Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

MediaTek Persiapkan Chipset Helio M70 Berkemampuan 5G yang Akan Meluncur 2019

Teknologi 5G terus serius digarap ragam produsen, terutama pembuat chipset sebagai otak sebuah gadget. MediaTek tak mau ketinggalan dengan mempersiapkan chipset berkemampuan 5G bernama  Helio M70.

Tuntutan koneksi internet yang ngebut sebagai salah satu ekspekstasi dari teknologi 5G mau tak mau membuat produsen chipset bekerja menciptakan “jeroan” yang bisa mengakomodir kebutuhan manusia modern yang mendamba kecepatan tinggi.

Chipset Helio M70 dibuat oleh MediaTek menggunakan TSMC pada proses 7nm dengan menerapkan teknologi EUV. Pengiriman modem Helio M70 akan mulai dilakukan pada 2019 untuk memenuhi permintaan internet berkecepatan 1Gbps, tulis gsmarena.com.

Untuk memuluskan pembuatan modem Helio M70 ini, MediaTek telah menghubungi pihak Nokia, China Mobile dan Huawei untuk kerjasama teknis dan negosiasi spesifikasi. Dengan munculnya aturan terbaru yang memungkinkan standar teknologi 5G, MediaTek pun memutuskan modem Helio M70 nantinya bisa mendukung operator dan vendor smartphone global.

Menurut MediaTek, pengiriman chipset Helio M70 akan mulai dilakukan enam bulan lebih cepat dari jadwal awal.

Rick Tsai, CEO MediaTek, mengatakan bahwa “dengan memperluas cakupan solusi IP dan chipset, MediaTek bisa membantu ekosistem dan konsumen” menikmati produk berteknologi 5G pada waktu yang sama dengan mulanya era 5G.

Related Posts
1 daripada 33
Ilustrasi kota pintar. Foto oleh blog.gemalto.com

Teknologi 5G diprediksi bakal mulai resmi dirilis di seluruh dunia pada 2020. Seperti dikutip dari techradar.com, AS, Tiongkok dan Korea Selatan diperkirakan akan menjadi beberapa negara pertama yang akan menggunakan jaringan 5G secara penuh, lalu disusul beberapa negara lainnya, seperti Inggris.

Banyak perusahaan yang kini sibuk untuk memastikan jaringan dan perangkat mereka siap menyambut teknologi 5G tepat waktu pada 2020, yang berarti ada yang akan sudah siap diperkenalkan sebelum 2020.

Tak cuma perkara kecepatan internet yang bisa mencapai 1 Gbps, teknologi 5G juga bermanfaat mendukung kegiatan yang berbasis Internet of Things atau IoT untuk kebutuhan sehari-hari. Koneksi internet yang stabil dalam jaringan 5G akan berguna untuk mempersiapkan produk lainnya, termasuk mobil tanpa kemudi dan program smart city.

Baca juga: Ericsson Rampungkan Platform 5G untuk Operator

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: