadi lebih memikat.

Ada  beberapa teknologi utama pada fitur audionya yakni, dual microfon noise cancellation, enhanced speech clarity, smart amplifier technology, 5 magnet audio dan ICE power dan Sonic Master. Dual microfon, berfungsi untuk meminimalkan noise yang terjadi pada saat melakukan live streaming. Lubang mic ditempatkan di bawah berdekatan dengan grill speaker.

Pada ZenFone Live L1, speaker bertenaga dengan desain 5 magnet dan metal voice coil akan memproduksi audio yang keras dan jernih serta kualitas sangat baik di setiap skenario. Speaker ini juga dilengkapi dengan smart amplifier yang dapat meningkatkan kekuatan suara serta resolusi audio tanpa suara terdengar pecah.

Dengan kombinasi tersebut, ZenFone Live L1 diklaim mampu menghadirkan audio hingga 67 persen lebih keras dibanding smartphone lain di kelasnya. Selain itu, kombinasi keduanya mampu memperluas reproduksi suara frekuensi rendah hingga 17 persen dan mengurangi distorsi hingga 15 persen.

Performa

ASUS Zenfone Live L1 ditujukan untuk memadati pangsar pasar smartphone entry level yang terjangkau. Sebagai gawai yang value for money, ZenFone Live L1 memiliki sejumlah teknologi yang disesuaikan untuk kebutuhan pasar tersebut serta para calon penggunanya.

System on Chip (SoC) yang digunakan Snapdragon 425, dimana yang prosesor memiliki empat inti otak (quad core processor) untuk mengolah perintah. Prosesor mampu mengolah sistem komputasi dengan kecepatan 1,4GHz. Sistem olah grafisnya ditingkatkan, dari yang sebelumnya menggunakan Adrenon 305, terkini diupdate menjadi Adreno 308.

ZenFone Live memiliki RAM sebesar 2GB dengan kapasitas media penyimpanan sebesar 16GB. Dengan spesifikasinya ini, boleh dikatakan gadget ini adalah perangkat yang value for money untuk perangkat smartphone di segmentasinya.

Smartphone ini dicoba  untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Selama pemakaian, kinerja yang diberikan perangkat ini dalam mengolah sistem komputasi cukup mumpuni. Prosesornya berjalan dengan mulus serta minim lag. Jarang merasakan terjadinya lemot saat melakukan multitasking, seperti membuka Instagram, browser, YouTube, sembari melihat-lihat foto di galeri dan juga sembari bermain game.

Berikut ini hasil pengujian benchmark pada ponsel ini.

Berselancar di dunia maya dengan membuka banyak tab bisa dikerjakan dengan aman. Yang megejutkan adalah, bermain game dengan preset high resolution masih dapat dilakukan dengan baik dan cukup lancar.

ZenFone Live L1 menggunakan ukuran baterai sebesar 3000 mAh. Kapasitas ini mendapatkan peningkatan cukup jauh dibandingkan generasi Live sebelumnya yang hanya memiliki ukuran baterai sebesar 2.650mAh.

Dengan kapasitas daya sebesar itu, smartphone tersebut mampu aktif dalam mode 3G selama 29 jam untuk talktime. Sementara dalam mode standby perangkat ini mampu bertahan hingga 42 hari lamanya. Perangkat ini juga mampu bertahan selama 4 hari untuk memutar musik dan 18 jam non stop untuk terhubung dengan koneksi WiFi.

Harga Asus Zenfone Live L1

Tatjana Saphira, brand ambassador Asus sedang berpose memegang Zenfone Live L1

Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah mengenai harga. Zenfone Live L1 memiliki dua varian dengan harga yang tentu saja berbeda. Untuk harga reguler, varian dengan kapasitas RAM 2GB dan memori internal 16GB dibanderol dengan harga Rp 1.399.000. Sedangkan versi yang agak tinggi yaitu varian dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB dipasarkan dengan harga Rp 1.699.000.

Harga tersebut bagi kami tergolong sangat kompetitif.  Tapi ternyata kita masih bisa mendapatkan harga yang lebih mudah lagi. Asus menggelar flash sale di situs belanja JD.ID setiap hari Kamis, dimulai pada 31 Mei 2018 serta 7, 14, 21, 28 Juni pukul 11 siang. Untuk harganya, pengguna yang melakukan pre-order ataupun mengikuti flash sale, bisa mendapatkan ZenFone Live L1 di harga Rp1,299 juta (versi 2GB/16GB).

Jelas saja, ponsel ini berpotensi bakal laku kerasa bak kacang goreng. Asalkan ditunjang dengan ketersediaan stok barang yang memadai. Karena berdasarkan pengalaman sebelumnya seperti di flash sale Zenfone Max Pro M1, banyak konsumen yang mengeluh tidak bisa mendapatkan perangkat ini karena telah habis. Semoga saja hal ini bisa segera diatasi oleh pihak Asus Indonesia.

Tonton video unboxing di bawah ini.

 

Spesifikasi Asus Zenfone Live L1

Model ASUS Zenfone Live L1 ZA550KL
CPU Qualcomm Snapdragon 425 with 64-bit Quad-core Processor @1.40 GHz
GPU Qualcomm Adreno 308
RAM LPDDR3 2GB / 3GB
Storage eMCP 16GB / 32GB + 100GB Google Drive (free 1 year)
Micro SD Yes (up 256GB)
Connectivity 802.11b/g/n, Bluetooth v4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Network LTE Cat4: UL 42 / DL 150 Mbps

DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps, Support VoLTE/VoWifi

SIM Card Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

Navigation GPS, AGPS, GLONASS
Display 5.5-inch HD+ (1440 by 720) with  front 2.5D cover glass display

Capacitive touch panel with 5 points multi-touch

Video 1080p FHD video recording at 30 fps

Take still photo while recording video

Battery 3000mAh capacity with fast charging, ASUS PowerMaster technology, 2x longer battery lifespan
Main Camera 13 megapixels, f/2.0 aperture, EFL 3.519cm, 0.3 second Phase Detection Auto-Focus

LED flash, Instant cameras switching

Front Camera 5 megapixels, f/2.4 aperture, EFL 2.34cm, 75.6° field of view
Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity sensor, Ambient light sensor, Gyroscope
OS Android™ O with new ASUS ZenUI 5.0
Dimension 147.26*71.77*8.15mm
Weight 140 grams
Warna Deepsea Black, Sunlight Gold