Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review realme X: Kamera 48MP dan Selfie Pop-up Jadi Andalan

0 3.682

Sudah menonton film Spider-Man: Far from Home? Kalau belum, saya sarankan untuk segera menonton mumpung masih ada di layar bioskop. Film besutan Sony Pictures ini menandai berakhirnya fase ketiga dari linimasa kisah super hero di Marvel universe. Sekaligus menandai lahirnya smartphone terbaru realme X. Mengapa demikian?

Karena realme berkolaborasi dengan Sony Pictures dengan menghadirkan edisi khusus realme x Spider-Man: Far From Home. Kedua merek ini dianggap memiliki semangat yang sama. Realme mencitrakan sebagai merek smartphone untuk anak muda. Begitu pun dengan karakter Spider-Man yang anak muda banget.

Inilah yang kemudian menjadi inspirasi realme untuk menampilkan kampanye “Dare to Leap”. Produsen smartphone anyar yang belum setahun masuk Indonesia ini menyebut realme X mencerminkan filosofi “Dare-to-leap” atau berani melompat seperti yang menjadi kekuatan utama dari Spider-Man. Smartphone ini merupakan bentuk keberanian yang diciptakan dengan penuh inovasi.

Nah, penasaran kan seperti apa? Baiklah, mari kita kupas perangkat ini untuk mengetahui sejauh mana kehebatannya. Yuk, baca review realme X selengkapnya berikut ini.

Desain

Penampilan pertama begitu menggoda. Begitupun realme x yang tampil memesona dengan desainnya yang stylish dan kekinian. Ada dua pilihan warna yaitu space blue dan polar white. Pada unit yang saya coba, warnanya adalah space blue yang disebut terinspirasi dari ruang angkasa (space). Mungkin karena perpaduan warna biru di bagian bawah dan ungu di atas yang membentuk gradasi seperti efek langit aurora.

Di sisi lain, ponsel ini juga mengikuti bahasa desain realme 3 Pro yang menghasilkan Efek Light Grating berbentuk S dengan memanfaatkan pantulan cahaya dan pembiasan. Kelihatan keren dan membentuk karakter tersendiri di tengah model desain ponsel yang hampir semuanya mirip.

Baca juga: Review Realme 3 Pro: Smartphone Flagship Terjangkau untuk Anak Muda

Dalam hal material, realme X memakai bahan yang terlihat seperti kaca, tetapi sebenarnya adalah pelat komposit plastik optik 3D. Ini membuatnya bisa lebih tipis dengan sentuhan yang lebih baik, bobot yang lebih ringan, dan ketahanan yang lebih baik.

Penempatan tombol dan port nya ergonomis seperti ponsel Android pada umumnya. Khusus untuk tombol power diberi sentuhan aksen kuning untuk memberi karakter warna realme. Di bagian belakang, penempatan kamera yang di tengah pun terlihat simetris sehingga lebih enak dipandang.

Keseluruhan desain ini membuat penampilan realme 3 tidak hanya keren, tetapi juga unik. Bobotnya pun ringan sehingga sangat nyaman untuk digenggam. Tebalnya pun sanga tipis sehingga enak ketika dimasukkan ke dalam saku baju maupun celana.

Menenteng realme X bisa jadi meningkat kepercayaan diri. Karena terlihat keren. Di mana bagian depannya benar-benar full screen dengan kamera pop-up yang terkesan high-tech. Rakitan kamera pop-up yang menyembunyikan kamera, sensor cahaya, dan komponen lainnya di bawah layar menghadirkan kesan visual one-piece screen yang lebih baik. Biasanya kita hanya melihat konstruksi ini untuk model kelas atas, tetapi sekarang telah hadir di realme X yang lebih terjangkau bagi pengguna.

Layar & Antarmuka

Untuk pertama kalinya, realme mengadopsi konsep layar yang sepenuhnya full screen dengan bezel tipis. Tidak ada lagi poni atau notch yang mengganggu penampilan. Realme X menawarkan layar penuh 19,5: 9 dan rasio layar-ke-bodi super tinggi 91,2%. Ukuran layarnya sendiri adalah 6,53″ dengan resolusi Full HD+ dan dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

Teknologi pengeleman yang lebih tepat memastikan bahwa setiap dua sisi yang berdekatan terhubung oleh transisi melengkung, dan keempat sisi secara sempurna menyatu ke dalam layar; semua untuk menciptakan rasio screen-to-body yang lebih tinggi;

Tak kalah penting dalam hal layar adalah penggunaan tipe panelnya yang kali ini memakai Super AMOLED. Benar-benar meningkatkan pengalaman visual secara signifikan. Gambar terlihat lebih hidup dan terang. Mata ini seperti dimanjakan untuk melihat konten yang lebih sedap dipandang.

Bukan hanya layarnya yang kekinian, tetapi realme X juga mengadopsi sensor sidik jari kekinian. Tidak lagi di body bagian bagian belakang  atau di depan bagian bawah. Melainkan berada di dalam layar. Realme melakukan optimalisasi menyeluruh dari algoritma dan perangkat keras agar membuat pembukaan kunci sidik jari lebih aman dan lebih cepat (rata-rata 28,5%).

Fitur baru dari make-up lighting projection diperkenalkan untuk membuat tepi jari lebih cerah, sehingga meningkatkan kecepatan dan kecepatan pengenalan sidik jari. Hal menarik lainnya adalah tidak sekadar mengadopsi sidik jari di layar, namun realme memberikan sentuhan karakter animasi yang unik.

Realme X hadir dengan lima animasi efek khusus (energy beams, mirrored flower and moon, void field of power, radiant bright light, riding on the mists and clouds). Ini untuk memberikan kesan personal secara singkat ketika ponsel dihidupkan. Terbukti realme memperhatikan hal-hal kecil secara detail.

Kamera Pop-up

Realme X bukanlah ponsel pertama yang memakai konsep ini, tetapi sudah yang ke sekian. Sebelumnya, sudah ada OPPO dan Vivo yang merilis ponsel kamera pop-up di Indonesia. Bisa jadi, teknologi ini diadopsi dari OPPO yang merupakan “orang tua” dari realme. Karena kita bisa menemuinya persis seperti di OPPO F11 Pro. Tapi yang pasti, realme X adalah ponsel dengan kamera pop-up termurah yang ada di pasaran.

Meski murah, tapi bukan murahan ya. Karena rakitan kamera pop-up telah dirancang sedemikian rupa dengan menjaga kualitas. Berdasarkan hasil tes laboratorium internal, kamera depan pop-up realme X dapat bekerja lebih dari 200.000 siklus.

Itu artinya, kamera depan pop-up realme X bisa dipakai dalam waktu 10 tahun jika rata-rata dalam sehari mengambil 50 selfie. Tapi mungkinkan ponsel tersebut akan kamu pakai selama 10 tahun? Satu tahun lagi paling juga ganti, kan? Hehehe.

Bagaimana jika terjatuh? Kamera depan pop-up realme X menggunakan kaca safir yang lebih kokoh dan tahan aus. Slide realme X otomatis memasukkan kamera jika smartphone terjatuh atau kecelakaan lain saat penggunaan. Kamera depan realme X terdapat rakitan pegas di dalam struktur gesernya untuk memberikan perlindungan tambahan pada kamera, di samping fitur slide otomatis.

Selain itu, realme memasang beberapa sensor yang dapat mendeteksi saat jatuh atau kecelakaan lain pada ponsel. Ya semoga saja tidak sampai terjadi malfungsi pada sistem sensor motoriknya. Kalaupun ada kejadian seperti ini, seharusnya ter-cover oleh garansi.

Nah, bagaimana cara kerja kamera pop-up ini? Kamera depan realme X memiliki motor pendorong yang mengurangi gesekan saat pengangkatan menjadikan proses pengangkatan kamera depan hanya terjadi dalam 0,74 detik. Kamera depan terangkat terletak di bagian tengah, bukan di bagian salah satu sisi samping. Ini untuk menghindari kemungkinan deformasi gambar dan memastikan selfie yang lebih alami dan menarik.

Bagaimana dengan kualitasnya? Sayangnya mengalami penurunan kualitas resolusi dibanding realme 3 Pro. Kamera depan realme X memiliki sensor 16MP, aperture f/2.0, dan sensor gambar Sony IMX 471. Bandingkan dengan realme 3 Pro yang punya sensor 25 MP ukuran 1/2,8 inci, dan mendukung sintesis 4-in-1 piksel dengan ukuran piksel 1,8um.

Tapi jangan khawatir, karena resolusi bukan faktor utama kualitas foto, melainkan sensor dan software yang lebih penting. Apalagi lensa kamera pada ponsel ini punya teknologi built-in Quad Bayer four-in-one pixel binning yang meningkatkan satu pixel menjadi 2.0μm. Secara teknis, teknolgo tersebut untuk memastikan kualitas selfie yang bagus dalam pencahayaan rendah dan pemulihan warna kulit yang lebih baik dari gambar yang diambil pada malam hari. Secara umum, kualitas hasil foto kamera depan sudah cukup baik.

Hasil foto kamera depan

Selfie mode portrait

Kamera 48MP

Saya mulai takjub dengan kualitas hasil foto realme sejak seri realme 3 dan dilanjutkan realme 3 Pro yang meningkat cukup pesat. Cukup mengejutkan dengan ponsel harga Rp3 jutaan mendapat kualitas foto yang sedemikian bagusnya.

Kualitas tersebut kembali meningkat di realme X yang menggunakan kombinasi kamera utama 48MP (Sony IMX 586) dan kamera sekunder 5MP. Bandingkan dengan realme 3 Pro yang memakai kamera 16MP (Sony IMX519 1/2,6 inci) + kamera sekunder 5MP. Dari resolusi dan penggunaan sensornya saja sudah berbeda. Sehingga realme X tampak lebih menjanjikan.

Kamera utama memiliki sensor 1/2.0 inci dan aperture f/1.7 yang besar. Ponsel ini memiliki Quad-in-one pixel technology Quad (Binning Pixel) meningkatkan pixel tunggal menjadi 1,6um. Semua kombinasi memastikan keunggulan perangkat keras intrinsik yang solid untuk meningkatkan kekuatan identifikasi scene, toleransi, dan kinerja pencahayaan.

Kamera belakang realme X dibuat dengan menggunakan sensor Sony IMX586, memiliki piksel 48MP dan kekuatan identifikasi scene yang diklaim belum pernah ada sebelumnya. Gambar yang diambil dengan kamera ini lebih jelas dan memberikan lebih banyak ruang untuk crop dan editing.

Namun alangkah baiknya jika realme menambah pilihan rasio gambar. Karena yang tersedia hanya 4:3, 1:1, dan Full Screen. Padahal di ponsel kompetitor pilihan rasio gambarnya lebih banyak untuk menghasilkan foto lebih leluasa.

Sensor 1/2.0-inch, dikombinasikan dengan aperture f/1.7, secara alami memastikan umpan cahaya yang lebih tinggi dan kualitas gambar yang jauh lebih baik. Teknologi binning 4-in-1 piksel Quad Bayer membentuk piksel ukuran 1.6um dan memberikan kamera kinerja yang lebih baik dalam pencahayaan redup dan foto sensibilitas yang lebih tinggi.

Kombinasi ini mampu meningkatkan kualitas gambar yang diambil pada malam hari. Perangkat keras setingkat flagship, ditambah solusi penyetelan gambar eksklusif realme, mampu menghadirkan gambar pemandangan malam yang jelas dan mengembalikan warna sebenarnya. Dengan kinerja fotografi realme X yang sebanding dengan model dalam kisaran harga yang lebih tinggi, kita dapat dengan mudah mengambil gambar yang setara dengan yang diambil oleh fotografer profesional.

Kombinasi teknologi AI dan teknologi mesin multi-bingkai di realme X dapat mengurangi noise, anti-guncangan saat digenggam, highlight suppresion, dan peningkatan dynamic range. Saat memegang ponsel untuk mengambil gambar dalam mode kamera di malam hari, sistem akan mengembalikan gambar yang khas, cerah, dan berlapis dengan warna yang nyata dan hidup serta cita rasa berkualitas tinggi.

Dengan mengenali berbagai pemandangan malam yang berbeda, algoritma pemandangan malam yang paling cocok dipilih untuk mendapatkan gambar terbaik. Kualitas gambar portrait dalam pemandangan malam lebih dioptimalkan, dan guratan wajah yang tetap dijaga. Gambar portrait yang dihasilkan lebih cerah dan lebih alami dalam urusan warna kulit.

Realme X juga menyediakan mode super Chroma Boost yang ditingkatkan dari seri sebelumnya. Mesin AI memungkinkan perangkat mengenali data pemandangan dan gambar. Kemudian menggunakan model visual manusia yang unik untuk mengembalikan detail nyata, kecerahan dan warna di mata orang, dan mengolahnya dengan benar.

Dalam hal video, realme X menjadi smartphone pertama di kelasnya yang mendukung format 960fps/720P dan 120fps/1080P video slow-mo. Fitur edit video yang dibuat pada realme X memungkinkan untuk mengatur slow-mo & quick-mo, dan menambahkan filter, teks, dan soundtrack.

Prosesor Snapdragon 710 yang dibangun dengan Spectra 250 ISP dirancang untuk mendukung pengambilan gambar diam hingga 32MP dan pengambilan video hingga Ultra HD 4K. Fitur penting lainnya yang berbasis chipset Qualcomm ini adalah zero shutter lag, pemfilteran temporal kompensasi gerak, dan stabilisasi gambar elektronik yang dipercepat. Struktur APS yang baru mengoptimalkan proses algoritma dengan mengadopsi algoritma multi-thread dan dengan demikian memungkinkan pemotretan tunggal dan burst yang cepat.

Hasil Foto Kamera Belakang

Foto landscape dengan perbesaran standar mode chromaboost
Foto lanskap gedung dengan perbesaran 2 kali
Foto makanan
Foto makro pada diecast
Foto malam dengan mode Auto
Foto malam dengan mode Nightscape
Foto malam hari dengan mode Nightscape

Fitur

Realme X dilengkapi dengan sejumlah fitur mumpuni. Pada bagian antarmuka, didukung sistem Color OS 6.0 besutan OPPO yang menghadirkan tampilan lebih murni dan sederhana.  Ponsel ini memiliki Breeno Assistant yang bisa merespons dan mengeksekusi perintah suara. Dengan cara ini, ponsel bekerja lebih efisien dan dapat digunakan dalam lebih banyak skenario. Breeno Assistant menyatukan fungsi dan modul AI yang ada, termasuk Voice Assistant, AI Board, Smart Scan, Smart Touch, Smart Driving, dan sebagainya

Di bagian audio, terdapat Dolby Atmos yang menyajikan suara imersif layaknya bioskop. Mode pintar Dolby Atmos menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat ponsel digunakan. Masing-masing dari tiga mode lainnya – mode bioskop, mode game, dan mode musik – hadir dengan efek suara khusus. Dan berkat Smart PA dan jajaran speaker, suara speaker realme X dua kali lebih baik dari sebelumnya.

Tidak berhenti di situ. Bagi penggemar musik, Dolby Atmos menghadirkan suara yang lebih dinamis pada frekuensi rendah di bidang suara sekitarnya yang lebih luas, untuk membuat lagu favorit mereka lebih menyenangkan.

Kemudian bagi para gamers, terdapat teknologi pendinginan gel yang mengandalkan tembaga foil, serpihan grafit, dan paduan aluminium. Teknologi ini diklaim mencapai efisiensi konduktif termal yang lebih baik daripada solusi lain di segmen harganya. Sehingga bisa bermain game lebih lama tanpa bikin ponsel cepat panas.

Dan yang tak kalah penting, terdapat Hyperboost 2.0 dan Game Boost 2.0 yang bisa meningkatkan performa secara signifikan. Fitur ini bisa memprediksi status ponsel secara real time dan mempersiapkan kemungkinan lag. Kemudian mengalokasikan sumber daya yang sesuai untuk memenuhi persyaratan kinerja dan meningkatkan pengalaman bermain game dengan secara signifikan mengurangi lag.

Kinerja

Sama seperti realme 3 Pro, ponsel ini masih memakai prosesor 10nm Qualcomm Snapdragon 710. Chipset ini mempunyai arsitektur delapan inti Kryo dengan kecepatan clock hingga 2.2GHz. Kemudian grafisnya memakai GPU Adreno 616 menjamin rasa visual yang nyata dan rendering gambar 3D yang lebih efisien serta canggih.

Walau bukan termasuk flagship, tapi Snapdragon 710 adalah chipset kelas atas yang dikenal berkinerja tinggi.  Tidak diragukan lagi kinerja ponsel ini ngebut untuk bermain game hingga edit video.

Realme X memiliki RAM 8GB dan ROM 128GB yang mengadopsi paket LPDDR4X + UFS2.1 dengan fitur kecepatan tinggi dan konsumsi daya rendah. Ruang penyimpanan lebih besar yang dihasilkan memastikan penggunaan yang lancar dan pengalihan kasual (multitasking) antara aplikasi, terlepas dari berapa banyak aplikasi yang berjalan pada saat yang sama.

Baterai

Ponsel ini memiliki kapasitas baterai 3765mAh yang sebenarnya masih lebih kecil dibanding realme 3 Pro yang kapasitasnya 4.000 mAh. Tapi secara umum kapasitas tersebut cukup untuk mendukung penggunaan ponsel yang moderat, bahkan mempertimbangkan desain kamera yang lebih tinggi.

Teknologi AI freezer Realme X dapat merasakan aplikasi yang tidak digunakan untuk periode waktu berikutnya dan kemudian dengan cepat membekukannya. Aplikasi tersebut tidak dapat dipanggil atau diaktifkan oleh aplikasi lain. Ini adalah senjata ampuh dalam hal menghemat daya.

Tak hanya itu, realme X juga memakai sistem pengisian daya VOOC Flash Charge 3.0 dari OPPO dengan daya pengisian 20W (5V4A). Teknologi VOOC Flash Charge 3.0 dapat menghidupkan kembali baterai yang sekarat dengan cepat, dengan waktu pengisian 23,8% lebih singkat dari solusi pengisian sebelumnya.

Pemanasan yang lebih sedikit dan efisiensi pengisian daya yang lebih tinggi memastikan realme X diisi dengan cepat bahkan saat menangani tugas-tugas berat dan saat layar menyala. Baterai 3765 mAh dapat diisi hingga 55% dalam 30 menit.

Kesimpulan

Saat artikel review ini ditulis, belum ada informasi mengenai harga realme X di Indonesia. Itu karena produk ini sendiri memang belum diluncurkan ke pasar. Menurut rencana, perangkat andalan realme ini akan diluncurkan pada tanggal 25 Juli 2019. Gizmologi mendapat kesempatan untuk mencobanya lebih dulu sebelum diperkenalkan ke publik.

Di China yang merupakan tanah kelahiran realme X, perangkat ini hadir dengan beberapa varian RAM & storage. Harga untuk varian 4GB/64GB dibanderol 1.499 Yuan atau sekitar Rp 3,1 juta. Kemudian varian 6GB/128 GB 1.799 Yuan atau Rp 3,7 juta.

Sedangkan di India, smartphone ini dibanderol seharga INR 16.999 atau sekitar Rp3,4 juta untuk model RAM 4 GB + ROM 128 GB. Sementara untuk model yang lebih tinggi, yakni RAM 8 GB + ROM 128 GB dijual dengan harga INR 19.999 atau sekitar Rp4 juta.

Kemungkinan besar harga realme X tidak berbeda jauh dengan yang disebutkan di atas. Kemungkinan paling mendekati adalah versi India karena secara spesifikasi lebih mirip.

Jika benar sesuai perkiraan kami, maka tak ayal lagi realme X adalah smartphone flagship paling terjangkau saat ini. Fitur dan spesifikasi yang ditawarkan setara dengan ponsel yang harganya jauh lebih mahal. Konsumen akhirnya mendapatkan pilihan smartphone berkualitas tinggi dengan harga sangat terjangkau. Prediksi kami, realme X bakal laris manis di pasar.

Spesifikasi realme X

realme x
Untuk spesifikasi lebih lengkap, klik pada gambar di atas

General

Device Type Smartphone
Model / Series Realme X
Released 25 Juli, 2019
Status Coming Soon

Platform

Chipset Qualcomm Snapdragon 710 AIE
CPU 10nm CPU technology CPU up to 2.2Ghz frequency
GPU Adreno 616
RAM (Memory) RAM LPDDR4X 8GB
Storage UFS2.1 128GB ROM
Operating System Android 9 (Pie)
User Interface Color OS 6

Design

Dimensions 161.3mm X 76.1mm X 8.55mm-9.33mm
Weight 191 gram
Design Features Warna: Polar White | Space Blue
Battery 3765mAh (typical value)
Support 20W (5V4A) VOOC 3.0

Network

Network Frequency GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed 4G LTE

Display

Screen Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6,53 inci, FHD+ 2340 x 1080 piksel
Touch Screen Yes
Features Rasio layar-ke-bodi: 91.2% Rasio layar: 19.5: 9
Rasio kontras: >60000:1 PPI 394 Kecerahan maksimum: 450nit (pengaturan tipikal)
Corning Gorilla Glass 5

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48MP + 5MP Bukaan F1.7 + F2.4 Smart four-in-one pixel binning Nightscape Chroma Boost New portrait style HDR
Front 16MP Bukaan F2.0 Smart four-in-one pixel binning
Flash Yes
Video 4K, 30fps 1080P, 30/60fps 720P, 30/60fps 1080P Slow-mo, 120fps 720P Slow-mo, 960fps EIS, stabilisasi gambar elektronik Photographing delay
Camera Features Dual Pixel Fast Focusing
Flash/Soft Light: Back LED Flash
Nightscape
Ultra HD
Chroma Boost
Portrait Mode
Expert Mode
HDR

Connectivity

Wi-fi 802.11b/g/n, 2.4GHz
Bluetooth v5,0, A2DP, LE, Supports aptX, aptX HD and LDAC
USB USB Type C
GPS GPS, aGPS, GLONASS, sistem navigasi Beidou
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features - MP4/H.264/FLAC player
- MP3/eAAC+/WAV player
- Document viewer
- Photo viewer/editor
FM Radio Yes
Web Browser HTML5
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Sensors Geomagnetic sensor

Acceleration sensor

Gyroscope

Light and distance sensor
Other Di dalam kotak
realme X
Kabel data Tipe-C
Adaptor flash charge
Pelindung Handphone
Pelepas SIM
Panduan mulai cepat
Dokumen yang berisi informasi penting (termasuk kartu garansi)
82%
Awesome

Review realme X

realme X adalah smartphone flagship paling terjangkau saat ini. Fitur dan spesifikasi yang ditawarkan setara dengan ponsel yang harganya jauh lebih mahal. K

  • Design
  • Display
  • Features
  • Performance
  • Camera
  • Battery
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.