Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review OPPO A5 2020: Ponsel Terjangkau Kaya Fitur

2 45.525

Meski produsen smartphone global lebih banyak menonjolkan ponsel flagship karena menyuguhkan aneka fitur yang melimpah, sejatinya sang penyelamat itu ponsel low-end. Mengapa? Karena di segmen inilah yang volume penjualannya paling besar dari semua merek ponsel Android, tak terkecuali OPPO. Sehingga mereka tetap menjaga segmen ini dengan produk baru, seperti OPPO A5 2020.

Smartphone OPPO A5 2020 menjadi pelengkap kehadiran seri A yang dirilis menjelang akhir 2020. Ponsel kelas menengah milik Oppo ini memiliki performa yang tak kalah apik dari seri di atasnya, Oppo A9 2020 dengan harga lebih mahal. Meski begitu, ponsel ini memiliki harga yang jauh lebih murah.

Baca juga: Review OPPO A9 2020: Performa dan Kamera yang Makin Berkelas

So, tak perlu berpanjang lebar lagi. Sejauh mana ponsel ini pantas atau tidak untuk mengisi hari-hari kamu? Simak review OPPO A5 2020 selengkapnya berikut ini.

Desain

desain OPPO A5 2020OPPO A5 2020 memiliki kesan sama dengan OPPO A5 2020 saat pertama kali melihatnya. Tampilan muka ponsel ini memiliki desain poni pada layar berukuran 6, 5 inci yang disebut waterdrop khas Oppo, berkat lekukan garis di sekitar kamera depannya. Bila diperhatikan, lekukannya dieksekusi lebih baik dibanding ponsel Oppo terdahulu.

Pada cover ponsel menggunakan material plastik glossy, yang bisa dipakai becermin. Karena memang warna unit yang kami uji, bernama mirror black. Selainnya adalah warna dazzling white. Tidak ada potongan garis diagonal atau efek gradasi di sana. Namun itu yang membuat Oppo A5 2020 ini justru terlihat lebih sederhana sekaligus elegan.

Konsep desain penempatan kamera belakang sama seperti Oppo A9 (2020).  Empat kamera ditaruh pada bagian tengah berjejer vertikal. Sementara satu kamera fungsi depth sensor dibuat terpisah bersama lampu flash. Dan di bawahnya terdapat sensor sidik jari. Kamera ponsel dikeliling bezel chrome dan lensannya agak menjorok keluar. Buat saya, hal itu agak mengganggu tampilan secara keseluruhan.

Hal menarik ada di bagian tombol fungsi untuk power / stand by ponsel ini. Ada goresan warna hijau terang yang berpendar saat terkena cahaya. Tidak ditempat gelap, karena sifatnya tidaklah limunous. Sementara tombol lain adalah fungsi volume yang berurutan dengan slot kartu SIM dan micro SD pada sisi kiri.

Desain pada sisi atas clean. Karena seluruh port terletak pada sisi bawah ponsel. Ada port audio 3.5 mm, port USB type C 2.0, microphone, serta speaker yang sudah stereo. Sisi-sisi bermaterial alumunium juga membuat kesan kokoh saat ponsel ini digenggam.

Secara keseluruhan desain pada Oppo A5 2020 memang tidak berbeda dengan Oppo A9 2020. Frasa “Designed for A-Series” dapat kita temukan di bagian cover. Menunjukkan bahwa Oppo memang membuat desain yang sama untuk seluruh seri A mereka. Perbedaan memang ditemukan pada spesifikasi di dalam ponsel.

Display

OPPO A5 2020Seperti sudah disebutkan di atas, bahwa Oppo A5 2020 memiliki layar 6, 5 inci, 16 juta warna. Layarnya menggunakan teknologi IPS kapasitif layar sentuh. Keseluruhan layar ini memiliki rasio 89% screentobody. Rasio yang relatif umum ditemui pada ponsel-ponsel kelas menengah. Ukuran layarnya sendiri terkadang membuat kesulitan menjangkau sudut-sudut jauh saat digenggam.

Resolusi layar ponsel ini ada di angka 720 x 1600 piksel. Tidak sampai Full HD memang, namun sajian visual tetap terasa nyaman di mata, kok. Dengan kedalaman warna 270 ppi, sama seperti milik Oppo A9 (2020). Sebenarnya cukup untuk menikmati sajian gambar atau hasil foto dari kamera.

Terakhir dari bagian display, yang sudah umum diketahui tapi tak salah ditegaskan kembali. Oppo A5 (2020) menggunakan kualitas corning gorilla glass 3+. Kemampuan kaca pada layar ponsel untuk menahan benturan maupun goresan. Walau pada paket penjualan ponsel, kamu bisa langsung mendapati anti gore terpasang sejak dalam kardus kemasan. Lumayan.

Kamera

OPPO A5 2020Selesai bicara tentang desain apik dan layar menarik. Kini saatnya beralih pada salah satu jualan utama dalam Oppo A5 (2020). Inilah dia sektor kamera yang mengusung lima lensa secara keseluruhan. Quad-camera pada bagian belakang memang menjadi tren menarik belakangan ini. Setiap lensa memang bisa difungsikan sesuai kebutuhan foto.

Kamera menjadi sedikit perbedaan yang bisa ditemui antara Oppo A5 (2020) dan Oppo A9 (2020). Tentu saja kapasitas resolusi lebih kecil terdapat pada seri ini. Lumrah mengingat harganya jauh berada di bawah dengan rentang sekitar Rp 1 juta.

Lensa kamera utama di bagian belakang memiliki kualitas 12 mega piksel, bukaan f/1.8. Fitur wide menjadi fungsi utama dari kamera ini. Dilengkapi dengan fitur PDAF (Phase Detection Auto Focus), membuat hasil foto jadi fokus. Daya lensa tangkap objek utama bisa berbeda dengan latar belakang. Sehingga fungsi bokeh sederhana bisa langsung tersaji.

Kemampuan sensor cahaya menjadi fitur lain yang menarik dari kamera utama Oppo A5 (2020). Sayangnya, dalam pandangan saya, ketika memfoto di luar ruang terkadang hasilnya terlalu terang. Membuat hasil foto jadi kurang fokus dan tidak terlalu detail. Namun, hasil lebih apik bisa dirasakan pada foto malam hari dengan mengaktifkan mode night. Membuat sensor cahayanya bekerja lebih tepat guna.

Fungsi lain adalah lensa ultra wide. Oppo A5 2020 memberikan hasil tangkap gambar lebih luas meski pada ruang sempit dengan sudut mencapai 119°. Lebih luas dibandingkan kebanyakan lensa serupa dengan sudut hanya mencapai 112° saja. Hasilnya adalah sebuah produk fotografi yang lebih presisi dan mampu menangkap keseluruhan objek yang diinginkan.

Sisanya adalah dua buah lensa kamera berukuran 2 mega piksel untuk fungsi makro dan bokeh. Bisa jadi orang menyebut keduanya sebagai gimmick. Namun bagi yang senang berkreasi foto, maka lensa-lensa tersebut bisa memperluas cakupan gaya fotografinya. Namun memang tren bokeh kini mulai berganti dengan tren foto malam hari.

Bagaimana dengan kamera depan? Bagian ini diisi dengan sebuah lensa berukuran 8 mega piksel. Kemampuan lensa yang tak seberapa banyak dibantu teknologi AI untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Termasuk mode beauty otomatis, sehingga wajah jadi terlihat makin cantik. Hehe

Fungsi video menjadi hal lain yang tak kalah menarik. Kemampuan rekam lewat kamera belakang mampu mencapai tingkat resolusi 4K @30 fps, dengan opsi di tingkat 1080p @ 30fps , dan 720p @30 fps. Pilihan resolusi akan berdampak pada penggunaan memori dan baterai  saat merekam.

Dalam merekam video, Oppo A5 2020 sudah dilengkapi dengan Electronic Image Stabilization (EIS) dan fitur gyroscope. Fitur-fitur tersebut membatu hasil rekam video lebih stabil meski merekam dalam keadaan berjalan, berlari atau berkendara.

Banyak fitur penunjang melimpah membuat aktivitas berfoto atau merekam gambar bergerak jadi lebih seru. Panorama, dazzle, HDR, night mode, time-lapse sampai slow motion bisa dipilih untuk variasi beragam aktivitas. Dengan harga 2 jutaan, apa yang ditawarkan kamera Oppo A5 (2020) terhitung sangat baik.

Jika perlu ada alasan untuk melirik Oppo A5 (2020), maka sektor kamera bisa jadi alasan terdepan. Apa yang kurang dari kamera ponsel ini tak menutupi banyak kelebihannya. Apalagi kekurangan dan kelebihan dalam sebuah produk adalah keniscayaan.

Fitur Lain

Dari banyak fitur di kamera maupun performa. Ada fitur tambahan lain yang tidak kalah menarik, yakni speaker audio Oppo A5 (2020). Oppo ternyata sudah menjejalkan teknologi Dolby Atmos ke dalam ponsel ini. Hasilnya adalah kualitas suara yang terdengar bulat keluar dari speaker kecil ponsel.

Jangan lupakan juga antarmuka Color OS 6.0 berbasis Android 9.0 (Pie) yang menunjang kemampuan operasional ponsel ini. Saya merasakan Color OS merupakan salah satu sistem terbaik yang ada di pasaran, selain MIUI dari Xiaomi dan One UI dari Samsung. Berdasarkan dari kemudahan menjalankan ponsel ini dan peralihan antar menunya.

Dan fitur keamanan pada Oppo A5 (2020) jadi penutup ulasan ini. Kombinasi keamanan berlapis sudah bisa diaplikasikan pada ponsel ini, mulai dari pembaca wajah, sidik jari, sampai kunci berpola. Untuk memudahkan kamu dalam mengamankan data penting di dalam ponsel.

Ada beberapa fitur lain yang mungkin terlewat untuk disebutkan. Namun apa yang tertulis di atas rasanya sudah cukup menjadi highlight dari keberadaan Oppo A5 (2020).

Performa

Oppo A5 (2020) dibekali dengan chipset Snapdragon 665 dari Qualcomm. Dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 660, otak kerja ini diklaim menurunkan konsumsi daya hingga 20%. Pilihan chipset tersebut sama yang akan ditemukan pada Oppo A9 (2020).

Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Game Boost 2.0 untuk menunjang performa gaming menggunakan ponsel ini. Fitur Game Boost 2.0 sudah menggabungkan teknologi Frame Boost dan Touch Boost, menjadikan permainan jadi lebih smooth. Memainkan game yang sedang populer seperti Call of Duty: Mobile, maupun Player Unknown Battleground, jadi terasa lebih menyenangkan sih. Apalagi ukuran layarnya juga terhitung besar.

Nah, kebutuhan multitasking pada Oppo A5 (2020) didukung dua pilihan memori RAM. Oppo melepaskan versi RAM 3 GB dan 4 GB. Meski masih mencukupi, kapasitas 3 GB memang terasa ngepas untuk ukuran aplikasi saat ini. Sementara jika ingin lebih lega, kamu bisa memilih opsi RAM 4 GB. Perbedaan harganya memang lumayan, tapi bila kamu tak suka gonta-ganti ponsel secara cepat, pilihan terbaik ada di memori besarnya.

Perbedaan tak hanya untuk memori kerja. Memori simpan pun diberi dua pilihan berbeda, yakni 64 GB dan 128 GB. Buat saya, 64 GB bisa dibilang sudah lebih dari cukup. Jarang saya temui pengguna ponsel dengan memori 128 GB menghabiskan kapasitas memorinya. Apalagi ada tambahan slot kartu memori hingga 256 GB. Sudah sangat berlebih sekali.

Hasil pengujian lewat Antutu Benchmark, Geekbench, maupun 3D Mark memperlihatkan hasil yang relatif menengah saja. Memang sesuai dengan peruntukkan dari ponsel ini sendiri di mid-level. Hanya yang perlu diperhatikan bahwa hasil uji kerja tidak selalu memperlihatkan konsistensi ponsel dalam jangka panjang. Semua tergantung pemakaian dan kebiasaan dari si pengguna itu sendiri.

Terakhir adalah kapasitas baterai ponsel untuk menunjang performa Oppo A5 2020 secara keseluruhan. Dengan kapasitas 5000 mAh membuat ponsel ini mampu bertahan hingga lebih dari satu hari untuk pemakaian kasual. Dalam artian, sekadar berselancar di internet, komentar di sana dan di sini, lalu selesai. Sementara jika untuk gaming, kembali kepada jenis game itu sendiri.

Manfaat baterai besar selain untuk waktu hidup lebih lama, juga membuat ponsel ini bisa difungsikan sebagai power bank. Dengan teknologi reverse charging, kamu bisa mengisi baterai ponsel lain menggunakan Oppo A5 2020. Port USB-nya juga memiliki kemampuan transfer data on-the-go. Lengkap sudah.

OPPO A5 2020

Kesimpulan

Perbedaan mencolok dari Oppo A9 2020 dan Oppo A5 2020 terletak pada kapasitas kamera (48 MP) dan memori ponsel (RAM 8GB). Dan tentu saja perbedaan harga yang mencapai 1 jutaan. Selain itu, keduanya adalah ponsel yang sama. Mulai dari desain sampai sajian teknologi di dalamnya.

Maka jika kamu tidak terlalu mementingkan memori besar, maka Oppo A5 2020 dapat menjadi pilihan lebih baik. Harganya yang tak mencapai tiga juta rupiah – kurang seribu rupiah lagi, membuat ponsel ini layak masuk radar beli. Harga dan konfigurasi yang tertanam terlihat sudah pas.

Tertarik untuk memiliki OPPO A5 2020? Kamu bisa membelinya secara online di official store OPPO di Blibli.com

Spesifikasi OPPO A5 2020

Klik pada gambar untuk spesifikasi lengkap

General

  • Device Type
    Smartphone
  • Model / Series
    OPPO A5 2020
  • Released
    17 September, 2019
  • Status
    Available
  • Price
    Rp2.399.000 (3GB + 64GB); Rp2.799.000 (4GB+128GB)

Platform

  • Chipset
    Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU
    Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver
  • GPU
    Adreno 610
  • RAM (Memory)
    3/4 GB
  • Storage
    64/128GB, microSD
  • Operating System
    Android 9.0 (Pie)
  • User Interface
    ColorOS 6.1

Design

  • Dimensions
    163.6 x 75.4 x 9.1 mm
  • Weight
    195 g
  • Design Features
    Colors: Marine Green or Space Purple
  • Battery
    Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
    Powerbank Reverse CHarging

Network

  • Network Frequency
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
    3G bands HSDPA 850 / 900 / 2100
    4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
    Speed HSPA, LTE-A
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Data Speed
    HSPA, LTE-A

Display

  • Screen Type
    IPS LCD
  • Size and Resolution
    6.5” Waterdrop Screen, HD+
  • Touch Screen
    Yes
  • Features
    Sunlight Screen, Blue Shield

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Rear)
  • Rear
    12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.8", 1.25µm, PDAF 8 MP, 13mm (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm 2 MP, f/2.4, 1/5.0", 1.75µm 2 MP, f/2.4, 1/5.0", 1.75µm, depth sensor
  • Front
    8 MP, f/2.0
  • Flash
    Yes
  • Video

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    5.0, A2DP, LE
  • USB
    5.0, A2DP, LE
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    Yes
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    Yes

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    3,5mm jack

    24-bit/192kHz audio
    Dolby Atmos sound
    Active noise cancellation with dedicated mic
  • FM Radio
    Yes
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    Yes
  • Messaging
    Yes
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Other
    in the box:

    OPPO A9 2020*1

    Adapter*1

    Headset*1

    Micro USB Cable*1

    Important Info. Booklet with Warranty Card *1

    Quick Start Guide*1

    SIM Card Tool*1

    Protective Film, pre-applied *1

    Case*1
76%
Affordable

Review OPPO A5 2020

Oppo A5 2020 dapat menjadi pilihan lebih baik. Harganya yang tak mencapai tiga juta rupiah – kurang seribu rupiah lagi, membuat ponsel ini layak masuk radar beli. Harga dan konfigurasi yang tertanam terlihat sudah pas.

Beli
Beli OPPO A5 2020 - Blibli
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performa
  • Features