Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Begini Cara Intel Manfaatkan Bluetooth untuk Drone Biar Nggak Jatuh

Selama ini kita mengenal Bluetooth sebagai teknologi radio simpel yang menghubungkan ponsel kita dengan wireless earbud. Ternyata Intel mempunyai cara memanfaatkan Bluetooth untuk drone agar tak jatuh dari langit.

Produsen chip tersebut telah melayangkan permohonan membuat sistem yang disebut Open Drone ID alias identitas drone terbuka dimana drone apa pun, baik yang dikendalikan oleh pilot atau terbang dengan remote control, memakai Bluetooth untuk drone mereka sehingga bisa diketahui posisi dan lokasinya biar tidak terjadi tabrakan dengan drone lain.

Pada Rabu waktu setempat, Intel telah mendemonstrasikan teknologi pemanfaatan Bluetooth untuk drone pertama kalinya di Choctaw Nation di Durant, Oklahoma. Tempat ini merupakan satu dari 10 proyek tes drone yang telah dipilih oleh pemerintah AS pada Mei 2018 sebagai bagian dari upaya meningkatkan penelitian tentang drone.

Melalui sistem tersebut, drone memberikan nomor ID unik, posisi mereka dan siapa yang mengoperasikan drone tersebut, arah mana yang ia tuju lalu status sinyal seperti “kembali ke posisi awal”, “pendaratan darurat”, atau “berada dalam misi otomatis”.

Related Posts
1 daripada 54

Hanya saja sistem ini tidak memberikan informasi pribadi, seperti nama pemilik drone dan nomor teleponnya, tulis cnet.com.

Teknologi pemanfaatan Bluetooth untuk drone ini berguna, terutama saat banyak orang yang menerbangkan drone di pantai atau lapangan, agar tidak bertabrakan satu sama lainnya. Ia juga berguna bagi perusahaan yang ingin memonitor ladang atau kilang, memfoto real estate hingga mengirimkan obat dan paket.

Bluetooth 4.0 bisa dimanfaatkan untuk keperluan keamanan drone. Foto oleh littlebirdelectronics.com.au

Menurut Intel, penggunaan Bluetooth untuk drone lebih murah untuk dilakukan, dimana untuk membeli perangkat radio yang dibutuhkan hanya berbiaya kurang dari US$10 atau sekitar Rp146 ribu.

Baca juga: Prosesor Intel Core i9 Hadirkan Performa Laptop Gaming Terbaik

Sistem identitas drone mengadopsi perangkat keras radio Bluetooth untuk tujuan tertentu, tetapi informasi yang disebarkan dan kerja internal lainnya berbeda dari Bluetooth biasa. Sebagai contoh, melacak drone di atas tidak membutuhkan proses memasangkan seperti halnya mentransfer data antar ponsel via Bluetooth.

Keuntungan lainnya memanfaatkan Bluetooth untuk drone adalah soal jarak. Di alam terbuka, sinyal Bluetooth bisa bergerak lebih luas. Cakupan identitas drone adalah sekitar 200 meter dengan Bluetooth 4.0 dan 800 meter dengan Bluetooth 5.0. Antena yang peka pada lokasi sensitif, seperti bandara, bisa mendeteksi drone lebih jauh dari angka tersebut.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More