Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Panggilan Video 5G Pertama di Dunia Dilakukan dengan 3D Structured Light Technology, Seperti Apa?

Teknologi 5G semakin nyata di depan mata. Tak hanya fokus memanfaatkannya pada koneksi smartphone nantinya, teknologi ini juga mulai didemonstrasikan untuk melakukan panggilan video. Baru-baru ini OPPO menggunakan 3D Structured Light Technology untuk melakukan panggilan video 5G pertama di dunia.

OPPO Global Research Institute yang berbasis di Shenzen, Tiongkok, merilis upayanya yang berhasil melakukan demonstasi panggilan video 5G via teknologi 3D Structured Light.

Dalam demonstrasi panggilan video 5G ini terlihat reproduksi gambar 3D portrait pada penerima jarak jauh dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan oleh kamera 3D Structured Light pada ponsel pintar OPPO dan prototipe terminal NR 5G dari Qualcomm Technologies.

Secara spesifik, dalam panggilan video 5G ini menggunakan perangkat OPPO R115 khusus dengan integrated structured light camera. Demo ini mengumpulkan informasi kedalaman warna dan 3D dari obyek target dengan menggunakan sensor RGB dan integrated structured light camera. Informasi ini, ditransmisikan pada jaringan 5G, akhirnya dapat menampilkan objek target pada remote display screen.

Keberhasilan panggilan video 5G dengan memanfaatkan 3D Structured Technology ini menandai capaian baru dalam mengaplikasikan standar teknologi 5G pada industri.

Banyak vendor berlomba-lomba mempersiapkan teknologi 5G agar jadi yang tercepat merilisnya ke publik. Foto oleh recode.net

Bai Jian, Director of the Hardware Research Center of OPPO Research Institute, mengatakan, “Keberhasilan video call 5G memanfaatkan 3D structure light technology menunjukkan inovasi OPPO yang didukung oleh pemahaman kebutuhan pengguna dan pengaplikasian teknologi terkini.”

Related Posts
1 daripada 32

“OPPO akan mengkomersilkan 3D structure light technology pada smartphone dan membawa terobosan teknologi ini kepada pelanggan kami dalam waktu sekitar 6 bulan ke depan,” katanya.

Tang Hai, Director of the Standardization Research Group of OPPO Research Institute mengatakan OPPO telah meneliti dan mengembangkan 5G sejak tiga tahun yang lalu.

“Pada Januari 2018, kami mengumumkan program percontohan 5G dengan Qualcomm Technologies, dan berdedikasi untuk menjadi produsen ponsel pintar pertama yang meluncurkan handset 5G pada 2019,” katanya.

Baca juga: Ericsson Rampungkan Platform 5G untuk Operator

Teknologi 5G kini semakin dibutuhkan di zaman sekarang dimana mobile internet hampir menghilangkan batasan antara dunia fisik dan dunia digital. Konten 3D juga makin dibutuhkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, demikian kata Chen Yan, Director of Software Research Group of OPPO Research Institute.

“Dengan teknologi pencitraan dan insight yang kami dapat tentang kebutuhan pengguna, OPPO berkomitmen untuk menyediakan aplikasi yang inovatif di masa mendatang. Dengan memanfaatkan 3D structure light technology, pengguna akan diberikan pengalaman dalam dunia mobile yang belum pernah dirasakan sebelumnya seperti Secure Payment, 3D Reconstruction, AR dan Game,” katanya.

Teknologi 5G memang sedang digarap oleh banyak perusahaan IT, termasuk produsen ponsel pintar, menyongsong era dimana internet akan semakin cepat dan makin luas dinikmati banyak orang di dunia.

 

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. […] Baca juga: Panggilan Video 5G Pertama di Dunia Dilakukan dengan 3D Structured Light Technology, Seperti Apa? […]

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: