Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tips Memilih Wireless Charger yang Tepat untuk Gadget

Sekarang sudah mulai banyak gawai yang mendukung pengisian daya secara nirkabel atau lebih dikenal dengan sebutan wireless charging. Tapi tentu saja fitur ini akan nirfaedah jika kamu tidak punya wireless charger untuk mengisi daya pada gizmo kesayanganmu. Masih cara konvensional dengan menyambungkan perangkat memakai kabel ke colokkan listrik.

Nah, jika ingin lebih keren, maka tak ada salahnya untuk membelinya. Namun membeli wireless charger yang tepat untuk perangkat yang dimiliki ternyata cukup menyulitkan. Ada begitu banyak pilihan yang ada di pasaran. Beberapa diantaranya mengisi daya pada kecepatan berbeda. Form factor masing-masing charger pun berbeda, bahkan beberapa tidak mencakup segala yang dibutuhkan oleh perangkat Anda.

Biar kamu tidak bingung, berikut ini adalah panduan apa yang harus dicari pada wireless charger.

Parameter Memilih Wireless Charging

1. Qi charging

Ini merupakan standar umum, jadi pastikan wireless charging yang dipilih mendukung standar Qi, karena ada begitu banyak standar wireless charging lain

2. Daya

Dasar daya wireless charging dimulai di 5 watt, tetapi sebagian besar ponsel mendukung pengisian daya yang cepat. iPhone dirancang untuk mengisi daya pada kecepatan maksimum 7,5W, ponsel Samsung mengisi daya pada 9W dan ponsel Android lain mendukung sampai 10W. Jadi jika keluaran charger kurang dari yang dibutuhkan maka pengisian daya tidak terlalu cepat. Kemungkinan dibutuhkan charger 10W untuk memastikan memenuhi kebutuhan ponsel yang dibeli.

Related Posts
1 daripada 53

3. Konektor standar

Sebagian besar tatakan (pad) wireless charging dipasang pada adapter untuk disambungkan ke colokan listrik di dinding. Beberapa perusahaan menggunakan port yang aneh untuk memasang ke pad, sementara yang lainnya menggunakan port standar seperti MicroUSB atau USB-C. Sebaiknya memilih konektor yang standar saja, demi berjaga-jaga jika kabel rusak atau hilang.

4. Adapter dinding

Periksa apakah pad untuk pengisian daya dilengkapi dengan adapter yang bisa dipasang ke outlet di dinding. Jika Anda harus menyiapkannya sendiri, pastikan dapat memberikan daya yang cukup untuk pengisian pada kecepatan penuh. Pad 10W dengan adapter yang dicolokkan 5W hanya bisa mengisi daya 5W.

5. Merek

Wireless charger pad bagaimanapun merupakan charger yang meneruskan arus listrik ke gawai kamu. Jadi sebaiknya pastikan tak akan ada kesalahan yang bisa membuat smartphone kamu gosong. Sebaiknya pilih brand atau merk yang memiliki reputasi bagus seperti Anker, RavPower, Mophie, Belkin atau Samsung.

6. Ukuran dan Estetika

Ada berbagai jenis wireless charger yang beredar di pasar. Ada yang berukuran besar, kecil, datar dan beberapa yang bisa mengisi daya ponsel pada sudut tertentu. Jika membeli untuk meja sebaiknya pilih charger yang menyudut sehingga dapat melihat layar dan membukanya dengan Face ID atau pengenalan wajah.

7. Gaya pribadi
Selain jenisnya yang beragam, piranti ini juga hadir dalam berbagai bentuk. Contohnya adalah bingkai foto atau tatakan kulit. Beli yang memang sesuai selera karena charger akan diletakkan pada meja dalam jangka waktu yang cukup lama.

Nah, setelah mengetahui beberapa parameter yang patut dipertimbangkan saat memilih wireless charger, tentu kamu sudah mendapat gambaran wireless charger seperti apa yang ingin dibeli.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More