Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Honor 10: Smartphone yang Cantik dan Pintar dengan Tenaga Turbo!

0 467

Sebagai pemain baru yang dilepas Huawei untuk mengoperasikan bisnisnya secara mandiri, pencapaian Honor terhitung luar biasa. Betapa tidak, penjualan year-on-year mengalami peningkatan 150%. Dan yang fantastis, smartphone terbarunya Honor 10 telah terjual 3 juta unit secara global.

Ponsel pintar Honor 10 diluncurkan di tanah kelahirannya, China, pada bulan April dan diluncurkan secara global bulan Mei di London. Angka tersebut, tentu saja belum termasuk di Indonesia, karena di sini baru diluncurkan hari ini.

Dengan pencapaian yang cepat, tak heran jika mereka berambisi dengan target menembus tiga besar merek ponsel dunia dalam lima tahun ke depan. Sebagai informasi, induk dari Honor, yaitu Huawei saat ini baru saja berhasil menduduki posisi nomor dua. (BacaHuawei Kini Menjadi Produsen Smartphone Terbesar ke-2 di Dunia

Apa yang membuat ponsel ini begitu diminati? Setidaknya ada dua fitur utama yang membuat Honor 10 ini disukai khalayak. Pertama, kamera dual-lens yang didukung teknologi kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence). Kedua, desain inovatif yang menghadirkan bagian belakang dari kaca 3D, dengan lapisan optik berskala nano yang menakjubkan.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh, kami telah menguji Honor 10 selama beberapa hari. Berikut ini ulasannya.

DESAIN 

Honor 10 handsKesan pertama, begitu menggoda. Tagline iklan parfum ini cocok dengan yang saya alami ketika membuka Honor 10 dari dosbuknya. Kemewahan langsung terpancar dengan kaca Aurora dan kemilau cahaya dari setiap sudut.

Padahal perangkat ini kalau dilihat dari harganya yang IDR 7 juta tidak sejajar dengan ponsel flagship pada umumnya yang beredar di pasar yang dijual di kisaran IDR 12 juta. Namun harus diakui, desain ponsel ini di atas rata-rata dan melampaui banyak kompetitornya.

Saat digenggam, ukurannya terasa pas dengan tangan orang Asia yang relatif kecil. Begitupun saat dimasukkan ke dalam saku. Hal ini karena penggunaan layar 5,84″ yang sebenarnya besar, tetapi karena layarnya menganut konsep Full View, sehingga ukuran layar bisa maksimal di body yang tergolong ramping. Kurang lebih seukuran dengan Samsung Galaxy S9.

Pihak Honor menyebut bahwa untuk mewujudkan tampilan Honor 10 yang minimalis bukan perkara gampang. Tampilan itu terwujud berkat teknik industrial kelas dunia dan rekayasa mutakhir, menuntut kecermatan dan kejelian tertinggi. Desain kaca Honor 10 terbuat dari 15 lapis kaca 3D di bagian belakang, dan desain ini menampilan pantulan warna-warni dari setiap sudut, dalam kondisi cahaya dan bayangan yang alami.

Dalam merancang ponsel ini, rupanya Honor tidak sendirian. Warna apik dan stylish ini dirancang oleh The Paris Aesthetics Center yang memadukan unsur seni dan digital. Honor 10 mengusung gabungan warna Phantom Blue dan Phantom Green yang ciamik.

Honor 10 launch

Desain ini pada dasarnya mewarisi tampilan yang mirip dengan efek gradien Twilight di Huawei P20, tetapi dibuat sedikit berbeda. Karena memberi kita warna dan tampilan yang berbeda tergantung dari sudut mana kita melihat bagian belakang perangkat.

Ada lis logam di sepanjang tepi Honor 10, yang menambah tampilan dan nuansa premium, dengan jack headphone 3,5 mm dan port USB-C di bagian bawah dan tombol volume rocker / power di sisi kanan.

DISPLAY

Honor 10 artistSeperti yang sudah saya singgung di atas, ponsel ini memiliki layar Full View berukuran 5,84 inchi dengan monitor minim bingkai (bezel-less) berdimensi 19:9 serta rasio bodi berbanding layar sebesar 86%.

Penampilannya makin kekinian dengan lekukan poni alias notch di bagian tengah atas untuk menampung kamera depan dan teknologi pemindaian wajah. Sementara itu di bagian bawah, menyisakan sedikit tempat yang dimanfaatkan dengan maksimal untuk meletakkan sensor Ultrasonic Fingerprint.

Resolusi layarnya Full HD +, yang pada berarti resolusi Full HD ditambah bonus beberapa piksel, sebagai dampaik dari layar lebih panjang 19:9. Secara umum, kualitas layar Honor 10 cerah, jernih, dan bagus dengan reproduksi warna yang natural. Respon layar sentuh saat digunakan unHonor 10 cameratuk mengetik pun nyaman.

KAMERA

Seperti ponsel “zaman now”, Honor 10 hadir dengan kamera ganda di mana karena fokus lebih ke fotografi, maka lokasi dua lensa berada di body bagian belakang. Konfigurasinya seperti yang ada di seri Huawei P9 dan P10 yakni mengutamakan fungsi monokrom dan warna sebagai ciri khas Leica.

Namun Honor 10 tidak memiliki hak untuk memakai teknologi lensa, sehingga hanya fiturnya saja yang mirip. Satu sensor adalah penembak monokrom 24MP sedangkan yang lainnya adalah warna 16MP. Saat mengambil foto di kamera belakang dalam mode otomatis, kamera akan mengambil bidikan yang sama dengan kedua sensor, dan menggabungkan gambar untuk foto untuk mendapatkan lebih detail daripada hanya dari satu lensa.

Kamera ganda 24MP+16MP di Honor 10 dikembangkan dan didukung oleh prosesor NPU (neural processing unit) pada cipset Kirin 970. Hal ini membuat ponsel ini memiliki kemampuan lebih cerdas alias memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Kamera diklaim mampu mengenali lebih dari 500 skenario penggunaan dalam 22 kategori secara real-time. Sebagai contoh, kamera ganda 24MP+16MP itu juga bisa mencari profil dari sejumlah benda sekitar, seperti langit, tumbuhan, manusia atau bahkan air terjun, serta mengidentifikasi lokasi mereka secara langsung.

Fitur ini didukung oleh teknologi Semantic Image Segmentation yang memungkinkan Honor 10 untuk menemukan berbagai objek dalam satu foto. Teknologi ini membuat Honor 10 tampil beda. Sejumlah fitur Honor 10 yang pertama di industri menerapkan sejumlah parameter scene-specific untuk setiap foto secara real-time saat mengambil gambar. Harapannya, kita dapat menghasilkan foto berkualitas profesional hanya dalam satu klik. Namun, apakah kenyataan di lapangan demikian? Sebelum sampai ke situ, kita membahas kamera depan terlebih dulu.

Tak hanya tampil dengan kamera belakang yang didukung teknologi AI 2.0, kamera depan 24MP pada Honor10 juga menjadi teman berswafoto yang canggih. Kamera tersebut mendukung face recognition 3D, memaksimalkan rincian wajah dan mendeteksi lebih dari seribu titik wajah hingga akurasi bertaraf piksel.

Kamera depan Honor 10 juga mendukung efek pencahayaan studio foto (studio lighting) dengan cakupan kondisi pencahayaan. Fitur facial recognition yang canggih dan akurat memastikan efek bokeh yang cermat serta memotret berbagai rincian terperinci pada wajah setiap orang, bahkan ketika mengambil groufie.

Secara umum, dari pengujian selama beberapa hari, kualitas kameranya sangat bagus jika kondisi pencahayaan terang. Kita bisa bereksperimen dengan banyak menu-menu yang tersedia di antarmuka kamera.

Fitur AI bekerja dengan baik membantu meningkatkan kualitas dengan lebih bagus. Teknologi pemrosesan gambar di Honor 10 menggunakan kecerdasan buatan yang secara otomatis meningkatkan jepretan yang kita ambil. Perangkat lunak kamera menggunakan algoritme untuk mencerahkan area pengambilan gambar, atau mengubah fokus, untuk membuat apa yang diyakini akan menjadi hasil terbaik. Kita dapat menekan tombol dan melihat seperti apa tampilan foto tanpa peningkatan AI. Jika ponsel tidak meningkatkan foto sesuai keinginan, kita dapat kembali ke aslinya.

Tapi ketika kondisi pencahayaan agak gelap seperti di dalam ruangan yang agak remang, kamera tidak mampu menyuguhkan kinerja terbaiknya. Kontras dengan “saudara tiri” Huawei P20 Pro yang sangat handal dipakai di malam hari, Honor 10 ini kualitas hasil fotonya bahkan masih kalah dengan beberapa ponsel yang harganya lebih murah.

Ketika memotret orang, muncul efek seperti cat air yang membuatnya terlihat tidak natural, baik itu saat memakai AI maupun tidak. Dugaan kami, ini lebih ke masalah software yang masih perlu di-upgrade lagi. Karena jika melihat spesifikasi prosesornya saja yang sama dengan dipakai di Huawei P20 Pro, seharusnya lensa kameranya pun yang terpilih, kendati bukan Leica.

Beruntung, kita masih bisa bermain-main dengan fitur Night Mode dan Light Trail. Sehingga bisa membuat foto yang lebih ciamik. Dengan catatan, harus membawa tripod atau monopod. Karena ponsel ini tidak dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (OIS), tetapi hanya penstabil gambar berbasis software yang diberi gimmick AI.

Hasil Foto Honor 10

IMG_20180726_155151

IMG_20180725_130344 - Copy

Honor 10 model
IMG_20180731_141945

IMG_20180731_145442

IMG_20180801_204142

IMG_20180801_204909

PERFORMA

Honor 10 modelAntarmuka Honor 10 dibuat berdasarkan EMUI 8.1 yang berbasis Android 80. Fitur di EMUI 8.1 secara umum mencerminkan peningkatan peranti lunak dan kemampuan produk secara keseluruhan, dan khususnya fitur Easy Talk yang mengurangi background noise ketika  menelepon dengan handsfree di jalanan yang dipenuhi tiupan angin. Fitur Easy Talk juga meningkatkan volume panggilan telepon saat Anda berbicara pelan untuk kondisi yang hening.

Sementara itu di bagian dalamnya, dapur pacu Honor 10 diperkuat oleh chipset HiSilicon Kirin 970 dan prosesor independen NPU dan bertipe built-in. Ini adalah konfigurasi yang sama dengan di Huawei P20 Pro. Sementara itu RAM sebesar 4GB dan kapasitas penyimpanan internal 128GB yang memadai untuk menyimpan berbagai konten di galeri, aplikasi dan berkas.

Namun yang lebih menarik dari itu adalah Honor 10 menawarkan teknologi inovatif GPU Turbo yang dikembangkna oleh Huawei. Secara teori, GPU Turbo adalah penggabungan perangkat keras dan lunak yang memberikan akselerasi dramatis dalam pemrosesan grafis, yang secara fundamental dapat meningkatkan sistem operasi dan menambah waktu penggunaan baterai, sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman bermain mobile game secara keseluruhan.

GPU Turbo meningkatkan kinerja ponsel pintar untuk dua area spesifik: kualitas pemrosesan grafis dan konsumsi daya. Fitur ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman gaming lebih mulus. Dimana fiturnya akan aktif saat kita menjalankan game seperti Mobile Legends dan lainnya yang tergolong boros memori. GPU Turbo akan menonaktifkan aplikasi lain yang biasanya berjalan di belakang layar (background) agar prosesor hanya fokus ke gaming saja.

Efisiensi pemrosesan grafis pada Honor 10 bisa meningkat secara dramatis sebesar 60%, mencapai frame rate yang hampir penuh serta dapat mempertahankan kinerja grafis yang stabil selama bermain game. Hasil pengujian in-game dari GameBench menunjukkan bahwa Honor 10 memiliki nilai frame rata-rata yang lebih tinggi serta tingkat jitter yang lebih rendah ketika dibandingkan dengan iPhone X. Honor 10 memberikan pengalaman mobile gaming yang lebih stabil dan lebih lancar.

Sinergi antara penggabungan perangkat keras dan lunak menghasilkan kinerja yang super cepat dan sangat mengurangi konsumsi daya pada Honor 10 sebesar 30%. Masa pakai baterai Honor 10 menjadi lebih lama dan hal ini memungkinkan pengguna untuk menikmati hiburan selama 24/7, baik itu untuk bermain game atau streaming acara TV dan menikmati film kesukaan.

BATERAI

Honor 10 memiliki baterai 3,400mAh. Kami menggunakan perangkat ini selama beberapa hari dimana secara umum kinerja baterai cukup bagus. Bertahan dari pagi sampai malam hari. Honor 10 juga hadir dengan Honor Super Charge5V/4.5A dengan pengisian 50% daya baterai dapat dilakukan dalam 25 menit.

SPESIFIKASI HONOR 10

honor 10 midnight black

General

Device Type Smartphone
Model / Series Honor 10
Released 01 Agustus, 2018
Status Available

Platform

Chipset HiSilicon Kirin 970
CPU Octa-core (4x2.4 GHz Cortex-A73 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPU Mali-G72 MP12
RAM (Memory) 6 GB
Storage 128 GB ROM, no card slot
Operating System Android 8.1
User Interface Emotion UI 8.1

Design

Dimensions 149.6 x 71.2 x 7.7 mm
Weight 153 g
Design Features Colors: Phantom Blue, Phantom Green, Midnight Black, Glacier Grey
Battery Non-removable Li-PO 3400mAh battery
Fast battery charging: 50% in 24 min (5V/4.5A)

Network

Network Frequency LTE TDD / LTE FDD / WCDMA / EDGE / GPRS
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA, LTE

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 5,84inches; Resolution: FHD 1080 x 2280, 408 PPI, ratio 19:9
Touch Screen Yes, Multitouch capacitive touchscreen
Features
Protection: Corning Gorilla Glass

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 16 MP, f/1.8, PDAF 24 MP B/W, f/1.8, PDAF
Front single camera 24 MP, f/2.0
Flash Yes, dual-LED (dual tone) flash
Video [email protected], [email protected]/60fps (gyro-EIS)
Camera Features Phase detection & laser autofocus, Depth Auto Focus, 2x Hybrid Zoom,
geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR,artistic portait

Connectivity

Wi-fi WLAN 802.11ac/a/b/g/n, 2.4G / 5G; dual-band, DLNA, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth Yes, v4.2, A2DP, LE
USB Standard USB Type-C
GPS GPS / AGPS / Glonass / BeiDou Navigation Satellite System
HDMI No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Audio File Formats: mp3 / mp4 / 3gp / wma / ogg / amr / aac / flac / wav / midi / ra
Support 192 Khz / 24 bit

3gp / mp4 / wmv / rm / rmvb / asf
FM Radio No
Web Browser HTML 5 with Android Browser, Google Chrome
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors - Gravity sensor
- Ambient light sensor
- Proximity sensor
- Front fingerprint sensor
- Hall-sensor
- Gyroscope
- Compass
- Colour Temperature sensor
Other - HUAWEI Ultra Memory technology
- Fast battery charging
- Active noise cancellation with dedicated mic