Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips: Memanfaatkan CCTV untuk Live Streaming Bareng Keluarga

1 345

Dengan teknologi, larangan mudik untuk menekan pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan untuk bercengkrama dengan sanak saudara maupun orang tua yang jauh dari rumah. Tak hanya berkomunikasi melalui smartphone atau laptop dengan video conference, kita juga bisa memanfaatkan CCTV untuk live streaming.

Larangan mudik dari pemerintah memang keputusan berat. Namun hal itu bukan menjadi halangan untuk bisa bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman. Sampai waktu pengangkatan kebijakan disampaikan, implementasi unik dari smart camera ini patut dicoba untuk mengobati kerinduan kalian akan orang-orang yang ada di kampung halaman.

Alasannya adalah layanan video call sudah menjadi hal yang biasa dan normal dilakukan di kalangan masyarakat. Tetapi video call membutuhkan momen atau meluangkan waktu spesifik untuk dapat dilakukan. Nah, smart camera yang lebih dikenal dengan CCTV (closed-Circuit Television) merupakan perangkat kamera yang biasanya digunakan untuk mengawasi dan menjadi sistem keamanan rumah atau toko. Namun dengan sedikit adaptasi, fungsi dari CCTV bisa menjadi lebih dari sekadar sistem keamanan rumah.
Baca juga:Cara Tepat Memilih Kamera Surveillance (CCTV)

Salah satu produsen terkemuka di sektor ini adalah EZVIZ yang merupakan sub-brand dari Hikvision. Produsen asal China ini memiliki beragam produk smart camera dalam ruangan yang sangat ideal untuk mengabadikan
momen keseharian.

Memanfaatkan CCTV

Berikut ini beberapa ide kreatif memanfaatkan CCTV untuk live streaming:

memanfaatkan cctv untuk live streaming

Pilih kamera resolusi tinggi 
Artikel terkait

Agar kualitas gambar mumpuni, pilih kamera dengan resolusi tinggi. Contohnya smart camera dari EZVIZ ada yang punya lensa 4 mm dengan sensor 1/2.9” Progressive Scan CMOS sehingga mampu menangkap gambar hingga resolusi Full-HD 1080p. Lebih bagus lagi jika memiliki motor dengan fungsi rotasi vertikal dan horizontal, sehingga menampilkan area pengawasan hingga 360° tanpa titik buta (blind spot).

Ditambah koneksi nirkabel 2.4GHz, dan pasangan mikrofon-speaker memungkinkan untuk berkomunikasi dengan lawan bicara meski berada di tempat jauh seperti kampung halaman.

Live streaming Melalui Aplikasi

Didukung dengan aplikasi mobile, kita dapat mengakses tayangan smart camera yang tersambung dengan WIFI dimana saja dengan mudah dan nyaman. Fungsi utama kamera ini ditujukan untuk keamanan rumah, namun dengan beragam fitur dan kecanggihan teknologi, kita bisa memanfaatkan cctv smart camera agar bisa merangkap fungsi memberikan live streaming kegiatan sehari-hari sanak saudara maupun orang tua tersayang.

Pasang di Lokasi Strategis

Pemasangan yang mudah dan sederhana menjadikan smart camera ideal untuk diletakkan di ruangan strategis seperti di ruang keluarga atau dimanapun pusat utama aktivitas berlangsung.

Momen Unik yang Spontan

Implementasi unik dan kreatif dari smart camera ini memungkinkan pengguna untuk menyaksikan dan mengabadikan momen keseharian menarik yang sangat susah ditangkap menggunakan video call seperti pada umumnya.

Misalnya momen langkah pertama dari anak, tingkah laku lucu dari kucing kesayangan yang terjadi secara spontan dan tidak terduga. Kamera CCTV dengan kualitas gambar yang jernih dapat mengabadikan momen berharga tersebut dan kalian dapat menikmati momen berulang-ulang dan setiap saat.

Kemudahan penggunaan smart camera memungkinkan kalian untuk melihat apa yang dilakukan orang di rumah di setiap saat. Baik sedang bersantai di keluarga, berkreasi unik dengan menggambar, dan masih banyak lagi momen menarik yang dapat ditangkap.