Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Amazfit Band 5, Versi Mewah Mi Band dengan Sensor SpO2

1 1.957

Amazfit, sebuah brand yang fokus merilis aksesori serta perangkat wearable, baru saja merilis smartband atau gelang pintar terbarunya pekan lalu. Didukung oleh Xiaomi, tak heran bila desain produknya terlihat identik. Dalam hal ini adalah Mi Smart Band 5 yang sudah hadir resmi di Indonesia.

Rilis pertama untuk pasar Amerika Serikat, Amazfit Band 5 hadir dengan strap karet warna-warni, layar besar, serta fitur-fitur kesehatan yang lengkap. Berbeda dengan milik Xiaomi, smartband ini hadir lebih mahal, dengan fitur yang lebih lengkap termasuk SpO2 sensor. Sebuah fitur yang banyak dicari di perangkat wearable, terutama di situasi pandemi saat ini.

Ya, memang cukup disayangkan ketika Mi Smart Band 5 hadir resmi di Tanah Air tanpa kemampuan untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah. Karena hal tersebut bisa digunakan sebagai salah satu acuan gejala sakit termasuk Covid-19. Amazfit Band 5 disempurnakan dengan fitur yang banyak dicari tersebut.

Baca juga: Xiaomi Indonesia Bawa Mi Smart Band 5 & Wi-Fi Range Extender Pro

Keunggulan Amazfit Band 5

Amazfit Band 5

Perbedaan lainnya adalah tambahan dukungan perintah Amazon Alexa. Dengan begitu, pengguna bisa mengucap pertanyaan, mengatur pengingat, alarm atau mengendalikan perangkat IoT di rumah hanya dengan perintah suara. Sementara sisanya sama saja, masih dilengkapi layar 1,1 inci menggunakan panel AMOLED yang mendukung input sentuh. Lengkap dengan sebuah tombol kapasitif di bawah layarnya.

Sejak awal rilis, Amazfit janjikan hingga 45 watch face yang bisa dipilih. Jika diinginkan, pengguna juga bisa menggunakan foto mereka sendiri untuk dipasangkan menjadi watch face di Amazfit Band 5. Fitur fitness tracker-nya bisa mencatat 11 jenis olahraga indoor maupun outdoor, seperti bersepeda, sepeda statis, berenang sampai olahraga lompat tali.

Sensor PPG BioTracker 2 pada Amazfit Band 5 dapat mencatat detak jantung selama 24/7, dan memberitahukan bila detak per menitnya terlampau tinggi. Sementara sensor dari Somnuscare dapat dimanfaatkan untuk mengukur kualitas tidur, dan sistem PAI (Personal Activity Intelligence) dari Huami dapat memonitor tingkat stress penggunanya.

Dan untuk pengguna wanita, Amazfit juga berikan fitur untuk mencatat siklus menstruasi, serta memberikan peringatan sebelum waktunya. Meski fiturnya cukup banyak, perangkat ini dapat digunakan hingga dua minggu dengan baterai berkapasitas 125 mAh. Jika dibutuhkan, terdapat mode power saving yang bisa menambah masa pakai sampai 25 hari.

Harga Amazfit Band 5

Amazfit Band 5

Di Amerika Serikat, Amazfit Band 5 sudah dapat dibeli langsung dari situs Amazon dengan harga USD45, atau sekitar Rp670 ribu. Lebih mahal memang, dari Mi Smart Band 5 yang hadir resmi di Indonesia seharga Rp449 ribu.

Amazfit sendiri menyebutkan bila perangkat smartband murah dengan SpO2 sensor ini bakal merambah ke pasar lain mulai bulan Oktober. Di Indonesia sendiri, beberapa perangkat Amazfit telah hadir lewat distributor resmi. Salah satu smartwatch-nya, Amazfit Bip bahkan bisa didapatkan di gerai resmi Xiaomi di Indonesia.