Perbedaan iPhone 6s vs iPhone 6s Plus: Masih Layak Beli di 2021?

Jakarta, Gizmologi – Apple selalu mengeluarkan ponsel terbaru iPhone setiap tahun. Tercatat, di tahun 2021 ini iPhone baru saja meluncurkan iPhone 13 Pro yang dibekali teknologi dan fitur-fitur canggih. Meski begitu, kehadiran iPhone series sebelumnya pun masih banyak diminati, salah satunya iPhone 6s vs iPhone 6s plus.

Sekilas, baik iPhone 6s maupun iPhone 6s Plus tidak terlihat perbedaan yang menonjol dari segi fisik. Namun, tentu keduanya berbeda dan tak jarang membuat pembeli sedikit kebingungan akan perbedaan keduanya. Tak hanya terkait perbedaan, pertanyaan yang kemudian mengemuka adalah masihkah perangkat tersebut layak dipakai di tahun 2021?

Hal ini mengingat iPhone 6s series diluncurkan tahun 2015 atau enam tahun yang lalu. Sebagai sebuah perangkat, usianya tentu sudah terbilang uzur. Tapi, berbeda dengan Android, perangkat seri lama iPhone terbukti masih banyak yang mencarinya.

iPhone 6s vs iPhone 6s Plus

Perbandingan iPhone 6s vs iPhone 6s PlusNah, baik iPhone 6s vs iPhone 6s Plus ini apakah masih layak juga untuk dimiliki? Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu selanjutnya.

1. Desain Modern

Desain iPhone 6s vs iPhone 6s Plus sekilas memang terlihat mirip, namun tampilan dan dimensi iPhone 6s Plus lebih elegan dan juga lebih besar.  Pada iPhone 6s memiliki dimensi 138.3 x 67.1 x 7.1 mm, sedangkan iPhone 6s Plus 158.2 x 77.9 x 7.3 mm.

Keduanya dibuat dengan material aluminium seri 7000 yakni sejenis logam kuat yang digunakan Apple. Sementara itu varian warna yang dihadirkan pun lebih menarik dan beragam seperti Space Gray, Silver, Gold, dan Rose Gold. Dari ketiga pilihan warna tersebut, warna Rose Gold paling laris di pasaran.

Meskipun menggunakan jenis layar yang sama, tapi secara keseluruhan keduanya memiliki ukuran yang berbeda. Hal ini dikarenakan iPhones 6s Plus memiliki layar yang lebih besar yakni 5,5 inci. Berat keduanya pun berbeda. iPhone 6s memiliki berat 142 gram sedangkan iPhone 6s Plus sekitar 193 gram. Sehingga jika Anda mencari ponsel yang lebih ramping maka bisa memiliki iPhone 6s, namun untuk genggaman yang lebih mantap iPhone 6s Plus juaranya.

2. Kamera

Meskipun sama-sama dilengkapi dengan kamera iSight pada kamera belakangnya dengan resolusi 12 MP dan 5 MP pada bagian kamera selfie atau kamera depan, tapi kamera iPhone 6s Plus terbilang lebih canggih dibandingkan iPhone 6s. Hal ini karena karema belakang iPhone 6s Plus dilengkapi dengan OIS sehingga lebih cepat dalam menangkap gambar dan tentunya lebih jernih. Sedangkan pada kamera depannya, baik iPhone 6s dan iPhone 6s Plus sama dan tidak ada perbedaan.

3. Baterai

Baterai yang digunakan pun juga terbilang berbeda. Pada iPhone 6s masih menggunakan iPhone 6 dengan baterai tipe Non-removable Li-PO berkapasitas 1810 mAh. Sedangkan kapasitas baterai iPhone 6s plus ialah 2915 mAh yang mana 1,7 kali lebih besar dibandingkan iPhone 6s serta lebih tahan lama. Jika baterai yang digunakan lebih besar dan tahan lama, tentunya aktivitas Anda tidak akan mudah terganggu.

4. Prosesor

Kelebihan iPhone 6s Plus lainnya ialah prosesor yang digunakan yakni chipset A9 APL 0898 yang merupakan chip paling canggih yang pernah ada di zamannya. Diketahui chip A9 ini adalah chipset generasi ketiga dari Apple dengan arsitektur 64-bit. Selain itu, chip ini juga dioperasikan menggunakan CPU Dual Core 1.85 GHz. Maka tak heran jika kinerja keseluruhan ponsel iPhone 6s Plus ini meningkat 70% daripada generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, grafis iPhone 6s Plus pun dipercayakan pada GPU  PowerVR GT7600 yang dapat meningkatkan performa iPhone 6s Plus hingga 90% dibandingkan ponsel iPhone keluaran sebelumnya sehingga membuat pengalaman gaming, membuka banyak aplikasi, jadi lebih mudah dan menarik.

5. Konektivitas Jaringan 4G LTE

iPhone 6 Plus sudah dilengkapi dengan jaringan 4G LTE. Meski begitu, ponsel ini bukanlah dual-SIM sehingga Anda hanya bisa menggunakan 1 SIM Card saja pada handset ini. Selain itu,  iPhone 6 Plus juga kompatibel untuk terhubung dengan Bluetooth v4.2 yang memudahkan Anda untuk mentransfer file, foto, dan video dengan cepat. Tak hanya itu, iPhone 6 Plus juga memudahkan Anda untuk terhubung dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac yang memiliki kecepatan ekstra ketika terhubung ke internet nirkabel, NFC, dan USB v2.0.

6. Dukungan Sistem Operasi iOS 15

iOS 15Awal Juni lalu, Apple memperkenalkan perangkat lunak generasi terbaru iOS 15 yang hadir di iPhone terbaru, termasuk beberapa seri iPhone yang sudah ada sebelumnya. Kabar baiknya, tak hanya iPhone modern seperti iPhone XS Series saja yang bakal mendukung iOS 15.

Apple bakal bawa software paling canggihnya tersebut jauh ‘mundur’ hingga ke iPhone 6S—sebuah smartphone yang dirilis pada September 2015 lalu. Artinya, Apple masih memberikan dukungan pada perangkat yang rilis 6 tahun lalu. Seolah masih berikan kesempatan konsumennya untuk gunakan perangkat tersebut lebih lama, tak melulu harus upgrade untuk menikmati fitur terbaru.

Namun tentunya, jangan harap bila seluruh fitur baru yang ditawarkan lewat iOS 15 bakal hadir di seri iPhone lawas, ya. Beberapa fitur yang baru dan hadir di aplikasi seperti FaceTime dan Health, memerlukan spesifikasi hardware lebih tinggi, ditambah sensor tertentu yang belum dimiliki pada iPhone lawas.

Meski demikian, dari berbagai laporan, iOS 15 tidak membuat smartphone iPhone 6s dan iPhone 6s plus mengalami penurunan performa. Kinerjanya terbilang lancar. Ini memang yang membedakan perangkat besutan Apple dan Android. Meski harga awalnya tergolong mahal, tetapi masih mendapat dukungan bahkan hingga 6 tahun.

7. Harga iPhone 6s vs iPhone 6s Plus 

Perbedaan iPhone 6s vs iPhone 6s Plus berikutnya terdapat pada harga. iPhone 6s pada November 2021 Rp 2 jutaan. Sedangkan iPhone 6s Plus dijual mulai Rp 2,5 jutaan saja. Sehingga iPhone 6s lebih terjangkau dan cocok untuk yang menginginkan ponsel berharga lebih murah. Namun, iPhone 6s Plus dengan kualitas yang lebih baik dan perbedaan harga yang tak terlalu jauh, tentu juga menguntungkan membeli iPhone 6s Plus dengan harga Rp 2,5 jutaan.

Salah satu e-commerce yang memberikan kenyamanan dan kepercayaan juga garansi original pada produk yang dijual ialah Blibli.com. Harganya pun bersaing dan tentunya menawarkan kemudahan bertransaksi yang baik pada konsumennya. Selain itu, Blibli.com juga memberikan ragam pembayarann yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa perbedaan antara iPhone 6s vs iPhone 6s Plus. Setelah membaca artikel di atas, menurut kamu apakah perangkat ini masih layak dimiliki di tahun 2021? Jawaban kami, iya. Tapi karena ini adalah perangkat yang sudah berusia cukup lama, sebelum membeli harus dipastikan kualitasnya. Pilih yang memberikan garansi, sehingga setelah dibeli, langsung mencoba semua fiturnya untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Tinggalkan komen