Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kena Banjir? Ini Tips Menangani Smartphone yang Terendam Air

0 829

Setelah dilanda kemarau selama beberapa bulan, Indonesia memasuki musim hujan. Dengan curah hujan yang tinggi, beberapa daerah menjadi rawan banjir. Seperti yang terjadi pada tahun baru 2020 saat banjir besar melanda. Curah hujan tinggi diprediksi masih berlangsung hingga beberapa bulan ke depan. Sehingga bisa saja merendam berbagai barang berharga. Termasuk smartphone yang terendam air.

Jika tidak ditangani dengan tepat, alih-alih kembali normal, smartphone yang terendam air bisa mati total. Bahkan smartphone yang menyandang rating IP68 pun tidak terbebas dari masalah ini. Menurut pihak OPPO Service Center, ponsel tahan air tersebut sebenarnya hanya diberi lapisan semacam karet atau seal yang menahan air masuk ke dalam komponen. Seiring berjalannya waktu dan penggunaan, seal karet tersebut bisa aus. Sehingga air bisa masuk ke dalam. Terlebih sifatnya juga sekadar sebagai antisipatif.

Contoh motherboard smartphone yang terendam air (gambar yang bawah). Ada warna kuning kecoklatan)

Nah bagaimana jika terlanjur smartphone terendam air? Meski kelihatannya tertutup rapat, air dapat dengan mudah merembes ke dalam smartphone dalam waktu yang sangat singkat. OPPO berbagi tips sebagai berikut, yuk simak.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah konsumen tidak berupaya untuk menyalakan perangkat, karena dapat terjadi arus pendek yang dapat menyebabkan perangkat mati total.
  2. Kemudian, untuk mengeringkan perangkat bagian luar harusnya menggunakan kain lap yang kering
  3. Sedangkan untuk lubang pada bagian speaker, jack 3,5mm, konektor charger dapat dikeringkan dengan bantuan pengering rambut. Namun perlu diperhatikan adalah harus menggunakan suhu dan kecepatan yang paling rendah dan dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan perangkat.
  4. Jangan membongkar pasang sendiri. Setelah keseluruhan langkah dilakukan, segera bawa perangkat ke OPPO Service Center terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih detail oleh teknisi OPPO agar kerusakan perangkat tidak semakin parah.