Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Cara Mudah Gunakan Kamera Smartphone Menjadi Pengganti Webcam Laptop

2 5.904

Ketika semua dilakukan secara digital, baik itu kelas perkuliahan atau meeting kerjaan, baru terasa kalau selama ini laptop yang kita gunakan, webcam-nya kurang memadai. Mungkin secara performa, laptop yang kamu gunakan masih ngebut dan nggak masalah untuk sekadar akses Microsoft Office. Tapi dengan semakin seringnya melakukan video conference, baru deh terasa, “kok kameranya kurang bagus ya?”

Tentu kamu ingin present atau menampilkan diri dengan baik dalam sebuah meeting digital. Mau upgrade laptop, rasanya cukup boros kalau hanya untuk sekadar ingin kualitas video yang baik. Beli webcam tambahan? Bisa saja, tapi tentu tidak praktis, menambah satu perangkat dengan satu fungsi tunggal. Nah, berikut tim Gizmologi berikan tips untuk gunakan kamera smartphone sebagai pengganti webcam.

Yup, daripada mengganti laptop atau membeli kamera webcam tambahan, kamu bisa manfaatkan kamera smartphone yang ada sebagai webcam, dengan kualitas yang tentunya jauh lebih bagus. Cara ini tentunya gratis, serta kompatibel baik untuk smartphone Android, iOS, perangkat Windows PC maupun Mac.
Baca juga: Tips Efektif Kerja di Rumah dengan Memanfaatkan Teknologi

Install Aplikasi di Smartphone & PC Terlebih Dahulu

Secara garis besar, cara memasangkan kedua perangkat ini sangat mudah. Kamu hanya perlu install aplikasi di masing-masing perangkat yang ingin dihubungkan, sambungkan kedua perangkat lewat jaringan sama, dan selesai. Ada dua alternatif aplikasi yang bisa kamu pilih, yaitu DroidCam dan Iriun.

Berikut adalah bahan unduh untuk masing-masing aplikasi, baik di smartphone maupun aplikasi client yang harus kamu pasang di PC:

Setelah memasang aplikasi baik di smartphone maupun komputer, buka kedua aplikasi tersebut. Sebelumnya, pastikan smartphone dan komputer tersambung pada jaringan yang sama.

Untuk Iriun, kedua perangkat akan tersambung secara otomatis, lebih mudah untuk digunakan. Setelah tersambung, tersedia opsi untuk ubah kamera dan mengganti resolusi video mulai 480p hingga 2160p (jika kamera smartphone-nya mendukung).

Sambungan kamera DroidCam
Tak seperti Iriun, DroidCam memerlukan langkah tambahan untuk sambungkan kamera smartphone.

Sementara untuk DroidCam, pengguna perlu menginput kode IP serta port di komputer, disamakan dengan yang tertampil pada smartphone. Klik start, dan kamera langsung dapat digunakan. DroidCam memiliki pengaturan yang lebih kompleks. Termasuk opsi untuk memberi limit frame per second video agar lebih hemat bandwidth, serta opsi untuk menggunakan mikrofon yang ada di smartphone.

Ubah Webcam Agar Gunakan Kamera Smartphone

Ubah kamera webcam Zoom
Ubah kamera yang digunakan pada aplikasi video conference.

Setelah terhubung, minimize jendela aplikasi atau biarkan aplikasi webcam pada komputer berjalan di belakang. Setelah itu kamu tinggal setup kamera agar digunakan di masing-masing aplikasi video conference.

IDi aplikasi Zoom, misalnya, kamu hanya perlu akses menu Settings – Video, lalu ganti kamera yang digunakan ke DroidCam atau Iriun, sesuai pilihan yang Gizmo friends gunakan.

Kamera Smartphone Sebagai Webcam
Gunakan mini tripod untuk meletakkan smartphone agar sesuai sebagai webcam.

Mudah bukan? Kamu tinggal meletakkan smartphone agar posisi kamera sesuai. Kamu juga bisa menggunakan alat tambahan seperti mini tripod atau gorillapod, diletakkan di belakang monitor ataupun laptop, agar sesuai layaknya webcam bawaan. Sekarang kamu sudah bisa gunakan kamera smartphone sebagai webcam untuk kelas virtual dan video conference. Selamat mencoba!