Review realme Watch 2 Series: Fitur Lengkap, Cocok untuk Anak Muda

Tidak hanya smartphone, jenis perangkat wearables kini diminati masyarakat dalam menemani aktivitas keseharian mereka. Aksesori pintar tersebut mampu berikan fungsi-fungsi tambahan dengan beragam tujuan, mulai dari pemantau kesehatan, olahraga, hingga aksesori fesyen. Penuhi kebutuhan anak muda, realme Watch 2 Series hadir di Indonesia dengan harga terjangkau.

Ya, berbeda dari generasi-generasi yang sudah diluncurkan sebelumnya, realme Indonesia memutuskan untuk hadirkan realme Watch 2 & realme Watch 2 Pro dalam waktu bersamaan. Keduanya memiliki beberapa spesifikasi yang identik, termasuk tampilan bodi serta layarnya. Hadir dalam segmen harga berbeda, tentunya agar lebih banyak masyarakat bisa menjangkau AIoT terbaru realme.

Karena memiliki cukup banyak kesamaan, kali ini saya akan mencoba untuk mengulas sekaligus membandingkan kedua produk smartwatch terbaru realme Watch 2 Series. Supaya Gizmo friends tak perlu bingung ketika kelak sedang memutuskan untuk membeli salah satunya.

Desain

realme Watch 2

Cenderung kotak dengan sudut membulat. Bahasa desain dari realme Watch 2 Series dibuat serupa, dan memang nampak seperti smartwatch kekinian. Menurut saya desain seperti ini tergolong versatile; bisa dipakai untuk mode gaya kasual sampai formal sekalipun. Paling tinggal ganti strap-nya aja, di mana keduanya gunakan lebar 22mm yang removable.

Kalau realme Watch 2 punya warna bodi yang sepenuhnya hitam, varian Pro miliki bezel berwarna abu-abu dengan desain strap yang terlihat lebih terintegrasi dengan bagian bodinya. Juga sama-sama memiliki lengkung kaca 2.5D di sisi depan, namun yang lebih premium hadir dengan lapisan tambahan, membuatnya lebih tahan gores dan bekas sidik jari.

Baca juga: Review realme 8 5G: Kombinasi Fitur Komplit & Performa Kencang

realme Watch 2
Lengkungan kaca 2.5D membuat realme Watch 2 Series terlihat premium.

Sama-sama ringan dan nyaman di tangan (38 gram varian biasa & 40 gram varian Pro), berkat material strap yang tetap presisi dan tidak gatal meski sedang berkeringat. Dan kalau dilihat lebih dekat, ada teks “Dare to Leap” pada bagian strap atas, hadir sebagai penyemangat ketika tiap kali mengangkat pergelangan tangan untuk melihat layar. Nice touch.

Punya ketebalan kurang dari 13mm, duo smartwatch canggih ini hanya dilengkapi dengan satu tombol di sisi kanan bodinya, berfungsi sebagai tombol back. Sementara di baliknya terdapat sensor yang diperlukan untuk pantau aktivitas serta kesehatan, plus pin khusus untuk pengisian daya magnetik. Tak ketinggalan, sertifikasi IP68 untuk ketahanan air dan debu yang tinggi di kelasnya.

Layar

realme Watch 2

Keduanya sama-sama memiliki layar sentuh berwarna beresolusi tinggi. Faktor terakhir cukup penting, untuk tampilkan watch face lebih indah plus teks yang jelas ketika sedang membaca notifikasi. Untuk realme Watch 2, dimensinya sendiri cukup besar di 1,4 inci, dengan kecerahan maksimum 600 nits yang sangat cukup untuk penggunaan luar ruangan. Sayangnya, tingkat kecerahan masih harus diatur manual.

Bernavigasi cukup mudah dengan tampilan antarmuka relatif simpel. Tampilan watch face-nya pun kini lebih menarik, dilengkapi pilihan animasi sehingga terlihat lebih premium. Ingin menggantinya? Cukup sentuh dan tahan, atau akses aplikasi di smartphone untuk 100 lebih opsi lainnya.

realme Watch 2
Layar realme Watch 2 Pro punya kualitas lebih baik.

Lain lagi dengan realme Watch 2 Pro yang punya layar jauh lebih besar, mencapai 1,7 inci. Tapi tenang, bodinya tetap kompak berkat bezelnya yang dibuat lebih tipis. Otomatis lebih memanjakan mata, ditambah lagi dengan jaminan refresh rate 30Hz supaya pergerakan atau transisi saat menggeser masuk ke menu terlihat lebih halus.

Keduanya sama-sama belum memiliki fitur always-on display. Tidak begitu masalah bagi saya pribadi, karena bagian-bagian penting seperti responsivitas fitur raise-to-wake serta input sentuh berfungsi optimal.

Fitur

realme Watch 2
Fitur pendeteksi SpO2 pada realme Watch 2 Series bekerja cukup cepat.

Fitur apa saja yang bisa Gizmo friends pikirkan ada di smartwatch mainstream masa kini, ada di realme Watch 2 Series. Fungsinya sebagai asisten kesehatan pribadi memang sangat lengkap, mulai dari pengukur kualitas tidur, jumlah langkah, aktivitas denyut jantung sepanjang hari. Sampai SpO2 monitoring yang bisa digunakan untuk mendeteksi gejala dini COVID-19.

Tingkat akurasinya diklaim sudah mendekati alat medis, meski realme selalu ingatkan penggunanya untuk tidak menggunakan hasil pengukuran sebagai catatan rekam medis resmi. Bagaimana dengan mode olahraganya? Tak hanya 5 atau 10, melainkan ada 90 jenis olahraga yang bisa kamu pilih. Mulai dari yoga, panahan, pilates, balet dan lainnya. Belum termasuk berenang, ya.

realme Watch 2
Tampilan notifikasi di realme Watch 2.

Memberikan nilai tambah, realme Watch 2 Pro dilengkapi juga dengan dual-satellite GPS secara built-in. Artinya, kamu bisa menggunakan perangkat ini untuk merekam rute lari maupun aktivitas sejenis lainnya tanpa perlu membawa smartphone sekalipun, karena bisa mencatatnya secara langsung dari sensor yang ada. Akurasinya sendiri sudah cukup baik di lokasi di mana tak banyak gedung tinggi.

Dan bagi anak muda yang mungkin punya kesibukan penuh, fitur pengingat pada masing-masing perangkat juga bisa dimanfaatkan. Mulai dari pengingat bergerak, minum secara rutin sampai jadwal meditasi. Semuanya bisa diatur secara mudah lewat aplikasi realme Link, yang terus diperbarui tampilannya.

realme Watch 2
Tampilan notifikasi di realme Watch 2 Pro.

Masih terkait tampilan, saya hanya berharap nantinya ada pembaruan khusus untuk mengganti opsi ukuran font pada realme Watch 2 Pro. Layarnya yang besar membuat teks notifikasi yang ditampilkan besar pula. Akan lebih baik bila ada opsi untuk kecilkan bagian ini, supaya pesan terlihat lebih utuh tanpa harus banyak scrolling.

Konektivitas

realme Watch 2 - realme Link
Tampilan aplikasi realme Link.

realme Watch 2 Series dapat tersambung ke smartwatch Android maupun iOS lewat konektivitas Bluetooth 5.0 dan aplikasi realme Link—ya, sekarang sudah tersedia di Apple App Store, meski dalam pemantauan saya fitur di dalamnya belum selengkap versi iOS. Setidaknya sudah ada, dan bisa tampilkan notifikasi dengan lancar. Urusan fitur pasti bakal terus dilengkapi di masa mendatang.

Saat proses pairing, saya cukup kaget karena tidak menemukan opsi keduanya di daftar perangkat—lagi-lagi, mungkin karena masih baru. Tapi tenang, kamu hanya perlu lakukan scan QR code dari tampilan jam, dan smartwatch akan tersambung secara instan. Setelah tersambung, tak pernah sekalipun notifikasi datang terlambat ke layar realme Watch 2.

Performa keduanya juga sudah sangat oke. Walaupun hanya varian Pro saja yang punya refresh rate tinggi, realme Watch 2 standar pun punya performa gegas ketika akses aplikasi dan cek notifikasi. Kecuali saat ganti watch face, ya, butuh loading sedikit lebih lama. Pengendalian musik, kamera serta fitur Find My Phone juga berfungsi sebagaimana mestinya saat dibutuhkan.

Baterai

realme Watch 2

Fitur lengkap, tampilan layar beresolusi tinggi, lantas bagaimana dengan daya tahan baterainya? Tak perlu khawatir, karena realme Watch 2 & Watch 2 Pro punya klaim cukup baik, masing-masing 12 & 14 hari penggunaan. Tentu saja bakal bergantung kepada penggunaan masing-masing. Selama menggunakan realme Watch 2 Pro, baterai berkurang sekitar 25% untuk tiga hari penggunaan.

Persentase tersebut sudah dengan mengaktifkan fitur monitor denyut jantung aktif sepanjang hari, plus notifikasi yang masuk cukup banyak—semakin sering perangkat bergetar, makin boros daya pula tentunya. Bakal lebih irit bila disesuaikan, dan juga bakal turun kalau gunakan GPS terlalu lama. Sementara pengisian dayanya cukup praktis, cukup lewat mekanisme magnetik pada bodi belakangnya.

Kesimpulan

realme Watch 2

Ditujukan sebagai smartwatch entry-level, realme Watch 2 Series berikan banyak sekali fitur dalam sebuah paket yang simpel nan stylish. Watch face yang bisa dikustomisasi, pilihan live wallpaper, desain kaca 2.5D yang terlihat seamless, plus kemampuannya untuk mendeteksi 90 jenis olahraga.

Kalau yang standar saja sudah bagus, realme Watch 2 Pro punya beragam nilai tambah lain seperti layar yang lebih besar dan smooth, baterai lebih awet, plus built-in GPS yang memudahkan aktivitas olahraga luar ruangan. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan, karena masing-masing tentu unggul dalam segmen harganya masing-masing. Layak untuk jadi pilihan target utamanya yaitu anak muda.

[rwp_box id=”0″]

Spesifikasi realme Watch 2

Layar 1.4″ 320 x 320 Touchscreen, 323 PPI
Warna Hitam
Ukuran 12.2 (H) x 35.7 (W) x 257.6 (L) mm, lebar strap 22mm
Berat 38g (dengan strap)
Ketahanan IP68
Konektivitas Bluetooth 5, realme Link app (Android 5.0+, iOS 9.0+)
Sensor 3-axis accelerometer, heart rate sensor, SpO2 sensor
Baterai 315mAh, 12 hari pemakaian (7 hari dengan heart rate sensor aktif)
Mode olahraga Jalan-jalan di Luar ruangan, Jalan-jalan di Dalam Ruangan, Lari di Luar Ruangan, Lari di Dalam Ruangan, Bersepeda di Luar Ruangan, Bersepeda Dinamis, Hiking, Kriket, Yoga, Dayung, Latihan Kekuatan, Basket, Mesin Eliptikal, Latihan Bebas, dan 90 Mode Olahraga lainnya (Pembaruan OTA dibutuhkan untuk mode olahraga lainnya)
Monitor kesehatan 24-jam Monitor Detak Jantung, Monitor Tidur, Kadar Oksigen Darah, Pengingat Berdiri, Pengingat Minum, Pengingat Detak Jantung Tinggi/Rendah
Harga Rp649.000 (flash sale Rp599.000)

Spesifikasi realme Watch 2 Pro

Layar 1.75″ 320 x 385 Touchscreen, 326 PPI, anti-fingerprint coating
Warna Hitam, Silver
Ukuran 12.65 (H) x 38.9 (W) x 255.2 (L) mm, lebar strap 22mm
Berat 40g (dengan strap)
Ketahanan IP68
Konektivitas Bluetooth 5, realme Link app (Android 5.0+, iOS 9.0+)
Sensor 3-axis accelerometer, heart rate sensor, SpO2 sensor
Baterai 390mAh, 14 hari pemakaian
Mode olahraga Jalan-jalan di Luar ruangan, Jalan-jalan di Dalam Ruangan, Lari di Luar Ruangan, Lari di Dalam Ruangan, Bersepeda di Luar Ruangan, Bersepeda Dinamis, Hiking, Kriket, Badminton, Lompat Tali. Yoga, Dayung, Latihan Kekuatan, Basket, Mesin Eliptikal, Latihan Bebas, dan 90 Mode Olahraga lainnya (Pembaruan OTA dibutuhkan untuk mode olahraga lainnya)
Monitor kesehatan 24-jam Monitor Detak Jantung, Monitor Tidur, Kadar Oksigen Darah, Pengingat Berdiri, Pengingat Minum, Pengingat Detak Jantung Tinggi/Rendah, Penghitung Langkah, Kalori, Jarak, Rekaman Aktivitas
Harga Rp899.000 (flash sale Rp799.000)

Cek harga realme Watch 2 Series di Shopee:

realme Watch 2 realme Watch 2 Pro


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan realme Indonesia

Tinggalkan komen