Cara Scan QR PeduliLindungi Lewat Aplikasi Gojek & Tokopedia

Supaya persebaran virus COVID-19 tidak semakin naik dan terus melandai, beragam upaya dilakukan oleh pemerintah dan beragam pihak ketiga lainnya. Termasuk masyarakat yang juga saling menjaga dengan jalankan gaya hidup sehat, termasuk mendapatkan vaksin secara tepat, sebagai tindak preventif terbaik agar lebih tercegah dari paparan virus.

Selain itu, sebagai salah satu metode pemantauan, diperlukan akses untuk layanan dari aplikasi PeduliLindungi, yang digunakan sebagai salah satu metode contact tracing alias demi melacak dan memantau kontak erat persebaran COVID-19. Juga dapat menampilkan sertifikat vaksin maupun hasil tes COVID-19. Namun tahukah bila proses scan QR bisa diakses lewat Gojek dan Tokopedia?

Baca juga: Begini Cara Dapatkan QR Code PeduliLindungi untuk Tempat Usaha

Untuk contact tracing sendiri, aplikasi PeduliLindungi bakal memerlukan pengguna smartphone agar mengaktifkan beragam sensor, seperti kamera untuk mendeteksi kode QR maupun GPS untuk memastikan lokasi saat proses check-in dimulai. Dengan segala fitur yang dibawa, tentunya bisa menimbulkan masalah bagi sebagian pengguna smartphone masa kini.

Fitur Check In PeduliLindungi Bakal Hadir di Banyak Aplikasi Populer

Aplikasi PeduliLindungi
Fitur QR Code di Aplikasi PeduliLindungi

Karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk belajar banyak dalam menggunakan aplikasi baru, tak sedikit juga yang masih memakai perangkat dengan memori penyimpanan cekak, alias tidak ada ruang untuk memasang aplikasi baru. Nah, jangan khawatir, karena fitur penting pada PeduliLindungi kini juga bisa diakses lewat aplikasi keseharian yang sangat populer, yaitu Gojek dan Tokopedia.

Sebenarnya tidak hanya dua aplikasi tersebut saja yang dilengkapi dengan fitur scan QR dari PeduliLindungi—Kementerian Kesehatan atau Kemenkes sendiri umumkan bila bakal integrasikan setidaknya ke 11 aplikasi populer yang banyak digunakan masyarakat. Seperti Traveloka, Tiket, DANA sampai Jaki.

Proses untuk hadirkan fitur dari PeduliLindungi tersebut tentunya memakan waktu alias tak bisa serentak. Hingga artikel ini dibuat, setidaknya baik Gojek dan Tokopedia sudah bisa dimanfaatkan untuk lakukan keperluan utama seperti scan QR. Di mana saat ini sudah merupakan hal wajib ketika hendak memasuki pusat perbelanjaan, restoran sampai swalayan sekalipun.

Cara Check In PeduliLindungi Lewat Gojek dan Tokopedia

Check In PeduliLindungi Gojek

Sangat mudah. Bagi Gizmo friends yang lebih ingin mengakses atau scan kode QR lewat salah satu dari kedua aplikasi tersebut, bisa mencobanya baik lewat smartphone Android maupun iOS. Untuk aplikasi Gojek, cukup klik tombol “Check in” pada halaman depan, atau klik link ini bila memang tombol tersebut tak dapat ditemukan.

Di dalamnya, kamu bakal perlu mengisi data diri seperti nama lengkap dan nomor KTP secara tepat. Data tersebut bisa diisi terlebih dahulu, agar nantinya bisa langsung scan QR ketika sampai lokasi yang membutuhkan hal tersebut. Setelahnya, cukup scan dan tunjukkan hasil berikutnya kepada penjaga pintu masuk.

Check In PeduliLindungi Tokopedia

Sementara untuk Tokopedia, caranya sedikit berbeda. Pada tampilan awal, kamu bisa langsung temukan logo PeduliLindungi di deretan lambang atau ikon kedua, setelah banner lebar yang ada di tengah layar smartphone. Klik gambar tersebut, dan instruksi untuk input nama sampai NIK bakal sama persis.

Ketika hendak check out, cukup scan ulang barcode yang diberikan dekat pintu keluar. Sementara untuk mengganti NIK, terdapat opsi yang ada di teks bagian bawah halaman scan QR. Oh ya, tak perlu khawatir akan keamanan, karena data pengguna sepenuhnya diteruskan ke sistem PeduliLindungi dan Dukcapil untuk proses validasi. Selamat mencoba!

Tinggalkan komen