alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review HP Pavilion Gaming 15: Bertenaga dengan GeForce RTX 2060

Laptop gaming tidak melulu hadir dengan harga yang mahal. Beberapa produsen laptop atau notebook sediakan bahkan rilis beberapa varian atau seri sekaligus, akomodasi mereka yang ingin bermain gim namun dengan budget yang tidak terlalu mahal. Hewlett-Packard (HP), misalnya, hadirkan lini HP Pavilion Gaming 15 yang punya banyak konfigurasi hardware.

Mulai dari chipset dengan Intel Core-i5, hingga opsi kartu grafis NVIDIA seri RTX, HP berikan banyak pilihan sesuai kebutuhan pengguna. Saya pun berkesempatan untuk mencoba salah satu varian dari HP Pavilion Gaming 15 (2020), dan menggunakannya dalam kurun waktu sekitar dua bulan. Secara keseluruhan, kesan yang saya dapatkan cukup positif.

Namun tentunya, dengan beberapa kekurangan. Kembali lagi, harganya juga memang lebih murah dari seri HP OMEN 15 yang sudah kami ulas. Namun bisa jadi beberapa kekurangan tersebut tidak begitu menjadi masalah untuk Gizmo friends. Bagaimana fitur-fiturnya secara keseluruhan? Berikut adalah ulasan HP Pavilion Gaming 15 (dk1064TX).

Desain

HP Pavilion Gaming 15

Berbeda dengan HP OMEN 15 yang pernah kami ulas sebelumnya, HP Pavilion Gaming 15 punya desain yang lebih kuat aksen gamingnya. Bisa dilihat dari sudut-sudut samping, bagian atas hingga desain bagian bawah layar yang tidak umum saat sedang dibuka. Warnanya sendiri masih sama, Shadow Black dengan finishing matte berbahan polikarbonat.

Material ini cukup kuat untuk penggunaan sehari-hari. Tidak mudah baret, hanya saja cukup mudah membekas sidik jari serta terkena kotoran. Nggak kelihatan banget sewaktu lagi kotor, tapi membersihkannya memerlukan usaha yang sedikit ekstra. Tak bisa sekadar dibersihkan dengan tissue sekali usap.

Dimensinya juga tergolong besar. Ketebalannya sampai 2,34cm, dengan bobot laptop 2,33 kilogram. Ditambah charger yang juga cukup besar dan berat di kisaran 500 gram, membawa keduanya hampir mencapai 3 kilogram. Jelas, bukan laptop portabel yang nyaman dibawa ke mana-mana atau dimasukkan ke backpack 14 inci bersamaan dengan barang lainnya.

HP Pavilion Gaming 15

Sedikit keluhan ada pada bagian lubang angin di bodi bawahnya. Untuk penggunaan outdoor atau ruangan semi-outdoor yang banyak debu tipis, bagian ini bakal mudah kotor seolah menyerap debu ke dalamnya. Hal yang sama tidak saya alami saat menggunakan HP OMEN 15. Tidak mengganggu performa, memang. Namun rasanya perlu saya sebutkan di sini.

Layar

Layar HP Pavilion Gaming 15

Dari OMEN ke HP Pavilion Gaming 15, mata saya terus dimanjakan dengan refresh rate yang tergolong tinggi di kelasnya, alias sudah 144Hz. Sebuah kemewahan yang bakal terasa kehilangan saat kembali ke laptop layar 60Hz. Panel yang digunakan adalah IPS dengan resolusi full HD. Cakupan warnanya 45% NTSC, dengan kecerahan 250 nits. Sedikit kurang terang untuk penggunaan luar ruangan.

Bezel atas, kiri dan kanan sudah tergolong tipis, namun sisi bawahnya masih cukup tebal serta tinggi. Bisa jadi kelebihan karena rasanya lebih pas aja di mata, namun jadinya dimensi secara semakin besar. Dan belum bisa dibuka hingga 180 derajat, sehingga fleksibilitas bukan yang paling unggul. Setidaknya, refresh rate tinggi dan reproduksi warnanya cukup menyenangkan di mata.

Port dan Konektivitas

HP Pavilion Gaming 15

Selain untuk gamer, laptop ini rasanya juga cocok untuk kreator konten. Pasalnya, port yang disediakan di kedua sisi HP Pavilion Gaming 15 tergolong lengkap. Di sebelah kanan, ada 2 port USB-A 5Gbps, DC-in (charging port) dan audio combo jack. Sisanya diletakkan di sebelah kiri; HDMI, USB-A 5Gbps yang mendukung HP Sleep & Charge, port RJ-45, USB-C dan SD card reader.

Port USB-C milik laptop gaming HP ini mendukung USB Power Delivery dan DisplayPort 1.4 hingga 10Gbps. Namun port ini belum bisa digunakan untuk mengisi daya laptop, meski gunakan adapter GaN 65W sekalipun. Sementara untuk konektivitas, sudah mendukung Wi-Fi 6 dengan Intel AX 201 (2×2), dan dukungan Bluetooth 5.0 yang lebih hemat daya dengan cakupan luas.

Performa

PCMark - HP Pavilion Gaming 15

Varian yang saya ulas kali ini bukanlah varian yang paling kencang. Chipset yang digunakan adalah Intel Core i5-10300H quad-core, dengan frekuensi dasar 2,5GHz yang bisa meningkat sampai 4,5GHz dengan Intel Turbo Boost. Dipasangkan dengan RAM 8GB DDR4 (satu keping) plus SSD NVMe M.2 berkapasitas 512GB.

CrystalDiskMark - HP Pavilion Gaming 15

Menggunakan laptop ini untuk kebutuhan browsing, membuka aplikasi Office, Spotify dan beberapa aplikasi editing foto lainnya dalam satu waktu terjadi secara cukup instan dan lancar. Suhunya pun cukup terjaga, dan suara kipas cenderung senyap, tidak terlalu sering aktif.

Yang spesial dan membuat laptop ini tergolong murah adalah kartu grafis yang dibawanya. Bukan seri Ti, namun gunakan NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6. Kemampuan grafis ini tergolong tinggi, di mana saya bisa menjalankan Genshin Impact & The Sims 4 dengan pengaturan grafis default high secara lancar, bahkan saat menggunakan mode baterai sekalipun. Tentunya bakal lancar untuk bermain gim AAA lainnya.

HP juga sediakan aplikasi khusus bernama HP CoolSense. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur kinerja CPU serta putaran kipas, saat laptop sedang dibawa-bawa atau diletakkan dalam posisi yang tidak tetap atau stationary seperti di atas meja. Total ada dua kipas di bagian bawah, yang bisa keluarkan angin lewat lubang khusus di bodi belakangnya.

Fitur Gaming & Lainnya

OMEN Gaming Hub - HP Pavilion Gaming 15

Tak ada fitur gaming khusus pada HP Pavilion Gaming 15 selain aplikasi OMEN Gaming Hub yang sebelumnya sudah saya sebut di atas. Aplikasi ini secara otomatis mengkurasi gim-gim yang sudah saya pasang di laptop. Fitur ekstra lainnya ada galeri wallpaper desktop, AI coaching untuk membantu pemain League of Legends, dan remote play dengan syarat khusus.

Untuk keyboard, lampu backlit-nya hanya memiliki satu warna saja, yaitu hijau. Namun setidaknya masih sangat membantu untuk mengetik dalam kondisi kurang cahaya, dimana tingkatan lampunya bisa diatur dua level. Tak ada keluhan baik untuk keyboard dan touchpad yang sudah mendukung Windows Precision Driver.

Laptop ini juga punya tombol power yang terpisah dari jajaran keyboard. Dua speaker keluaran Bang & Olufsen tergolong cukup baik, dan sudah sangat cukup untuk akomodir gaming tanpa earphone atau speaker tambahan. Kamera depannya, meski tidak diunggulkan, punya sudut pandang sangat lebar dan tergolong berkualitas. Cocok untuk panggilan video.

Baterai

Bukan untuk kamu yang mencari laptop dengan baterai tahan lama. Ya, HP Pavilion Gaming 15 memang punya kapasitas baterai yang lebih besar dari laptop konvensional. Kapasitasnya mencapai 52,5 Wh 3-cell, dan HP mengklaim hingga 9 jam penggunaan untuk memutar video. Untuk penggunaan sehari-hari a-la saya, tak sampai setengah dari durasi tersebut.

Penggunaan saya tergolong ringan, membuka beberapa tab browser dari Microsoft Edge, aplikasi Word dan edit foto saja. Dengan mode battery saver dan kecerahan 75-85%, hanya mencapai maksimum 4 jam. Dan untuk mengisi daya, butuh waktu sedikit lebih dari 2 jam untuk capai 100%, atau -+40% dalam waktu 30 menit pengisian.

Kesimpulan

HP Pavilion Gaming 15

Ingin memiliki laptop dengan tampilan gaming yang cukup kuat, kemampuan grafis NVIDIA GeForce RTX2060 yang tinggi, serta layar 144Hz? HP Pavilion Gaming 15 bisa jadi pilihan yang ideal. Harga ritelnya Rp15,999 juta, sudah termasuk dengan Microsoft Office Home & Student 2019 senilai Rp1,7 jutaan.

Beberapa kekurangannya ada pada masa pakai baterai, serta dimensinya yang memang cukup besar. Namun lagi-lagi, namanya juga laptop gaming. Situasi tersebut sangat umum dan wajar ditemukan pada produk kompetitor. Jadi kalau memang bukan masalah untuk Gizmo friends, silakan jadikan laptop ini sebagai konsiderasi utama.

Review HP Pavilion Gaming 15 (dk1064TX)
8.2 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design8.5
Display9
Performance8.5
Features8
Battery7
Pros
- Layar 144Hz berkualitas
- GPU NVIDIA GeForce RTX 2060
- Kualitas audio memukau
- Bodi tergolong solid
- Suara kipas tidak terlalu kencang
Cons
- Daya tahan baterai cukup singkat
- Dimensi tergolong besar
Summary
HP Pavilion Gaming 15 (dk1064TX) bakal sangat cocok untuk kamu yang mencari kemampuan grafis tinggi, membawa RTX 2060 ke segmen harga yang lebih terjangkau.
User review Kirim review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Kirim review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one


Cek harga produk HP di e-commerce:

Tokopedia Lazada Shopee Bhinneka

Spesifikasi HP Pavilion Gaming 15 (dk1064TX)

HP Pavilion Gaming 15

General

Device Type Laptop
Model / Series HP OMEN 15 2020
Released 14 Juli, 2020
Status Available
Price Rp15.999.000

Platform

Processor Intel® Core™ i5-10300H (2.5 GHz base frequency, up to 4.5 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 8 MB L3 cache, 4 cores)
VGA (Graphic Card) NVIDIA® GeForce RTX™ 2060 with Max-Q design (6 GB GDDR6 dedicated)
RAM (Memory) 8 GB DDR4-2933 SDRAM (1 x 8 GB)
Storage 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
Operating System Windows 10 Home

Body

Dimensions 36 x 25.6 x 2.34 cm, 2,23kg
Display 15.6" diagonal FHD, 144 Hz, IPS, anti-glare, micro-edge, WLED-backlit, 250 nits, 45% NTSC (1920 x 1080)
Battery 3-cell, 52.5 Wh Li-ion, up to 9 hours video playback, 200W smart AC power adapter

Connectivity

Webcam HD WideView Vision Camera
Bluetooth 5.0
Wi-fi 802.11 ax
NFC
I/O Interface 1 SuperSpeed USB Type-C® 10Gbps signaling rate (USB Power Delivery, DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge); 1 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate (HP Sleep and Charge); 2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate; 1 HDMI 2.0; 1 RJ-45; 1 AC smart pin; 1 headphone/microphone combo; 1 multi-format SD media card reader

Other

Audio Audio by B&O; Dual speakers; HP Audio Boost 1.0
Features Acid green backlit keyboard, dual array digital microphone

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.