Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review OPPO Enco W51: Nyaman dengan Fitur ANC

0 3.049

Sepertinya pasar perangkat wearable jenis yang satu ini memang sedang ramai-ramainya ya. Sekarang, siapa coba yang tidak memiliki atau setidaknya menggunakan earphone berjenis true wireless stereo (TWS)? Karena kepraktisan penggunaan, serta harganya yang semakin murah seperti OPPO Enco W51.

Saat ini, memiliki earphone TWS dengan fitur premium seperti active noise cancellation (ANC) sudah tak lagi harus merogoh kocek dalam-dalam. Salah satu produsen smartphone yang mulai merilis banyak seri produk AIoT, OPPO, hadirkan solusi dengan merilis OPPO Enco W51. TWS baru mereka dengan fitur yang lengkap, dan harga yang tergolong murah.

Fitur ANC mungkin sangat diminati karena kemampuannya untuk meredam kebisingan suara atau noise dari luar, supaya para pelaku work from home bisa bekerja dengan lebih fokus dan tenang. Tapi tak hanya ANC, perangkat ini cukup berkualitas secara keseluruhan. Berikut adalah ulasan saya mengenai OPPO Enco W51.

Desain OPPO Enco W51

Case OPPO Enco W51

Tampil sedikit berbeda dari earphone TWS pada umumnya, desain charging case OPPO Enco W51 dibuat lebih kotak, dengan sudut-sudut yang tumpul. Cukup tipis, sehingga sangat nyaman ketika masuk ke saku kantong celana, tidak menyembul.

OPPO sendiri tidak mencantumkan dimensi fisik case-nya secara rinci, namun yang pasti, lebih tipis dari seluruh earphone TWS yang sudah pernah saya ulas. Bobot secara keseluruhan juga cukup ringan di 55,5 gram saja. Case-nya gunakan finishing glossy, dengan logo OPPO dan port USB-C di belakang.

OPPO Enco W51

Sementara mekanisme buka tutupnya sedikit flimsy atau kurang mantab. Namun ketika sudah terbuka, selain earbud, kita disambut dengan lampu indikator dan sebuah tombol untuk pairing. Saya apreasiasi kehadiran tombol ini, memudahkan proses ketika hendak pairing, tak perlu repot memutuskan koneksi dari smartphone.

Earbud-nya sendiri punya desain yang cukup atraktif, dengan aksen warna silver di bagian telinga atas, yang bisa refleksikan warna lain ketika terkena cahaya. Ringan, dan tidak mencolok atau terlalu besar. OPPO juga berikan tiga ekstra ukuran eartip, untuk tingkat presisi yang tinggi.

Fitur

Fitur OPPO Enco W51

Untuk membawa fitur noise reduction, OPPO Enco W51 mempunyai total enam mikrofon; alias tiga di masing-masing earbud. Dua mikrofon dimanfaatkan untuk mengaktifkan fitur ANC, sementara satu mikrofon tambahan bakal aktif untuk mengurangi noise ketika lakukan panggilan suara. Tidak ada aplikasi khusus untuk menyambungkan perangkat ini ke smartphone.

Caranya sendiri hanya dua; menyambungkannya secara manual lewat menu Bluetooth pada umumnya, atau dengan Quick pairing—buka tutup case di dekat smartphone OPPO yang mendukung, maka langsung muncul pop-up untuk tersambung secara langsung. Nah, absennya aplikasi khusus ini cukup disayangkan.

Karena dengan begitu, pengguna tidak bisa leluasa mengatur pintasan dari gestur sentuh pada earbud-nya. Ketika tersambung ke smartphone OPPO, Enco W51 bisa langsung update software hingga atur pintasan seperti ketuk dua kali untuk noise cancelling, atau tiga kali untuk memanggil Google Assistant. Opsi ini tentu tidak hadir ketika dipasangkan ke Android lain maupun iOS, sehingga harus ‘menerima’ pintasan default tersebut.

Untuk kualitas teleponnya, cukup memuaskan dan benar-benar mampu meredam keramaian suara luar. Penerima mampu mendengar suara saya dengan jelas, meski masih ada noise, masih natural. Sementara fitur ANC di OPPO Enco W51 juga cukup efektif ‘menyumbat’ suara luar (hingga 35dB). Akan lebih baik bila OPPO juga hadirkan fitur ambient sound, supaya pengguna bisa mendengar suara luar.

Pengoperasian

Earbud OPPO Enco W51,

Seperti yang sudah disinggung di atas, hanya ada empat opsi pintasan gestur yang bisa dipilih; double-tap dan triple-tap di kiri dan kanan earbud. Tidak ada opsi sekali tap untuk play/pause, dan pilihan opsi triple-tap juga hanya memanggil asisten Google atau nonaktif. Menyentuhnya pun perlu pembiasaan hingga benar-benar bisa ter-input.

Untuk kualitas sambungannya sendiri, baik ketika tersambung dengan iPhone maupun smartphone OPPO, terkadang suara bisa terputus sekitar satu detik, beberapa menit sekali. Nggak sering sih, cukup jarang. Dan ketika dipakai sambil melewati gedung-gedung tinggi, aman-aman saja. Semoga bisa diperbaiki lewat pembaruan software.

Dan kalau Gizmo friends memasangkan perangkat ini ke lebih dari satu perangkat, OPPO Enco W51 belum mendukung seamless connectivity. Alias jika sudah tersambung ke iPhone, bila ingin berpindah ke Android, koneksi dengan iPhone harus diputus terlebih dahulu, tidak bisa langsung disambungkan di Android lainnya. Atau cara lain dengan menekan tombol yang ada pada case-nya.

Baterai

Salah satu faktor penting penentu kecocokan earphone TWS adalah daya tahan baterainya. Klaim dari OPPO, Enco W51 bisa digunakan hingga 4 jam non-stop dalam sekali pemakaian, dan 3,5 jam dengan ANC. Sementara waktu penggunaan totalnya 24 jam (atau 20 jam dengan ANC).

Klaim tersebut bisa dibilang sesuai dengan pengalaman saya menggunakannya selama hampir satu minggu. Dengan penggunaan kasual sehari-hari, mendengarkan musik beberapa kali di jam kerja, dan penggunaan telepon, hanya perlu waktu 2-3 hari sekali untuk isi daya baterainya.

Mengisi daya baterai TWS terbaru OPPO ini sangat praktis. Selain lewat port USB-C, bisa diisi secara nirkabel dengan wireless charger berstandar Qi. Jadi kalau punya satu di rumah, tinggal diletakkan saja di atas charger, supaya baterai selalu terisi penuh. Hanya perlu waktu 80 menit untuk isi daya sampai penuh (dengan kabel, 2,5 jam secara nirkabel).

Kualitas Audio

OPPO Enco W51

OPPO melengkapi masing-masing earbud dengan driver berukuran 7mm. Bukan yang paling besar secara dimensi di kelasnya, namun keluaran suara yang dihasilkan cukup powerful dan berkualitas. Juga sudah mendukung codec AAC jika dipasangkan ke smartphone Android yang mendukung.

Keluaran suaranya bisa dibilang cukup netral, tidak ada bagian yang terlalu dominan baik vokal, treble dan bass. Jadi cocok untuk mendengarkan berbagai genre lagu dengan perangkat ini. Mulai dari Cintaku – Chrisye sampai Afterthought – Joji & BENEE. Suara vokal keduanya terdengar jelas, begitu pula dentuman bass pada latarnya. Dan kalau ingin ditingkatkan, perangkat ini kuat-kuat saja untuk berikan bass lebih powerful ketika ditingkatkan lewat equalizer.

Saya menguji pakai OPPO Enco W51 dengan menyambungkan ke tiga perangkat; Pixel 3, iPhone XR dan OPPO Reno4 F. Semuanya seimbang, padahal awalnya saya mengira bakal lebih enak di smartphone OPPO atau iPhone. Hanya saja volume di iPhone lebih kencang cukup signifikan ketimbang saat terpasang ke Reno4 F.

Kesimpulan

Kelengkapan OPPO Enco W51

Fiturnya lengkap, punya desain yang menarik (baik earbud maupun case), ditawarkan dalam harga yang cukup terjangkau. Cukup mudah untuk menyarankan OPPO Enco W51 sebagai earphone TWS pilihan harga Rp1 – 1,5 jutaan. Selain ANC, perangkat ini juga sudah mendukung pengisian daya nirkabel, sehingga pengguna tak perlu khawatir untuk lupa isi daya, selain karena daya tahan baterainya yang juga prima.

Beberapa kekurangan ada pada absennya aplikasi untuk smartphone selain OPPO agar bisa mengatur pintasan masing-masing earbud. Serta absennya fitur ambient sound yang cukup penting bagi mereka yang selalu mobile, menggunakan transportasi umum dan harus aware dengan pengumuman tertentu. Namun selain itu, OPPO Enco W51 cocok untuk dijadikan pilihan earphone TWS murah dengan ANC.

Spesifikasi OPPO Enco W51

Speaker: 7mm dynamic driver per earbud
Mic: Triple mics (2 outer, 1 inner), ANC support (sampai 32db)
Warna: Floral White, Starry Blue, Aqua Blue
Berat: 55 gram (total dengan case)
Charging port: USB-C, mendukung wireless charging
Baterai: 25 mAh (per earbud), 480 mAh (charging case)
Waktu Charge : 80 menit (lewat kabel), 2,5 jam (nirkabel)
Music playback: 4 jam (3 jam dengan ANC)
Total playback: 24 jam (20 jam dengan ANC)
Konektivitas: Bluetooth 5.0, mendukung codec SBC & AAC
Daya tahan: IP54 tahan cipratan air
Fitur: active noise cancellation, Google Assistant
Harga resmi: Rp1,299 juta

Cek harga produk OPPO di e-commerce:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK LAZADA JD.ID


Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia

86%
Stylish & lengkap

Review OPPO Enco W51

Punya desain case serta earbud yang stylish, ramping dan cukup berbeda dari lainnya, OPPO Enco W51 hadir sebagai alternatif yang terjangkau. Membawa fitur premium seperti ANC dan wireless charging.

  • Design
  • Audio
  • Features
  • Battery