Review Smartwatch OASE Horizon W1: Kompetitif dari Harga dan Fitur

Dengan harga Rp500 ribuan, apa yang kamu bisa harapkan dari sebuah smartwatch? Sebagian besar yang beredar di pasar fitur yang ditawarkan sederhana, tetapi tidak dengan OASE Horizon W1. Jam pintar besutan Oase ini menawarkan banyak kelebihan yang tidak bisa kamu temukan di wearable di rentang harga yang sama.

Bahkan dengan kisaran harga 500 ribu itu, untuk merek terkemuka kita biasanya hanya mendapatkan smartband saja. Jadi bukan muluk-muluk jika Gizmin menobatkan OASE Horizon W1 sebagai smartwatch yang kompetitif di kelasnya saat ini. Hal ini jika dilihat lebih jauh bukan cuma dari harga, tapi juga fitur yang dibawanya.

Bagi yang masih belum familiar, OASE masih dalam satu keluarga dengan OPPO Indonesia. Jika memerhatikan, keduanya memang kerap bekerja sama. Di mana beberapa bonus smart bracelet pembelian OPPO umumnya merek OASE. Begitupun ketika mengunjungi OPPO Store, banyak aksesori merek OASE yang dijual di sana. Meski demikian, keduanya menjalankan operasi usahanya sendiri-sendiri.

Nah, seperti apa sih kualitas yang ditawarkan dari jam pintar besutan OASE ini? Simak ulasan lengkap n OASE Horizon W1 berikut ini.

Desain Minimalis dengan Bobot Ringan

OASE Horizon W1Jika dilihat secara kasat mata OASE Horizon W1 bak smartwatch dengan material logam yang kokoh. Padahal smartwatch ini menggunakan material zinc alloy yang terbantukan dengan aksen warna hitam berlapiskan finishing doff yang membuatnya seperti logam.

Material ini membuat OASE Horizon W1 sangat ringan, bahkan rasanya seperti mengenakan smartband dibandingkan smartwatch. Selain bodinya tidak terlalu tebal, dengan bobotnya yang hanya 48 gram sangat membantu Gizmin bergerak ketika berolahraga.

Mengusung desain circular display alias bulat, tampilan smartwatch ini terkesan konvensional. Namun balutan warna hitam dan desainnya yang minimalis tetap menampilkan kesan sporty.

Oke, sembari membaca review ini sampai selesai, kamu bisa menonton video live unboxing OASE Horizon W1 berikut ini. Jangan lupa subscribe channel Youtube Gizmologi ya.

Desain seperti ini memang terbilang paling aman dari sisi gaya, karena bersifat versatile, bisa masuk ke dalam segala momen. Jadi kamu tidak perlu mengganti-ganti jam tangan untuk banyak kegiatan, mulai dari bekerja, party, hingga berolahraga.

Untuk navigasi, OASE Horizon W1 memiliki 2 tombil di sisi kanan layar. Tombol bagian atas untuk mengaktifkan atau mematikan layar, serta pilihan untuk kembali ke layar utama yang menampilkan dial (penunjuk waktu). Sedangkan untuk tombol di bawahnya lebih difungsikan untuk memilih fitur yang tersedia.

Pada bagian caseback, terdapat sensor-sensor seperti smartwatch pada umumnya yang digunakan untuk mendeteksi detak jantung dan mendukung fitur kebugaran lainnya. Di bagian bawah sensor, terdapat dua pin tembaga yang merupakan slot untuk mengisi ulang baterai.

OASE Horizon W1 home

Untuk strapnya, OASE Horizon W1 mengusung material silikon TPU yang bisa dilepas dengan lebar 20mm. Memang terbilang nyaman di pergelangan tangan, hanya saja material ini membuat stap terlihat mudah kotor karena menyebabkan beberapa partikel halus menempel pada permukaannya.

Sangat disayangkan, buckle atau pengait pada strap yang berwarna perak terlihat murahan. Jadi seperti menghancurkan kesan mahal yang terbangun dari seluruh sisi desainnya.

Kabarnya, OASE akan memberikan pilihan strap yang akan dijual terpisah. Tentu saja ini membawa kabar gembira bagi pengguna yang ingin mencoba-coba gaya lain, terutama jika ingin menganti strap bawaan yang buckle-nya terlihat murahan.

Layar Responsif

OASE Horizon W1 tampilan

Selama penggunaan, Gizmin merasa tidak ada kekurangan terhadap respon dari layar OASE Horizon W1 ketika menyapukan jari untuk navigasi. Semua terasa lancar-lancar saja, terkecuali ketika jari basah oleh keringat.

Dengan ukuran layar 1,28 inci semua menu bisa terlihat jelas, begitu juga ketika dial dalam kondisi standby. Resolusi layar 240 piksel memang bukan bagian terbaiknya, tapi tidak mengurangi fungsi.

Layar OASE Horizon W1 diklaim mengusung LCD tempered glass, namun mengenai kekuatannya sendiri kurang diketahui. Jika untuk pemakaian normal, seharusnya aman-aman saja seperti menggunakan jam tangan pada umumnya.

Ketika fitur tahan air menjadi sesuatu yang wajib di sebuah smartwatch, OASE Horizon W1 telah bersertifikasi IP67 yang memungkinkan diajak berenang di kedalaman 1 meter dengan jangka waktu tertentu.

Sinkronisasi Mudah

Sebagai penambah kepintaran, tentu saja OASE Horizon W1 membutuhkan aplikasi Glofy Fit yang terinstal di smartphone. Untuk menghubungkan keduanya, cukup aktifkan fitur Bluetooth pada smartphone.

Setelah terhubung, Gizmin bisa dengan mudah melakukan banyak hal. Mulai dari mengganti tampilan wajah dengan Watch Face hingga sinkronisasi dengan beberapa fitur yang dimiliki pada OASE Horizon W1, seperti pendeteksi detak jantung, berapa kalori yang terbakar, hingga pengaturan lainnya.

Yang disayangkan, meskipun diklaim memiliki 24 jenis mode olahraga, OASE Horizon W1 tidak memiliki mode untuk latihan gym atau angkat beban. Mode olahraga yang tersedia sepertinya hanya untuk olahraga kardio yang bergerak cepat atau berpindah tempat, seperti lari, sepeda, bulu tangkis, basket voli, hingga berenang.

OASE Horizon W1
Keterangan pace tidak ditampilkan pada perangkat OASE Horizon W1.

Untuk mode olahraga lari, ada hal yang Gizmin sayangkan. Pada display OASE Horizon W1 tidak bisa mengukur pace, hanya menampilkan jarak, waktu, dan kalori yang terbakar. Padahal fitur ini ditampilkan di aplikasi Glory Fit.

Memang disayangkan, mengingat bagi seorang pelari, pace merupakan salah satu acuan yang penting untuk kecepatan berlari dalam jarak tertentu, terutama bagi pelari profesional yang ingin melakukan interval run. Absennya fitur ini tampaknya seperti kesalahan yang fatal yang dimiliki sebuah perangkat smartwatch yang notabene adalah fitness tracker.

Mampu Mengukur Suhu Tubuh

Meskipun begitu, OASE Horizon W1 memiliki keunggulan yang tidak dimiliki smartwatch kebanyakan, terutama untuk di rentang harga yang sama. Tak lain dan tak bukan adalah kemampuan mengukur suhu tubuh secara real-time.

OASE Horizon W1
OASE Horizon W1

Di tengah pandemi COVID-19, tentu saja fitur ini menjadi sangat penting. Meskipun Gizmin tidak harus setiap waktu mengecek suhu tubuh.

Untuk menggunakan fitur ini, Gizmin hanya cukup swipe layar ke kanan di tampilan awal. Tunggu sebentar, sekitar 10 detik hasil pengukuran suhu langsung bisa ditampilkan.

OASE Horizon W1 oximeter
Fitur pengukur tingkat saturasi oksigen dalam darah.

Selain itu, fitur unik lainnya adalah fungsi oxymeter, di mana sangat penting selama pandemi COVID-19, karena konon tingkat saturasi oksigen dalam darah bisa menentukan seseorang terpapar virus tersebut atau tidak.

Dari sumber yang Gizmin ketahui, infeksi COVID-19 bisa mengakibatkan happy hipoxia yang bisa menyebabkan orang sesak napas dan kehilangan kesadaran karena kekurangan oksigen. Tingkat saturasi oksigen normal biasanya berada di atas angka 95%.

Nah, dengan adanya fitur ini, tentu saja OASE Horizon W1 seperti “menebus” kekurangan yang ada pada mode olahraganya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu membeli perangkat oxymeter yang harganya saat ini tengah naik.

Baterai Tahan Lama

OASE Horizon W1 berjalan dengan daya baterai berkapasitas 160 mAh, selain chipset RealTek RTL8762CK sebagai otaknya. Ketika posisi standby, baterai bisa bertahan hingga seminggu dalam satu pengisian saja.

Hanya saja, entah kenapa ketika fitur olahraganya digunakan, baterainya bisa terkuras banyak. Berbeda dengan beberapa smartwatch yang Gizmin coba, di mana perbedaanya tidak terlalu signifikan antara posisi standby maupun digunakan berolahraga.

Untungnya, dalam hal pengisian baterai OASE Horizon W1 tidak memakan waktu lama. Cukup tempelkan charger magnetic-nya pada dua pin tembaga yang ada di caseback, baterai akan penuh hanya dalam waktu 2 jam saja.

Kesimpulan

OASE Horizon W1

OASE Horizon W1 tentu merupakan smartwatch yang kompetitif, bukan cuma dari harga, tetapi juga desain dan fitur yang dimilikinya. Terutama fitur pengecekan suhu tubuh dan saturasi oksigen yang sepertinya merupakan kebutuhan yang terbilang penting di masa pandemi seperti ini.

Meskipun pendatang baru di jagat wearable, OASE menjamin perangkat ini memiliki layanan purna jual yang baik, di mana untuk segala kerusakan atau masalah bisa diperbaiki di jaringan service center yang dimiliki OPPO smartphone.

Spesifikasi OASE Horizon W1

Model: OASE Horizon WS-S1
Nama Aplikasi: Glory Fit
Warna: Hitam
Strap: Silicon TPU
Chipset: RT L8762CK
Tampilan Layar: LCD Tempered Glass
Resolusi Layar: 240 px
Ukuran Layar: 1,28 inch
Kapasitas Baterai: 160 mAh
Daya Arus Charging: 5V
Versi Bluetooth: 5.0 Waterproof
Level: IP67 (mampu masuk ke air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.)
Waktu Pengisian Daya: 2 jam
Durasi Pemakaian: 7 hari Durasi Standby: 15 hari Phone System: Android 4.4 Above/ iOS 8.0 Above Suitable for Any Kinds of Sports Activities
Harga resmi: Rp699.000
Harga promo: Rp539.000.
Cek harga OASE di official store
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.