Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari Saat Bermain Game

Same ebagai permainan yang menggunakan perangkat elektronik, game dirancang sedemikian rupa sebagai agar para pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game bisa menjadi salah satu sarana hiburan, hobi, bahkan sudah bisa dijadikan profesi.

Baca juga: 5 Jenis Gamer yang Wajib Kamu Ketahui

Tapi, bermain game tidak bisa asal saja loh! Ada hal-hal yang nggak boleh kita lakukan saat bermain game. Karena jika dilakukan memberikan dampak yang tidak baik. Apa saja itu, yuk langsung aja simak.

Memberikan informasi pribadi

Kita tidak pernah tahu dengan siapa kita bermain game. Ada beberapa kejadian dimana para sex offender misalnya pedofil yang juga bermain game. Jadi Gizmin sarankan untuk para gamer senantiasa selalu berhati-hati.

Biasanya yang rentan mejadi korban cyber-bullying adalah para gamer wanita dan gamer yang masih berusia di bawah umur. Saran Gizmin, jangan pernah mengirimkan atau menggunakan foto pribadi terutama foto dengan pose yang nakal saat bermain game.

Jangan memberikan alamat rumah, alamat email pribadi, nomor telepon, apalagi data-data lainnya seperti tanggal lahir, usia, nomor rekening bank, dll. Informasi pribadi seperti ini kerap kali dapat digunakan untuk scam atau dipakai untuk menjebak kamu agar terlihat terlibat dengan aksi-aksi kriminal.

Related Posts
1 daripada 45
Tips Menjaga Keamanan Akun
ilustrasi hacker (Foto: 123rf/ master1305)

Mengunakan software atau aplikasi Cheat

Penggunaan aplikasi cheat tentunya sangat dilarang di game online manapun. Hal tersebut karena para cheater dapat menganggu jalannya permainan dan dapat membuat para pemain lain menjadi terganggu. Maka dari itulah semua developer game pasti ingin memberantas para cheater di game buatannya.

Berkata kasar

Nah, hal yang satu ini emang agak sulit buat dilakukan, apalagi kalau kalian kadang reflek mengeluarkan kata-kata kotor alias toxic. Kalau kalian lagi sebel banget gara-gara kalah main game atau ada teman satu tim yang ngeselin, kalian wajib banget tahan biar nggak toxic.

Lupa terhadap Waktu

Kebiasaan para gamers yang nggak bisa dihilangkan salah satunya adalah lupa istirahat. Karena keasyikan main game, istirahat jadi dilupain, bahkan nggak ada waktu untuk istirahat sama sekali.

Waktu tidur kita jadi berbeda dan sedikit berkurang dibanding biasanya, karena terkadang kita bisa nggak tidur karna saking fokusnya main. Jadi, pastikan selalu utamakan istirahat dan atur waktu bermain kalian agar istirahat dan bermain game jadi seimbang.