Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Membedah Teknologi AI di Smartphone OPPO F7

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasaan buatan telah menjadi salah satu kata yang sangat populer di tahun ini. Teknologi AI telah dikembangkan di berbagai sektor bisnis dan sendi-sendi kehidupan umat manusia,

Dengan menggabungkan teknologi AI dan kecerdasan alami manusia, potensi individu dapat menjadi lebih maksimal dan memungkinkan pencapaian yang luar biasa.  Sebelumnya, AI dianggap sebagai teknologi abstrak yang dipelopori oleh perusahaan berbasis hyperscale (seperti Google, Microsoft, Baidu, dll). Namun kini banyak startup dan perusahaan besar lintas industri yang menjelajahi berbagai penerapan AI untuk memecahkan masalah bisnis dan sains, termasuk dampaknya dalam kehidupan sehari-hari seperti penggunaan smartphone.

Bisa dibilang, teknologi AI telah menjadi fitur mutlak jika ingin smartphone tersebut dibilang “kekinian” atau mengikuti tren “zaman now”. OPPO adalah salah satu produsen smartphone yang concern mengembangkan teknologi AI dimulai dari tahun lalu pada seri OPPO F5.

Kini, di smartphone terbaru OPPO F7, teknologi AI dikembangkan lebih jauh tidak hanya sebatas selfie saja, namun merambah ke beberapa hal untuk meningkatkan kemampuan smartphone. Seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

Teknologi AI di OPPO F7

Edge AI

Bagian paling penting dari smartphone adalah prosesor karena inilah otak yang membuatnya bekerja. Dalam hal ini, OPPO F7 menggunakan chipset Helio P60 besutan Mediatek dengan rincian proseor Octa-dore MTK P60 berkecepatan 2.0Ghz dan GPU Mali-G72 MP3 800 MHz.

Helio P60 dibangun melalui proses pabrikasi FinFET 12nm yang powerful tapi efisien. System on Chip ini mengangkut teknologi NeuroPilot ke jantung smartphone untuk mengakomodasi kinerja artificial intelligence (AI) yang lebih baik. Teknologi ini juga sesuai dengan Google Android Neural Network API (Android NNAPI).

OPPO F7 memiliki dual core AI Processing Unit yang mempercepat kalkulasi AI. SoC ini memiliki  On-device intelligence (Edge AI) dengan performa 280GMAC/s yang membantu smartphone belajar dan bertindak secara naluri. Unit pemrosesan AI multi-core (Mobile APU) mampu melakukan semua proses tanpa melibatkan cloud sehingga bisa berlangsung lebih cepat.

Edge AI menawarkan pengenalan wajah dalam pembelajaran mendalam, identifikasi objek dan adegan, kinerja berdasarkan perilaku pengguna dan peningkatan aplikasi AI dan AR lainnya. APU juga menawarkan efisiensi daya dua kali lipat dari GPU untuk pemrosesan AI yang ramah baterai.

Selain itu, kelebihan dari teknologi ini adalah data credential  atau data penting pengguna akan tetap aman karena proses AI dilakukan di level prosesor. Contoh sederhananya, setiap kita menulis kata kunci saat login di berbagai aplikasi, maka keyboard secara otomatis akan mengaktifkan mode Secure agar setiap teks terenkripsi secara aman.
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Murah OPPO F7

AI Beauty 2.0

Pengembangan teknologi AI paling menonjol adalah pada kamera terutama bagian depan. Mengusung kamera depan dengan sensor 25 Megapixel, OPPO F7 juga memperbaharui kemampuan teknologi AI Beauty Recognition Technology dibanding sebelumnya sehingga hasil hasil selfie menjadi lebih nyata, natural, dan personal

Sebagai perbandingan, teknologi AI Beauty 2.0 mampu mengenali 296 titik wajah, meningkat 20%
dari generasi sebelumnya yang hanya 254 titik wajah secara spesifik. Sehingga mampu mengenali wajah secara lebih cepat dan akurat. Sekarang, perbedaan umur, jenis kelamin, warna kulit dan jenis kulit seseorang bisa dikenali – hingga empat individu dalam satu foto – secara lebih detail lagi.

Related Posts
1 daripada 12

Kecerdasan buatan pada F7 hadir dengan peningkatan fungsi selfie yang secara tepat dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah baik untuk pria dan wanita dalam sebuah foto group selfie, membuat tiap subjek akan memiliki personalisasi selfienya masing–masing.

Selain itu, F7 juga dapat mempelajari preferensi  pengguna dalam  melakukan penyesuaian foto, sehingga untuk foto yang diambil berikutnya dapat diaplikasikan dengan penyesuaian yang sama. Keseluruhan fungsi kecerdasan buatan terbaru ini dinamai OPPO dengan A.I Beauty 2.0.

Beberapa fitur terbaru meliputi kemampuan facial recognition yang lebih akurat, efek beautification yang lebih baik, kemampuan self-learning sesuai preferensi pengguna, dan beberapa fitur menarik lainnya.

AI Learning

OPPO mengerti bahwa setiap individu, baik laki-laki maupun perempuan, memiliki keunggulan penampilan masing-masing. Berkat teknologi AI Learning, hasil selfie dapat dikemas sesuai keinginan pengguna secara lebih
mudah.

Teknologi AI Learning ini mampu mengenali preferensi beautification pengguna berdasarkan kebiasaan pengguna dalam mengedit foto. OPPO F7 kemudian secara otomatis akan melakukan pengaturan foto serupa pada foto yang baru diambil. Jadi, ketika seseorang mengambil foto selfie dan ingin tampil memukau, F7 benar-benar tahu apa yang harus dilakukan.

AI Scene Recognition

Tak cuma kamera depan saja, namun OPPO juga meningkatkan kemampuan kamera belakang dengan teknologi AI Scene Recognition. Teknologi kamera ini dengan pintar & akurat mengenali 16 scenes dan objek berbeda dan mengambil gambar secara real-time. Di antaranya adalah scene sunset, grass, indoor, food, sky, snow, night, dog, portrait, baby, firework, beach, scenery, text, cat, dan stage light.

Fitur ini bisa menemukan keseimbangan serta kecerahan yang tepat, eksposur, warna & kontras di tiap gambar yang diambil. Algoritma fotografi OPPO F7 bekerja secara otomatis mendeteksi obyek maupun pemandangan. Kalaupun ingin mendapatkan hasil sesuai keinginan, bisa berkreasi menggunakan mode Expert yang memungkinkan untuk pengaturan manual seperti pada white balance, exposure, ISO, shutter, dan fokus.

AI di album foto

Pada album foto, OPPO memanfaatkan teknologi AI untuk secara otomatis mengelompokan foto berdasarkan wajah subjek foto dan lokasi pengambilan. Sehingga akan semakin mempermudah konsumen untuk mencari dan menemukan foto mereka. Hal kecil namun bermanfaat.

Teknologi AI Board

Selanjutnya, OPPO memiliki fitur A.I Board, sebuah fitur split screen dimana pengguna dapat menempatkan aplikasi – aplikasi favoritnya dan mengelompokan berbagai pengingat. Secara otomatis, fitur ini akan mengurutkan mulai dari meeting yang terpenting, jadwal perjalanan, tiket bioskop yang dipesan bahkan hingga order e-commerce yang kesemuanya dikenali melalui email ataupun SMS.

AI Battery Management 

A.I Battery Management dapat membuat perangkat dapat mengatur manajemen system secara mandiri termasuk pendistribusian sumber daya sehingga smartphone akan memberikan performa terbaiknya. Dengan fitur ini, OPPO F7 berjalan 80% lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya. A.I Battery Management juga memberikan pengaturan daya yang membuat baterai perangkat akan bertahan lebih lama.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.