Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lima Langkah Praktis Tangkal Misinformasi Terkait Covid-19

0 7.990

Dalam situasi sekarang ini, penting untuk mengetahui berita terbaru yang akurat terkait pandemi virus korona (Covid-19). Hal tersebut diperlukan agar kita sebagai masyarakat bisa selalu waspada. Namun demikian, tak sedikit juga berita hoax maupun informasi tak benar yang tersebar di media sosial seperti Facebook.

Ini justru membuat pembacanya kebingungan, bahkan menimbulkan rasa takut serta panik yang seharusnya tidak boleh terjadi. Rasa panik atau stress dapat menurunkan kadar imun dalam tubuh, membuat kita lebih mudah terpapar virus. Kondisi ini rupanya menjadi perhatian Facebook untuk melakukan penanggulangan.

Sebagai pengguna internet, seharusnya setiap orang memiliki tanggung jawab untuk bantu mengurangi penyebaran berita hoax atau informasi yang salah. Memastikan bahwa kita hanya memberikan informasi yang benar atau telah terverifikasi.

Dengan begitu, masyarakat bisa tetap tenang sembari waspada menghadapi pandemi virus korona ini bersama-sama. Nah, Facebook memberikan lima tips agar orang-orang dapat terhindar dari informasi yang salah tentang virus korona.
Baca juga: Tips Menghindari Modus Penipuan di WhatsApp

Lima Tips Menangkal Berita Hoax

Tips tangkal berita dari Facebook

Tips pertama, perhatikan penulisan judul artikel. Misinformasi atau berita hoax seringkali punya judul yang bombastis, menggunakan huruf kapital dengan tanda seru. Jika dari judul saja terlihat cenderung mengejutkan dan tidak dapat dipercaya, besar kemungkinan berita pada artikel tersebut palsu.

Alamat situs atau URL palsu seringkali dibuat mirip asli, dengan sedikit perubahan seperti penggantian huruf kapital “I” dengan huruf kecil “l”, atau mengganti angka “0” dengan “O”. Untuk meyakinkan lebih lanjur, kamu dapat membuka jendela browser baru ke dalam situs aslinya untuk membandingkan URL dengan sumber terpercaya.

Facebook: Perhatikan URL berita

Kedua, perhatikan baik-baik URL dan isi halaman berita. Pastikan berita ditulis oleh sumber terpercaya dan memiliki reputasi keakuratan yang baik. Jika berita berasal dari organisasi yang tidak dikenal, baca bagian “Tentang” di situ mereka untuk mengetahui lebih lanjut.

Berita hoax mungkin juga berisi linimasa yang tidak masuk akal, tanggal peristiwa yang diubah, maupun salah eja atau dengan tata letak yang canggung. Konten gambar maupun video juga bisa dimanipulasi, sehingga kita harus selalu bersikap skeptis terhadap penggunaan foto atau video yang ada dalam isi berita.

Langkah ketiga yang bisa diterapkan adalah memeriksa sumber informasi. Kurangnya bukti atau ketergantungan terhadap ahli-ahli yang tidak disebut namanya mengindikasikan kabar berita palsu. Dan yang keempat, periksa informasi yang sama dari sumber berita lainnya. Jika informasi dilaporkan oleh beberapa sumber yang kamu percayai, maka kemungkinan informasi tersebut benar.

Akses Informasi Resmi dari Otoritas Kesehatan

Yang terakhir, kamu bisa mendapatkan informasi resmi terbaru mengenai Covid-19 dari otoritas kesehatan global dan lokal. Sehingga kamu bisa sepenuhnya yakin telah atau sedang membaca dan membagikan informasi yang benar dan akurat. Berikut adalah beberapa sumber yang bisa dirujuk untuk informasi akurat:

Laporkan berita palsu di Facebook
Cara melaporkan berita palsu yang tersebar di Facebook.

Kalau kamu menemukan postingan berisi misinfomrasi atau berita hoax di Facebook, segera laporkan postingan tersebut langsung dari aplikasi dengan cara seperti di atas. Jadilah pengguna internet yang bertanggung jawab, dan mari bersama-sama menyebarkan informasi yang cukup serta akurat.