Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Begini Canggihnya Smart Panda Bus, Kendaraan Swakemudi Berbasis AI Multifungsi

Warga Jakarta dan sekitarnya saat ini cukup terbantu dengan layanan busway TransJakarta. Ini adalah moda transportasi umum yang terjangkau dan cukup nyaman.  Namun bus yang ada masih konvensional. Bagaimana jika nanti beralih dengan bus berteknologi tinggi seperti Smart Panda Bus? Pasti menyenangkan.

Adalah DeepBlue Technology, startup spesialis teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang berbasis di China. Belum lama ini, mereka  menggelar debutnya dalam ajang “New Generation Artificial Intelligence Future Development Summit” di Shanghai dengan memperkenalkan Smart Panda Bus yang digadang-gadang bajal merevolusi transportasi umum.

Smart Panda Bus adalah kendaraan swakemudi yang berbasis pada AI multifungsi dan menerapkan delapan teknologi inti yang berbeda-beda dari DeepBlue Technology, bekerja sama mengatasi berbagai kendala yang ditemui kalangan komuter di seluruh dunia.

Bus pintar Smart Panda Bus mengandalkan sejumlah teknologi AI terkini dalam sebuah produk. Beberapa fiturnya adalah AutoPilot, Finger Vein Recognition, Voice Interaction, Precise Advertising Push, Vehicle Monitoring Robot, Intelligent Unmanned Retail System, Abnormal Behavior Monitoring System serta Intelligent Escape Emergency Handling System.

Seluruh fitur tersebut belum pernah diterapkan di sebuah angkutan umum bagi kalangan komuter, hingga saat ini.  Pengembangan teknologi kecerdasan buatan di China memang sedang gila-gilaan.

Foto: Geospatial World
Related Posts
1 daripada 51

Teknologi di Smart Panda Bus

Pada Smart Panda Bus, para penumpang dapat menaiki bus dan berbelanja dengan menggeser tangannya lewat sistem identifikasi biometrik yang akurat. Sementara itu robot yang berada di bus memantau dan merekam perilaku mencurigakan apa pun secara seketika, serta membuat tayangan yang tepat waktu di bagian back-end untuk memberi peringatan dan mengaktifkan sistem keselamatan yang bersifat darurat dan canggih.

Teknologi ini menjadi langkah besar menuju pembangunan kota-kota canggih (smart cities) di masa mendatang. Topik ini juga membuat sejumlah tokoh elit di industri AI, perusahaan dan bahkan pejabat pemerintahan kota di Tiongkok untuk menghadiri ajang tersebut serta berdiskusi.

Smart Panda Bus memperoleh dukungan antusias dan kelak menyambangi Asia dan Eropa pada tahun ini. Sejumlah negara seperti Jerman, Luksemburg, Italia dan Yunani, telah menunjukkan minat besar terhadap produk ini. Menurut rencana, Smart Panda Bus akan tersedia di Eropa pada 2019. Sejumlah pejabat pemerintahan kota di Bangkok telah menyetujui BRT, kendaraan swakemudi lain buatan DeepBlue Technology, untuk mulai diuji coba pada pertengahan tahun ini.

DeepBlue Technology yang berbasis di Shanghai ingin menjadi perusahaan global yang kelak mampu melayani banyak orang di seluruh dunia. Saat ini, perusahaan aktif di Eropa, Timur Tengah dan Asia Tenggara, dan hingga kini, telah meneken perjanjian kerja sama untuk kota canggih dengan Yunani dan Italia.


Di satu sisi, teknologi AI dan robot di kendaraan umum ini merupakan terobosan besar di industri transportasi. Selain tidak lagi butuh supir, bisa memberikan informasi yang lebih kaya. Namun di sisi lain, cukup menakutkan dimana gerak-gerik warga terpantau secara terus menerus. Para pencompet atau kriminal mungkin akan kesulitan melakukan aksinya.

Namun jika terjadi di negara otoriter, pihak berwenang dengan mudahnya menciduk aktivis, lawan politik atau tokoh yang dicurigai. Belum lagi isu mengenai keamanan data, privasi, dan sebagainya. Bagaimanapun juga, segala potensi baik yang positif maupun negatif perlu menjadi pertimbangan sebelum sebuah teknologi diadopsi secara masal.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.