Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mengenal Teknologi Pivot Rising Camera di OPPO Reno 10x Zoom

Kamera menjadi fitur yang paling ditonjolkan di smartphone terbaru OPPO yaitu Reno 10x Zoom. Selain kemampuan zoom yang istimewa, fitur paling menarik perhatian lainnya di OPPO Reno 10x Zoom adalah Pivot Rising Camera.

Teknologi pivot rising camera ini berguna untuk menyembunyikan kamera depan, sehingga penampang layar menjadi lebih maksimal. Kamera yang tersembunyi tersebut hanya akan muncul ketika pengguna memencet mode kamera depan baik untuk foto maupun video.

Sebenarnya, ini bukan yang pertama kalinya OPPO menerapkan konsep kamera yang bisa bergerak dengan sistem motorik tersebut. Jauh sebelumnya, tahun 2013 yang lalu, OPPO telah membuat inovasi kamera yang bisa berputar (rotasi) lewat seri N1 yang  dilanjutkan OPPO N3. Kemudian 2018 ada OPPO Find X yang mulai dengan konsep pop-up pakai motorik kanan-kiri, yang diteruskan OPPO F11 Pro dengan satu sistem motorik di tengah.

Aryo Medianto, PR Manager OPPO Indonesia, mengatakan baik OPPO F11 Pro maupun Reno series sama-sama menampilkan layar penuh dan kamera depan tersembunyi. Namun OPPO menggunakan pendekatan berbeda di seri terbarunya ini. “OPPO Reno dan Reno 10x Zoom menghadirkan pivot rising camera untuk kamera depan dengan resolusi 16MP,” ujarnya.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui dari OPPO Reno Series

Teknologi Pivot Rising Camera

Teknologi Pivot Rising Camera OPPO RENO

Related Posts
1 daripada 53

Ketika tidak digunakan,kamera ini akan bersembunyi pada bagian atas perangkat. Dengan menggunakan sistem motorik, modul kamera yang berbentuk seperti sirip ikan hiu akan terdorong ke arah atas ketika pengguna akan mengunakan kamera swafoto.Kecepatan turun-naik kamera berlangsung kurang dari satu detik, tepatnya 0,8 detik.

Pada bagian atas smartphone ini, terdapat juga kamera swafoto dengan sensor 16MP, Front Facing Softlight, dan Speaker. Sementara di penampang belakang modul kamera ini, ditempatkan lampu kilat. Mekanisme Pivot Rising Camera bertumpu pada satu sisi. Jadi ketika pengguna selfie, hanya satu sisi bagian atas handset yang terangkat, terlihat seperti sirip hiu.

Letak pemilihan pivot rising camera juga telah dipikirkan masak-masak dengan perhitungan pengambilan selfie yang sempurna. “Posisinya itu di sudut goldeng angle 11 derajat yang sangat pas untuk swafoto. Ketika selfie, foto mukanya tidak akan distorsi,” ujar Aryo.

Konsep pivot rising camera ini juga dianggap sebagai struktur yang paling efisieng. Karena merupakan sistem kamera motorik yang satu-satunya menggunakan engsel. Sehingga menggunakan sedikit tenaga untuk mengankat motorik tersebut yang artinya juga lebih hemat baterai.

Bagaimana dengan durabilitasnya? Aryo menjelaskan bahwa saat mendesain Pivot Rising Camera, OPPO sudah melakukan uji coba  standar kualitas pada sistem tersebut. OPPO melakukan 200 kali percobaan untuk mengetes saat perangkat naik turun. Apabila konsumen sangat aktif berfoto selfie, misalnya sampai 100 kali per hari, maka struktur ini akan bertahan lebih dari lima tahun.

Selain itu Reno sendiri sudah dilengkapi dengan fitur deteksi saat ponsel terjatuh, Pivot Rising Camera akan menutup secara otomatis jika ponsel akan jatuh. Sebelum ponsel menyentuh tanah, kamera Pivot Rising akan sudah berada dalam keadaan tertutup. Hal itu dilakukan untuk memastikan kualitas motorik kamera yang terjaga.

Jadi, tertarik banget untuk memiliki OPPO Reno 10x Zoom yang punya teknologi Pivot Rising Camera keren ini? Kamu bisa membelinya di official Store OPPO di situs daring Blibli.com.