Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tiga Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone OPPO, Wajib Coba!

0 19.315

Adakah Gizmo friends yang merasa baterai smartphone-nya makin lebih cepat habis? Bila iya, maka tenang, kalian tidak sendiri. Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa smartphone kalian bisa terasa lebih cepat habis dari sebelum-sebelumnya, terutama saat pertama kali membeli smartphone. Untuk pengguna smartphone OPPO, tenang, ada solusinya.

Penyebab dari baterai boros pada smartphone bisa bermacam-macam. Selama pandemi, tentu smartphone kamu bakal terasa lebih cepat habis baterai karena intensitas penggunaannya yang jauh lebih sering daripada di masa sebelum COVID-19. Lebih terbatasnya sumber hiburan membuat kita lebih banyak akses digital langsung dari smartphone. Mulai dari main gim, media sosial sampai streaming film.

Dan seperti yang Gizmo friends ketahui, setiap baterai pada smartphone memang memiliki masa pakai masing-masing. Semakin sering digunakan atau diisi daya, kapasitas penuhnya bakal turun seiring dengan waktu dan penggunaan. Untuk hindari hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Gizmo friends terapkan, supaya baterai smartphone OPPO kalian bakalan awet sepanjang hari dan tahun.

Baca juga: Tips Ubah Tampilan Smartphone OPPO Lebih Personal di ColorOS 11

Matikan Fitur yang Tidak Perlu

OPPO ColorOS 11
Menonaktifkan yang tidak perlu seperti mobile data, Bluetooth & NFC bisa perpanjang durasi baterai.

Ini adalah tips yang sangat umum, mudah dan bisa dicoba untuk semua. Dengan banyaknya fitur yang tersedia pada smartphone masa kini, kamu bisa mematikan fitur-fitur yang dirasa tak perlu diaktifkan. Misalnya, beberapa sensor hardware seperti koneksi data (bila tersambung ke Wi-Fi), Bluetooth sampai sensor NFC.

Pengaturan tampilan ColorOS 11
Mengaktifkan mode gelap (dark mode) & mengatur kecerahan juga efektif bikin baterai irit.

Dengan begitu, waktu standby pastinya bakal meningkat. Selain itu, penggunaan layar juga berkontribusi banyak terhadap konsumsi daya. Bagi kamu yang gunakan smartphone OPPO dengan layar AMOLED, mengubah tampilan ke dark mode bakal perhemat konsumsi baterai secara signifikan. Dan bila tidak diperlukan, kamu bisa mematikan fitur always-on display (walaupun tampilan layar bakal jadi kurang keren, ya).

Manfaatkan Fitur Optimasi Baterai di ColorOS

Fitur Baterai ColorOS 11

Tak hanya berikan tampilan visual yang sangat mudah untuk dikustomisasi, ColorOS 11 juga hadir membawa beberapa fitur khusus untuk menambah durasi penggunaan baterai. Fitur ini wajib bagi Gizmo friends pengguna smartphone OPPO untuk dicoba dan diulik lebih dalam. Disesuaikan dengan penggunaan sehari-hari, supaya bisa tahan seharian atau lebih.

Masuk ke menu Settings – Battery, dan kamu bakal menemukan opsi untuk “save power” di bawah persentase baterai. Tombol ini jadi solusi paling mudah, secara otomatis mendeteksi fitur maupun aplikasi apa yang boros daya, dan bisa dimatikan untuk menghemat baterai. Di bawahnya, ada dua opsi penghemat daya yang juga bisa dipakai.

Power saving mode bisa dibuat agar aktif ketika smartphone sudah mencapai persentase baterai tertentu, semisal, bakal aktif saat sudah mencapai 15%. Mode ini masih mengizinkan smartphone untuk berfungsi normal, hanya saja notifikasi aplikasi mungkin akan delay. Ingin jauh lebih hemat? Super power saving mode bisa diaktifkan dalam kondisi darurat. Dengan begitu, tampilan berubah menjadi sangat standar, dan kamu hanya bisa akses tak lebih dari enam aplikasi.

Ada lagi dua fitur tambahan yang cukup spesial di ColorOS. “Sleep standby optimization” mampu sesuaikan konsumsi baterai saat jam tidur, bakal tidurkan non-aktifkan aplikasi di jam tersebut. Sementara “optimized night charging” bakal sesuaikan arus pengisian daya smartphone menggunakan AI. Smartphone hanya akan mengisi hingga penuh saat pagi hari, mencegah terjadinya overcharge saat isi daya semalaman.

Gunakan Pengisi Daya yang Sesuai

SuperVOOC 2.0 OPPO Reno4 Pro

Tips yang ini berguna untuk memperpanjang masa pakai baterai hingga beberapa tahun mendatang. Hindari penggunaan charger atau kabel pengisi daya abal-abal, karena dapat mengganggu arus pengisian daya. Arus yang tidak stabil tentu berpengaruh terhadap umur baterai, dan bisa merembet ke kerusakan hardware lainnya.

Lebih disarankan untuk gunakan aksesoris dari produsen yang tepercaya, terutama aksesori resmi atau bawaan smartphone. Beberapa seri smartphone OPPO dilengkapi dengan adaptor charger VOOC, di mana OPPO berikan perlindungan berlapis dan mengalihkan daya panas ke kepala charger. Dengan begitu, smartphone kamu bakal terisi dengan cepat dalam suhu yang relatif dingin.

Itulah tiga tips utama yang bisa Gizmo friends manfaatkan untuk menghemat konsumsi daya baterai, membuat smartphone OPPO kamu bisa tahan digunakan seharian untuk penuhi kebutuhan sehari-hari. Punya tips lain? Sampaikan lewat komentar di bawah ya!

Tinggalkan komen