Jakarta, Gizmologi โ Persaingan dalam bisnis online makin ketat. Para wirausaha digital diharuskan tahu tips jualan online agar memahami berbagai cara memasarkan produknya melalui eCommerce secara optimal.
Baca juga:ย Lazada Punya LazzieChat, Chatbot eCommerce Berbasis AI
Sebagai salah satu eCommerce terkemuka, Lazada ingin membuka peluang di dalam ekosistem ekonomi digitalnya dan terbuka bagi siapa pun yang mau berusaha.
- Tips Jualan Online
- 1. Menampilkan produk semenarik mungkin
- 2. Optimalkan halaman produk di ecommerce
- 3. Rutin update posting di Feed
- 4. Tingkatkan ulasan positif untuk toko dan produk
- 5. Manfaatkan fitur livestreaming untuk melibatkan pelanggan lebih dekat
- 6. Perluas pasar dan tambah penjualan melalui program affiliate
- 7. Jangan berhenti untuk terus belajar dan berusaha
Melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia, Lazada Indonesia menyelenggarakan pelatihan Naik KeLaz dengan konsep Training of Trainer (ToT). Belum lama ini, mereka menyelenggarakan Training of Trainer kepada 100 guru SMK di Jawa Barat dan pelatihan kepada lebih dari 3.000 siswa SMK di Bandung, Jawa Barat. Juga kepada sejumlah guru SMK di Cileungsi, Jawa Barat dan sekitarnya.
Pada pelatihan tersebut, para trainer dari Lazada University berbagi tips jualan online untuk mengembangkan bisnis digital. Kegiatan pelatihan Naik KeLaz ini salah satu dari berbagai upaya berkelanjutan Lazada untuk menanamkan jiwa kewirausahaan digital, khususnya di kalangan generasi muda Indonesia.
Tips Jualan Online
ย
Yuk simak tips jualan online dari trainer Lazada University berikut kalau mau kembangkan bisnis dan dapatkan cuan lebih di eCommerce.

1. Menampilkan produk semenarik mungkin
Foto produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli, namun sering kali diremehkan oleh penjual. Oleh karena itu, tips jualan online pertama adalah usahakan tampilan etalase produk terlihat eye-catching dengan menyajikan foto dan deskripsi produk yang jelas dan rinci. Selain itu, pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu menggambarkan fungsi, keunggulan, dan kualitas produk tersebut dengan jelas.
2. Optimalkan halaman produk di ecommerce
Tips jualan online selanjutnya adalah gunakan judul yang sesuai, menarik, serta mengandung kata kunci (keyword) yang sering dipakai calon pembeli ketika mencari produk terkait.
Lengkapi judul dengan merek dan/ nama toko, kata kunci kategori, tipe/ seri/ variasi, serta atribut utama dan detail produk lainnya pada kolom deskripsi produk. Tampilkan foto produk semenarik mungkin, salah satunya dengan menambahkan keunggulan di foto produk, serta gunakan โharga coretโ dalam etalase produk yang menunjukkan produk toko Anda sedang promo.
3. Rutin update posting di Feed
ย
Selain itu, kamu dapat meningkatkan trafik toko dengan rutin mengunggah โfeedโ. Sejumlah eCommerce ternama, termasuk Lazada memiliki fitur โfeedโ, di mana produk yang diunggah dan tawarkan dapat dilihat berjuta pasang mata pelanggan yang sedang mencari produk. Lalu, juga dapat menunjukkan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial. Jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk.
4. Tingkatkan ulasan positif untuk toko dan produk
Ulasan positif atas toko dan produk bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk pada akhirnya berbelanja di toko Anda. Kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif serta layanan terbaik akan mendorong pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian positif terhadap produk dan toko. Kirimkan pengingat kepada pembeli melalui chat untuk memberikan ulasan. Pemberian voucher diskon, gratis ongkir, serta paket best deals untuk pembelian berikutnya juga dapat menjadi salah satu cara mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan tentang produk dan layanan toko.
5. Manfaatkan fitur livestreaming untuk melibatkan pelanggan lebih dekat
ย
Fitur livestreaming dapat dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Tak hanya membantu memperkuat hubungan antar penjual dan calon pembeli, fitur livestreaming LazLive di Lazada bisa membantu penjualan lebih laris karena calon pembeli bisa bertanya seputar produk yang mereka inginkan secara langsung sembari menyaksikan live yang terkadang juga menampilkan try-on produk. Jika Anda ingin memperkenalkan produk baru atau ingin memeriahkan festival belanja online, fitur ini akan sangat berguna untuk menjangkau calon pembeli yang tepat dan potensial.
6. Perluas pasar dan tambah penjualan melalui program affiliate
ย
Program Lazada Affiliate memberikan kesempatan kepada individu, termasuk penjual online, untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan melalui link yang disebar di media sosial ataupun aplikasi pesan singkat. Dengan menyebarkan link yang langsung mengarah pada produk atau toko, peluang mendapatkan penjualan dari link tersebut akan lebih tinggi, terutama bila menyebarkan link tersebut di sebuah komunitas yang sesuai dengan target pasar. Cuan berlipat akan didapatkan, dari penjualan produk dan dari komisi dari setiap transaksi yang terjadi dengan link tersebut.
7. Jangan berhenti untuk terus belajar dan berusaha
Tips jualan online jelas bukan hal yang mudah, apalagi untuk wirausaha muda. Diperlukan proses belajar yang terus menerus, baik untuk meningkatkan pemahaman teknis terkait dengan penggunaan fitur-fitur di platform eCommerce maupun untuk mengembangkan keterampilan terkait kewirausahaan digital lainnya.
ย
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



